Comscore Tracker

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DX

Teknik highlight vertikal yang stylish!

Terdapat beragam dampak buruk yang kerap menghantui masyarakat ketika mewarnai rambut. Mulai dari rambut rontok, warna yang gak keluar atau gak sesuai ekspektasi, serta rambut yang berubah kering dan rusak.

Faktanya, menurut hasil riset yang dilakukan oleh L’Oréal Research Department bersama Universitas Ioannina, terdapat kandungan metal yang tinggi pada rambut sehingga hasil pewarnaan rambut gak sesuai ekspektasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, L’Oréal Professionnel pun resmi meluncurkan Metal DX pada Kamis (18/9/2021).

Rangkaian produk terbaru ini berfungsi untuk mendapatkan hasil pewarnaan rambut, balayage, dan lightening yang sesuai ekspektasi dengan menetralisir kandungan metal dalam serat rambut serta mencegah rambut patah hingga 87%. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan warna rambut balayage sempurna, mari simak protokol pewarnaan rambut ala salon dengan Metal DX berikut ini.

1. Lakukan pre-treatment pada rambut terlebih dahulu sebelum proses pewarnaan berlangsung

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DXIndra Tanudarma, L’Oreal Pro Head of Education dalam Metal DX Virtual Launch Event. 18 September 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Bagi kamu yang sudah sering melakukan pewarnaan rambut di salon pasti gak asing dengan pre-treatment sebelum proses mewarnai rambut berlangsung. Nah, umumnya hal ini bertujuan untuk mempersiapkan helai rambut agar bisa menerima warna rambut lebih maksimal.

Selain itu, bila kamu menggunakan Metal DX dalam proses ini, metal yang ada pada serat rambut juga akan jadi lebih netral. "Metal DX Professional Pre-treatment berguna untuk menetralisir metal sebelum pewarnaan, balayage, dan lightening dengan kandungan glicoamine 10 persen," terang Indra Tanudarma, Head of Education, L’Oréal Professionnel.

2. Bersihkan kandungan metal pada serat rambut dengan sampo

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DXMetal DX Virtual Launch Event. 18 September 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Layaknya proses pewarnaan di salon, akan lebih baik jika kamu membersihkan rambut atau keramas menggunakan sampo terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kandungan metal yang ada pada serat rambut. 

"Kamu bisa menggunakan Metal DX Professional shampoo untuk membersihkan metal yang menempel pada serat rambut setelah pewarnaan. Step ini juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kestabilan warna rambut ketika sudah sampai di rumah," ucapnya.

3. Gunakan hair mask sebagai perawatan rambut pasca diwarnai

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DXMetal DX Virtual Launch Event. 18 September 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Setelah proses pewarnaan selesai, kamu bisa menggunakan hair care seperti hair mask atau hair serum untuk memberikan nutrisi yang baik pada rambut. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan terawat meski telah melewati proses pewarnaan.

Indra pun menuturkan jika terdapat rangkaian Metal DX yang cocok untuk tahap ini. "Kamu bisa menggunakan Metal DX Professional Care untuk menjaga kekuatan batang rambut dengan kandungan aminosilane 2% atau gunakan juga Metal DX Professional Mask yang melindungi helai rambut dari penempelan partikel," katanya.

Baca Juga: 9 Warna Rambut yang Cocok untuk Rambut Pendek, Makin Hits Dipandang!

4. Untuk menjaga warna rambut tetap stabil, gunakan sampo dan hair mask secara rutin di rumah

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DXStep perawatan rambut di rumah (dok. L’Oréal Professionnel)

Setelah proses pewarnaan rambut, biasanya rambut jadi lebih rawan menyerap metal. Ditambah lagi dengan sinar UV sehari-hari yang berinteraksi dengan kandungan metal pada rambut, tentu dapat membuat refleksi menjadi lebih warm, warna rambut malah menjadi kusam, dan luntur.

Untuk mengatasi hal tersebut, Indra memberikan nasihat untuk turut melakukan perawatan di rumah pasca proses pewarnaan rambut. Caranya, tentu dengan mengaplikasikan rangkaian Metal DX.

"Oleh karena itu, perawatan di rumah pun penting. Metal DX hadir dengan Metal DX professional shampoo dan Metal DX professional hair mask agar hasil pewarnaan, balayage, atau lightening tetap terjaga dengan baik,” tambah Indra.

5. Gak hanya membuat hasil warna rambut sesuai ekspektasi, Metal DX juga mengurangi rambut rontok pasca pewarnaan hingga 87%

5 Protokol Pewarnaan Rambut untuk Teknik Balayage ala Metal DXRangkaian Metal DX (dok. L’Oréal Professionnel)

Selain menemukan fakta adanya kandungan metal yang cukup tinggi dalam serat rambut orang Indonesia, kolaborasi L’Oréal Research Department dengan Universitas Ioannina juga berhasil mengidentifikasi glicoamine sebagai solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Molekul inti dari Metal DX ini berfungsi untuk menargetkan dan menetralisir kandungan metal dalam serat rambut sehingga pewarnaan rambut menjadi sesuai ekspektasi.

Gak hanya itu, fungsi dari formula aktif glicoamine yang membersihkan kandungan metal pada rambut ternyata juga mengurangi risiko rambut patah. "Untuk menangani masalah ini, L’Oréal menemukan solusi yaitu molekul yang cukup kecil untuk menetralisir metal dalam serat rambut, glicoamine. Kandungan ini terdapat dalam rangkaian Metal DX. Rangkaian ini bisa mengatasi masalah rambut rontok hingga 87%," jelas Indra.

Hendra Purjaka selaku Brand General Manager L’Oréal Professionnel pun menyampaikan bila Metal DX adalah solusi dan inovasi yang tepat bagi para hairdresser sehingga mampu memberikan servis pewarnaan rambut yang makin optimal bagi para klien. "Metal DX merupakan manifestasi dari komitmen tersebut. Dengan edukasi, inovasi, dan inspirasi sebagai DNA brand L’Oréal Professionnel, tentu kami berharap bahwa jajaran fungsi rangkaian produk dan 3 protokol Metal DX dapat memberikan manfaat yang sesuai ekspektasi," pungkasnya.

Itu dia lima protokol pewarnaan rambut yang bisa kamu coba agar warna yang dihasilkan lebih sesuai dengan ekspektasi dan rambut tetap sehat terawat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Inspirasi Hair Do ala Rose BLACKPINK, Cocok untuk Rambut Panjang!

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya