Comscore Tracker

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girls

Perhatikan baik-baik, ya

Mengobati wajah berjerawat memang bukanlah perkara mudah. Diperlukan ekstra kesabaran dan perawatan berkala agar wajah kembali bersih. Namun jika sudah lama mengobati jerawat tapi tak kunjung menampakkan hasil, mungkin kalian perlu mengecek kembali komposisi produk yang digunakan. Bisa jadi produk yang kamu pakai malah tetap mengandung bahan-bahan pemicu jerawat.

Minyak Sintetis

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girlstoday.com

Kulit wajah kita lebih tipis dan sensitif dibanding kulit pada bagian tubuh lainnya. Merujuk pada New Beauty, produk berbahan dasar minyak sintetis seperti mineral oil, petrolatum, coconut oil, shea butter, oleic acid (omega 9), justru berpotensi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat karena kondensinya yang cenderung berat bagi kulit wajah. Apalagi jika kandungan tersebut terdapat dalam produk pelembab yang sifatnya meresap ke dalam kulit.

Namun jika bahan di atas kamu temukan dalam produk pembersih wajah, mungkin tidak begitu menimbulkan masalah berarti asal setelahnya benar-benar dibersihkan dengan sabun wajah.

Lalu, apakah sebaiknya menggunakan produk yang oil-free? Produk dengan label oil-free tidak menjadi jaminan kulit wajahmu akan cocok. Tetap saja kamu perlu mengecek komposisi produk yang tertera apakah ada yang bersifat comedogenic? Lagipula, tidak semua bahan minyak jelek untuk kulit wajah, ada pula produk minyak yang baik dan bisa membantu memulihkan kulit wajah berjerawat. Untuk kulit rentan berjerawat dapat mencari produk berbahan jojoba oil, grapeseed oil, tea tree oil, lavender oil atau bahan minyak alami yang kaya akan kandungan linoleic acid (omega 6).

Alkohol

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girlstheprovidentprepper.org

Bahan alkohol seperti alcohol denat, SD alcohol, ethanol, isopropyl alcohol dan teman-temannya sering pula ditemukan dalam produk yang justru ditujukan bagi kulit berminyak berjerawat. Fungsi alkohol dalam produk adalah sebagai pelarut atau pengemulsi campuran kandungan lainnya.

Keberadaan alkohol tersebut ditujukan mempercepat pengeringan dan penyerapan produk ke dalam kulit. Namun efek sampingnya justru membuat wajah kering dan dehidrasi, yang pada akhirnya memicu lebih banyak minyak karena kulit merasa kekurangan sebum pada permukaannya. Dengan produksi minyak berlebih itulah yang memicu jerawat tidak kunjung hilang. Jadi, sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan alkohol ini.

Merujuk pada Female Daily, meski alkohol memiliki image buruk bagi pemilik kulit berminyak, nyatanya tidak semua yang berjudul alkohol itu jelek adanya. Ada beberapa jenis alkohol baik yang benar-benar membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Misalnya seperti cetyl/ cetearyl alcohol yang tergolong dalam "fatty alcohol" atau lemak alkohol dan bersifat baik bagi kulit wajah tanpa membuatnya kering atau dehidrasi.

Pendapat para ahli sendiri masih pro dan kontra mengenai penggunaan alkohol dalam produk kecantikan. Jadi bagi kamu yang masih ragu-ragu bisa cek sendiri dengan kondisi kulitmu. Apakah selama ini bermasalah pakai alkohol atau tidak? Bisa juga dengan mencoba "puasa" produk beralkohol untuk mengetahui hasilnya.

Ekfoliasi dengan Scrub

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girlsfavful.com

Produk scrub selama ini dikenal baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di kulit. Namun pada kulit yang rentan berjerawat, penggunaan scrub ini justru sebaiknya dihindari. Mengapa? Karena butiran scrub tersebut ternyata dapat mengiritasi kulit dan memicu breakout.

Selain menghindari penggunaan scrub, mencuci wajah terlalu sering juga haram hukumnya bagi jenis kulit ini karena malah membuat kulit dehidrasi yang akhirnya memacu produksi kelenjar minyak, then you know what is going to be.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan eksfoliasi yang lebih mild semisal produk berbahan AHA atau oatmeal. Proses eksfoliasi ini juga lebih baik dilakukan setidaknya dalam 1 minggu 1 kali.

 

Asam Salisilat & Benzoyl Peroxide

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girlsbeautifullyalive.org

Asam salisilat dan benzoyl peroxide sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan yang ampuh membasmi jerawat. Namun rupaya dalam penggunaan jangka panjang, kedua produk ini kurang baik untuk jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat. Pasalnya, kedua bahan kimia ini dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Sebaiknya digunakan sebagai spot treatment dimana obat ini hanya dioleskan pada jerawat yang muncul, bukan keseluruhan wajah.

 

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini, Girlssilentspring.org

Melihat busa melimpah biasanya dapat menimbulkan sensasi menyenangkan, tapi perhatikan dulu bahan apa dibalik busa tersebut? Bahan kimia pembentuk busa tersebut dikenal dengan nama Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang berbasis deterjen dan umum ditemukan dalam produk berkategori pembersih rumah tangga.

Efek yang dihasilkan dari bahan kimia ini jika ada dalam pembersih wajah adalah sensasi kulit yang terasa kesat. Jadi jika setelah mencuci muka dan wajahmu terasa bersih kesat, coba cek lagi komposisi produknya, apakah mengandung bahan SLS ini? Dalam penggunaan jangka panjang, SLS dapat membuat kulitmu kering, kemerahan, dan iritasi. Jangan heran jika jerawat tak kunjung sembuh kalau pembersih wajahmu mengandung bahan ini.

Nama SLS ini mungkin sedikit mirip dengan Sodium Laureth Sulfate (SLES) atau Ammonium Laureth Sulfate (ALS). Berbeda dengan SLS, kedua bahan ini justru jauh lebih aman bagi kulit wajah.

Ada banyak jenis bahan perawatan kulit di luar sana dan apa yang tertulis dalam artikel ini hanyalah sebagian besar yang biasnaya menjadi sumber permasalahan kulit wajah. Efek tiap kandungan pada setiap kulit pastinya berbeda, ada yang cocok dan ada yang malah menjadi alergi. Oleh karena itu, kita sendiri perlu ekstra aware  dengan produk yang digunakan dan telitilah kandungannya. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kulit pribadimu untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Melissa Olivia Photo Community Writer Melissa Olivia

Full time mom, part time blogger. Author of Mel's Playroom blog (www.melsplayroom.com). Let's keep in touch through my Instagram @melsplayroom.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You