Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Baru

Biar kulit kamu gak iritasi!

Pernah gak sih kalian bingung apakah sebuah produk akan mengiritasi kulitmu atau tidak. Seringkali kamu baru tahu hal itu setelah mengaplikasikan produk pada kulitmu kan? Pasti kesal kan kalau produk yang dipakai bukannya membantu kulit menjadi lebih sehat, tetapi malah membuat kulitmu semakin bermasalah.

Nah, untuk menghindari hal itu, berikut ini ada beberapa cara supaya kamu bisa tahu apakah produk tersebut aman untuk digunakan pada kulitmu atau tidak.

1. Lakukan patch test

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Baruwomensfreestuffbymail.com

Patch test merupakan salah satu langkah yang wajib dilakukan, terlebih jika jenis kulitmu termasuk sensitif. Terkadang kamu mungkin sangat excited untuk mencoba skincare yang baru dibeli, tapi jangan sampai itu membuatmu jadi melewatkan patch test. Lakukan patch test di bagian samping leher yang memiliki kulit lebih tipis dan reaktif terlebih dahulu.

Jika tidak terjadi apa pun di bagian kulit tersebut setelah melakukan patch test, maka kamu bisa mengaplikasikan produk itu di kulit wajah. Tetapi, jika ada reaksi negatif seperti gatal dan kemerahan, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian produk tersebut.

2. Lakukan test pH 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Baruflipkart.com

Pastikan produk skincare yang akan kamu pakai tidak terlalu asam atau basa. Karena jika terlalu asam atau basa itu bisa merusak barrier kulit yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman di luar seperti debu, kotoran dan partikel-partikel yang bisa menyebabkan infeksi atau alergi. Barrier kulit juga berfungsi untuk mencegah menguapnya air di dalam tubuh ke udara.

Maka dari itu sebelum mengaplikasikan produk pada kulit wajah, kamu harus mengecek tingkat pHnya terlebih dahulu. pH yang baik ada di angka lima hingga tujuh. Gunakan kertas pengukur pH dan taruh pada produk yang akan kamu pakai. Jika kertas tidak berubah warna, berarti produk yang akan kamu pakai memiliki pH yang netral. Mengetahui pH dari produk yang akan digunakan juga akan mengurangi tingkat kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Baca Juga: Tips Buat Kamu yang Mau DIY Masker Wajah, Patch Test Dulu!

3. Bersihkan wajah terlebih dahulu 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Baruwellandgood.com

Mencoba sebuah produk saat kulit wajah masih kotor memungkinkan adanya reaksi yang bisa membuat kulit jadi bermasalah. Jadi, sebelum mencoba sebuah produk pastikan kamu sudah membersihkan kulit wajahmu terlebih dahulu dengan melakukan double cleansing. Wajah yang bersih akan membantu produk yang diaplikasikan bekerja secara maksimal.

4. Cari tahu manfaat dan efek negatifnya 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Baruunsplash.com/@charissek

Sebelum mengaplikasikan sebuah produk, akan lebih baik jika kamu sudah mencari tahu informasi produk tersebut secara detail melalui review yang ada di website maupun YouTube. Cari tahu apa manfaat produk yang akan kamu pakai dan apa dampak yang bisa didapatkan jika produk tersebut tidak cocok untukmu.

Dengan demikian, kamu jadi bisa bersiap-siap jika ternyata produk tersebut membuat kulitmu iritasi. Kamu juga perlu tahu bahan-bahan apa saja yang ada pada produk yang akan dipakai dan pastikan kamu tidak memiliki alergi pada bahan-bahan tersebut.

5. Jangan pakai produk baru jika besoknya harus menghadiri acara penting 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mencoba Skincare Barufamilysteppingstones.org

Kamu tidak pernah tahu produk yang akan digunakan memiliki dampak yang seperti apa pada kulit wajahmu. Karena itu hindari pemakaian produk baru sehari sebelum menghadiri sebuah acara. Cobalah produk baru di hari ketika kamu memiliki waktu santai dan tidak mempunyai acara penting untuk dihadiri.

Itulah lima hal yang harus dilakukan sebelum kamu mencoba produk skincare yang baru. Dengan banyaknya skincare di pasaran kamu juga harus menambah ekstra pengetahuan tentangnya, ya. Cocok di orang lain, bisa jadi di kamu gak cocok.

Baca Juga: 7 Urutan Skincare yang Benar Agar Wajah Glowing Maksimal

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya