Comscore Tracker

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Muka

Dan masih ada catatan lainnya

Kulit wajah yang berminyak pada dasarnya bukanlah hal yang dapat diatasi dengan mudah. Hal ini karena kulit akan terus menerus memproduksi minyak alaminya setiap saat.

Akan tetapi, kamu tetap bisa mengurangi risiko tersebut dengan mengontrol produksi minyak atau sebum yang ada pada kulit. Caranya, cobalah hindari beberapa hal yang ada di bawah ini!

1. Hindari menggunakan makeup yang terlalu tebal

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Mukaunsplash.com/Roberto Delgado Webb

Makeup yang terlalu tebal dapat menutup saluran keluar minyak pada wajah dan mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Apalagi, jika riasan yang kamu kenakan tak segera dibersihkan dan dibiarkan terlalu lama mengendap pada kulit.

Dalam kondisi tersebut, pori-pori jelas akan tersumbat dan mengakibatkan munculnya iritasi kulit hingga inflamasi. Meski demikian, kamu tetap bisa menggunakan riasan yang tebal. Hanya saja, tidak terlalu sering dan dalam waktu yang lama.

2. Jangan terlalu sering menggunakan jenis produk perawatan yang berbeda-beda

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Mukapexels.com/AndreaPiacquadio

Banyaknya pilihan produk perawatan saat ini, cenderung membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya sekaligus. Sayangnya, alih-alih mengatasi kulit berminyak, mencoba terlalu banyak produk justru bisa membuat kulit mengalami beragam masalah.

Ini karena saat kamu mencoba beragam produk, akan ada banyak pula zat kimia yang menempel pada wajah. Bahkan, tak jarang kandungan tersebut belum tentu cocok atau sesuai dengan kulit dan dapat berreaksi buruk, seperti rasa gatal dan kemerahan.

3. Hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Mukapexels.com/Andrea Piacquadio

Kebiasaan menyentuh atau memegang wajah adalah hal yang buruk. Sebab, kegiatan ini bisa menambah kotoran dan bakteri pada kulit wajah yang berasal dari tangan.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering. Apalagi bagi kulit yang berminyak, karena pori-pori wajah mereka terbuka lebar sehingga kuman akan sangat mudah masuk ke dalam lapisan kulit.

Baca Juga: 5 Tips Pakai Eyeshadow untuk Kelopak Mata Berminyak, Awet Seharian!

4. Tidak membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh MukaUnsplash.com/Zhang Kaiyv

Setelah seharian beraktivitas, debu dan kotoran akan tertinggal pada kulit. Oleh karenanya, disarankan untuk langsung membersihkan wajah setelah beraktivitas, baik dari luar ruangan maupun di dalam ruangan, untuk mencegah penumpukan bakteri dan kuman.

5. Terlalu sering menggunakan face wash

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh MukaFreepik.com/jcomp

Walaupun membersihkan wajah adalah hal yang wajib dilakukan, akan tetapi sebaiknya jangan melakukannya secara berlebihan. Sebab, jika hal tersebut dilakukan, maka kulit akan kehilangan minyak alami yang sebenarnya sangat dibutuhkan.

Bahkan, terlalu sering mencuci wajah dengan face wash dapat merusak kelenjar keringat dan menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Kalau sudah begitu, kulit justru akan memproduksi minyak secara berlebih lagi untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

6. Tidak menggunakan pelembap

6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Mukapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Banyak yang berpikiran jika menggunakan pelembap pada kulit berminyak, dapat membuat kulit jadi terlihat sangat berminyak. Padahal, pendapat tersebut tidak benar.

Kulit berminyak juga membutuhkan moisturizer untuk menjaga dan mengontrol kelembapan alami kulit sekaligus mengurangi risiko produksi minyak berlebih. Jadi, menggunakan moisturizer sangat penting untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Itu dia beberapa hal yang wajib dihindari oleh pemilik kulit berminyak. Jangan lupa dilakukan, ya!

Baca Juga: 6 Setting Spray yang Cocok Buat Kulit Berminyak, Makeup Anti Cakey!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya