Comscore Tracker

Jangan Salah Beli Kosmetik, Kenali Dulu 4 Aturannya

Jangan gampang tergiur janji iklan daripada menyesal kemudian!

Belanja kosmetik memang lumayan tricky. Sebagai wanita, seringkali kita mudah kepincut dengan janji iklan atau rayuan promosi dari SPG. Sebelum kita terjerumus dan menyesal, yuk coba mulai mengingat tips-tips ini supaya uang yang kamu keluarkan tidak berakhir air mata.

1. Kenali jenis kulitmu

Jangan Salah Beli Kosmetik, Kenali Dulu 4 Aturannyaphygge.com

Yes, ini adalah langkah paling mendasar supaya kamu ingat untuk membeli produk yang sama dengan jenis kulitmu. Masih bingung mengetahui jenis kulitmu? Mengutip dari videonya Female Daily, cara termudah adalah setelah cuci muka saat mandi sore, coba biarkan wajahmu tanpa menggunakan apapun.

Lihat kondisi kulit dalam 30 menit ke depan, apakah mulai muncul minyak atau malah kulitmu terasa tertarik dan kesat yang menandakan kulitmu itu kering. Atau jika kulitmu tetap terasa kenyal dan lembab dengan sedikit sekali minyak, maka kulitmu tergolong jenis yang normal.

Jika kulitmu berminyak, perlu dilihat lagi juga apakah kulit tampak mengilap tapi tidak terlalu banyak minyak yang keluar, itu menandakan kulitmu jenis berminyak tapi dehidrasi. Beda dengan jenis kulit kering karena tidak ada efek kesat dan tertarik.

2. Riset, riset, dan riset

Jangan Salah Beli Kosmetik, Kenali Dulu 4 Aturannyathevideoanalyst

Tips kedua adalah rajin-rajinlah kamu melakukan riset produk yang kira-kira cocok dengan jenis kulitmu. Saat ini sudah banyak beauty blogger dan vlogger yang mereview produk kosmetik dan memiliki jenis kulit yang mirip dengan kita. Review dari mereka bisa menjadi acuan apakah sekiranya produk tersebut akan cocok di kulit kita. Carilah setidaknya tiga sampai lima referensi untuk menguatkan keputusan kamu sebelum membeli produk. Lebih banyak lebih bagus.

3. Baca lagi label komposisi produknya

Jangan Salah Beli Kosmetik, Kenali Dulu 4 Aturannyaohlardy

Selain meriset review, kamu juga wajib cari tahu komposisi produk yang sebaiknya dihindari oleh jenis kulitmu. Lalu pada komposisi produk tersebut apakah sudah menggunakan bahan yang aman dan tidak berbahaya? Lebih bagus lagi kamu catat tersendiri agar bisa dilihat sewaktu-waktu.

Bagian ini merupakan poin paling penting karena bahan-bahan tersebut akan meresap di kulit. Sehingga kita wajib belajar dan paham mengenai komposisi produk. Jika kamu mengabaikannya, bukan tidak mungkin kamu harus gigit jari atas hasil yang tidak sesuai.

Komposisi produk biasanya ditulis berurutan dari level kandungan tertinggi hingga paling rendah. Perlu diketahui juga ada beberapa bahan yang mungkin sifatnya keras bagi kulit tapi karena kandungannya rendah, maka dapat ditolerir penggunaannya.

Jika ada istilah bahan kimia yang kamu kurang paham berbahaya tidaknya, kamu bisa cek kandungan tersebut di www.cosdna.com atau meriset via Google.

4. Beli produk versi trial kit atau sampel terlebih dahulu

Jangan Salah Beli Kosmetik, Kenali Dulu 4 Aturannyafreepik

Untuk mengetahui 100% cocok tidaknya produk tersebut di kulitmu, memang tidak ada cara lain selain mencobanya langsung. Sebabnya, meski di luar sana ada banyak orang dengan jenis kulit serupa, tetap saja hasil pemakaian di tiap orang belum tentu sama. Dengan melakukan tiga langkah sebelumnya, setidaknya kamu dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli.

ips selanjutnya adalah dengan kamu bisa coba membeli versi sample dari produk yang kamu inginkan. Beberapa merk ada yang khusus menciptakan produk sample size atau ada pula kini online shop yang menyediakan produk share dalam jumlah yang sedikit lebih banyak daripada sample produsen. Harga yang ditawarkan jauh lebih hemat pastinya dibanding kamu membeli produk secara utuh.

Dengan menjajal sample, kamu bisa secara pasti mengetahui kecocokan produk di kulitmu. Jika ternyata tidak cocok pun, kamu tidak akan rugi terlalu dalam. Bayangkan jika kamu beli produk utuh tapi setelah pemakaian tidak cocok, sayang sekali kan uang yang sudah dihabiskan? Bisa sih kamu jual lagi dalam versi preloved, tapi tentunya tidak dalam waktu cepat bukan?

Jika dari pemakaian sample kamu merasa cocok, setelah sample habis bisa kamu lanjutkan dengan membeli produk ukuran utuhnya.

Melissa Olivia Photo Community Writer Melissa Olivia

Full time mom, part time blogger. Author of Mel's Playroom blog (www.melsplayroom.com). Let's keep in touch through my Instagram @melsplayroom.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You