Comscore Tracker

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!

Perempuan juga mempunyai peranan yang penting

Peran perempuan di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya jumlah angka kerja perempuan di berbagai bidang pembangunan.

Membahas tentang peran perempuan lebih lanjut, Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) menggelar sebuah diskusi secara daring bertemakan “Perempuan Berdaya untuk Pulih Bersama”. Acara yang dihadiri oleh Lenny N. Rosalin selaku Ketua Umum Panitia Nasional MCWE G20 2022 dan Maudy Ayunda sebagai Tim Juru Bicara G20 ini diadakan pada Kamis (14/7/2022).

Sejatinya perempuan mempunyai hak yang sama dengan para laki-laki. Untuk itu, penting sekali untuk kita terus mendukung terciptanya kesetaraan gender. Yuk, simak artikel ini untuk pembahasan menarik seputar perempuan lainnya!

1. W20 sebagai forum dialog G20 mewakili suara perempuan

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!Lenny N. Rosalin selaku Ketua Umum Panitia Nasional MCWE G20 2022 (14/7/2022)IDN Times/Mitha Aullia

Indonesia memiliki komitmen untuk mengangkat isu-isu mengenai perempuan. Hal tersebut dilakukan melalui aliansi G20 EMPOWER dan Engagement Group Women20 atau W20.

G20 EMPOWER adalah aliansi pemimpin sektor swasta dan pemerintah dalam memberikan pendampingan dan mendukung kemajuan pemimpian perempuan. Sedangkan Engagement Group W20 adalah forum dialog dalam G20 yang mewakili suara perempuan.

“Memang perempuan ini memiliki banyak peran. Kesetaraan gender yang diusung dalam konsep G20 ini bagaimana kita berbagi peran, kaya misalnya hambatan di tempat kerja, keluarga dan masyarakat, tentunya menjadi PR kita semua,” ujar Lenny.

2. Meningkatnya peran perempuan dapat menaikkan PDB

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!ilustrasi perempuan Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Meningkatnya peran perempuan saat ini bisa kita lihat dari bagaimana mereka dapat masuk ke dalam banyak bidang. Hal itu juga diakui oleh Lenny, ia menjelaskan bahwa jika dahulu ada banyak bidang yang belum bisa dimasuki oleh perempuan, sekarang perempuan sudah bisa turut serta masuk ke dalamnya.

“Intinya beri dia akses, buat agar dia bisa berpartisipasi dan biarkan dia ikut dalam proses pengambilan keputusan. Dengan kita memberdayakan perempuan, maka PDB Indonesia bisa naik,” jelas Lenny.

2. Dukung perempuan serta kesetaraan gender

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!Maudy Ayunda sebagai Tim Juru Bicara G20 (14/7/2022) IDN Times/Mitha Aullia

Untuk mendukung terciptanya kesetaraan gender, kita juga membutuhkan peran negara di dalamnya. Kepedulian negara kepada perempuan dapat dilakukan dengan memberi ruang bagi perempuan untuk terus berkarya.

“Kita harus peduli dan memberikan jalur-jalur yang betul-betul mendukung kekesetaraan. Karena perempuan memiliki kemanusiaan yang sama dan berhak," ungkapnya,” ungkap Maudy.

Negara yang maju dapat terbentuk dari rasa pedulinya terhadap berbagai isu, salah satunya adalah isu pemberdayaan perempuan. Mengutip Michele Obama (istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama) yang mengatakan,

“Tidak ada negara yang bisa benar-benar berkembang jika menghambat potensi perempuannya dan menghilangkan kontribusi dari separuh warganya,”

Baca Juga: Jangan Menyerah, 5 Cara Cerdas Hadapi Diskriminasi Gender di Kantor!

4. Hambatan bagi perempuan di Indonesia

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!Ilustrasi Perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika melihat dari budaya di Indonesia, hambatan yang kerap kali melanda perempuan untuk terus maju dan berkarya adalah budaya patriarki. Kuatnya budaya satu ini jelas sangat menghambat perempuan untuk lebih berperan aktif.

Lebih lanjut, Lenny menjelaskan bahwa terdapat gap yang cukup besar antara angka kerja perempuan dengan laki-laki. Ketidaksetaraan tersebut juga menjadi hambatan bagi perempuan.

“Jadi seperti kita semua tahu, masyarakat kita masih sebagian besar menerapkan budaya patriarki. Sementara untuk menghilangkan ketidaksetaraan, dapat dimulai dari lingkungan keluarga," papar Lenny.

5. Menjadi perempuan yang cerdas dan berpendidikan merupakan aksi yang powerful

Yuk Dukung Terus Peran Perempuan, untuk Indonesia yang Lebih Maju!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/ThisIsEngineering)

Mengambil peran sebagai seorang perempuan bukanlah satu hal yang mudah. Walaupun kerap dianggap remeh, nyatanya perempuan memiliki kontribusi yang besar di masyarakat.

Dalam prosesnya, perempuan memiliki banyak target kesuksesan, salah satunya dalam menempuh pendidikan. Menurut Maudy, proses mencerdaskan diri serta memiliki kemandirian baik dari fisik dan berpikir adalah sebuah aksi yang sangat powerful untuk perempuan.

"Saya rasa kita akan mendapatkan kekuatan lebih di situ untuk bisa memiliki opini-opini sendiri, juga tidak terbawa alur-alur atau ekspektasi atau beban-beban di luar sana yang mungkin akhirnya, merugikan perempuan," ujar Maudy.

Dapat disimpulkan bahwa kesetaraan gender merupakan dukungan yang sangat penting bagi perempuan. Yuk, dukung terus kesetaraan gender dan biarkan perempuan berperan seperti apa yang mereka inginkan!

Baca Juga: Kesenjangan Gender Buat Kontribusi Perempuan Indonesia Belum Optimal

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya