Comscore Tracker

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit Wajah

Sederhana banget!

Jerawat pasir merupakan kumpulan dari komedo putih (whitehead) dan jerawat papula yang muncul secara bersamaan dalam satu tempat yang sama. Jerawat pasir ini biasanya terbentuk karena adanya pori-pori yang tersumbat sehingga tidak mengalami oksidasi.

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat pasir ini, kamu bisa menerapkan lima langkah yang sangat sederhana. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Selalu menjaga kebersihan wajah

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit WajahFreepik.com/jcomp

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah selalu menjaga kebersihan wajah di mana pun dan kapan pun. Kamu bisa membersihkan wajah di pagi hari dengan face wash dan ketika malam hari, ditambah dengan teknik double cleansing.

Saat melakukan double cleansing, pilihlah pembersih yang berbahan dasar air, seperti micellar water untuk membersihkan wajah dengan lembut dan ringan. Jika kulitmu berminyak, cobalah cleansing oil atau balm untuk membersihkan pori-pori tanpa membuat kulit terasa berminyak.

2. Bersihkan wajah dari sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit Wajahpexels.com/cottonbro

Penumpukan sel kulit mati pada pori-pori merupakan salah satu penyebab umum yang membuat kulit kerap bermasalah. Untuk mengatasinya, kamu harus memastikan bahwa kulit benar-benar terbebas dari kotoran, minyak, dan bakteri yang dapat menyumbatnya.

Caranya, lakukan eksfoliasi secara rutin dengan produk eksfoliate yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol untuk mengurangi risiko munculnya iritasi kulit.

3. Pastikan wajah selalu dalam keadaan lembap

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit Wajahpexels.com/cottonbro

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan hydrating toner untuk menjaga wajah agar selalu lembap. Hydrating toner ini juga dapat mengembalikan pH kulit yang menurun akibat penggunaan face wash dan mencegah terjadinya kulit kering akibat kegiatan eksfoliasi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jenis pelembap lain, seperti moisturizer. Namun, sebaiknya pilih moisturizer yang tidak mengandung alkohol dan berlabel non-comedogenic.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Jerawat Papula, Jangan Sampai Menjadi Radang!

4. Lindungi wajah dengan penggunaan tabir surya

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit Wajahpexels.com/cottonbro

Penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, juga sangat penting untuk mengatasi jerawat pasir. Sebab, paparan sinar UV A dan UV B justru dapat memperparah kondisi jerawat, bahkan dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan.

Dalam kondisi berjerawat, sebaiknya kamu gunakan sunscreen berjenis mineral dengan tekstur gel yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Selain itu, pilih sunscreen yang berlabel non-comedogenic untuk menghindari penumpukan produk yang menyebabkan komedo.

5. Kontrol minyak dan bakteri pada jerawat

5 Langkah Mengatasi Jerawat Pasir yang Kerap Merusak Kulit Wajahpexels.com/@shiny-diamond

Terakhir, kamu harus mengontrol minyak dan bakteri di jerawat. Caranya, berikan nutrisi lebih pada kulit melalui penggunaan serum untuk mengatasi minyak dan bakteri di dalamnya sekaligus menghindari terjadinya peradangan.

Dalam kondisi ini, kamu bisa menggunakan serum yang memiliki kandungan atau bahan aktif berupa niacinamide, centella asiatica, salicylic acid, dan tea tree oil. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kandungan ini bukan?

Itu dia lima langkah sederhana yang bisa kamu lakukan secara rutin untuk mengatasi jerawat pasir yang kerap merusak kulit wajah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Acne Shaming, Sebabkan Gangguan Mental Akibat Masalah Jerawat

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya