Comscore Tracker

5 Tips Kurangi Milia di Wajah

Wajah jadi bersih dan mulus deh!

Milia merupakan bintik putih atau benjolan-benjolan kecil yang terdapat pada wajah. Biasanya milia muncul cukup banyak dan berkelompok. Jika sudah muncul, biasanya milia ada disekitar kelopak dan bagian bawah mata, hidung atau juga pada pipi. Milia memang tidak membahayakan, tetapi dapat membuat penampilan jadi kurang oke karena kulit wajah tidak mulus. Nah biar wajah kamu jadi lebih bersih dan halus, kamu bisa coba beberapa tips berikut untuk mengatasinya milia.

1. Bersihkan wajah secara rutin

5 Tips Kurangi Milia di Wajahunsplash.com/@tadekl

Salah satu penyebab milia adalah tumpukan protein di kulit bagian terluar. Maka dari itu, membersihkan wajah adalah hal yang wajib agar protein di kulit bisa keluar dengan sempurna. Jangan lupa untuk memilih pembersih wajah cocok dengan kulitmu agar hasilnya lebih optimal.

2. Rutin menggunakan sunblock

5 Tips Kurangi Milia di Wajahverywellhealth.com

Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan, wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, menggunakan sunblock akan mencegah kulit kamu bertambah gelap. Kamu bisa menggunakan sunblock yang bersifat oil free, agar pori-pori kamu tidak tersumbat.

3. Rajin mengeksfloasi kulit

5 Tips Kurangi Milia di Wajahjeannebrophy.com

Dengan melakukan eksfoliasi kulit, protein yang ada di bawah kulit akan mudah dikeluarkan. Kamu bisa gunakan cream eksfoliasi yang dijual di toko-toko kecantikan atau kamu bisa membuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Campuran madu, gula dan sedikit perasan air lemon bisa kamu olah sebagai cream eksfoliasi. Agar kulit tidak teriritasi, lakukan eksfoliasi dengan lembut terutama jika kulit kamu cukup sensitif.

Baca Juga: Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

4. Gunakan retinol

5 Tips Kurangi Milia di Wajahunsplash.com

Retinol merupakan salah satu produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Gunanya, bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajahmu. Retinol juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kolagen pada wajah. Kamu cukup mengoleskan retinol pada bagian wajah yang terdapat milia secukupnya.

5. Konsultasi pada dokter kulit

5 Tips Kurangi Milia di Wajahunsplash.com/@karelysruiz

Jika kamu ingin menghilangkan milia pada wajah dengan cepat, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit. Biasanya, metode yang akan dilakukan milia oleh dokter adalah dengan menggunakan chemical peeling atau laser.

Nah itulah beberapa tips untuk menghilangkan milia pada wajah. Tapi ingat ya guys, hati-hati jangan sampai kamu menggunakan benda tajam seperti jarum untuk menghilangkan milia. Karena, itu justru akan memperparah kondisi kulit kamu.

Baca Juga: Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parah

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You