Comscore Tracker

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus Multitasking

#Aku Perempuan Perjuangan menjadi seorang idol tidak mudah

Jinan Safa Safira atau akrab dipanggil Jinan merupakan seorang penyanyi Indonesia sekaligus generasi keempat dari JKT48 yang tergabung dalam Tim KIII sejak 1 Januari 2020. Dalam kunjungannya bersama Anin JKT48 ke kantor IDN Media pada Rabu (5/2), perempuan berusia 20 tahun ini menceritakan perjuangannya menjadi seorang idol.

Penasaran dengan kisahnya? Yuk, intip informasinya di bawah.

1. Untuk menjadi idol seperti sekarang, Jinan telah melalui proses panjang yang tidak mudah

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus MultitaskingJinan JKT48 dan Anin JKT48 melakukan media visit ke kantor IDN Media. 05 Februari 2020. IDN Times/Klara Livia

Sama halnya ketika menjalankan profesi di bidang lain, menjadi seorang idol juga membutuhkan proses dan usaha yang keras. Hal tersebut dibuktikan dengan cerita Jinan JKT48 yang mengungkapkan usahanya untuk menjadi idol seperti sekarang.

"Karena aku masih kuliah, jadi aku harus bisa membagi waktu untuk kuliah, latihan, show, dan roadshow. Untungnya, sejak pertama gabung ke JKT48, kegiatan latihan diatur menyesuaikan dengan kegiatan lain. Jadi, pagi sampai sore aku kuliah, dan sore sampai malam aku latihan," kata Jinan saat media visit ke kantor IDN Media pada Rabu (5/2).

Selain itu, latihan yang harus dilalui untuk menjadi seorang idol bukanlah hanya sebatas latihan koreografi saja. Ada latihan fisik lain seperti push up dan sit up. Dengan kesibukannya tersebut, Jinan mengaku bahkan pernah masuk ke rumah sakit akibat terlalu capek dan telat makan.

"Aku bahkan pernah masuk rumah sakit akibat asam lambung. Mungkin itu karena terlalu capek dan kebanyakan mikir. Jadi, di balik pandangan orang yang melihat kita hanya menari dengan baju yang sama saja, sebenarnya kita latihan keras sekaligus ada kegiatan lain seperti sekolah ," tambahnya.

2. Dirinya bahkan sempat berpikir untuk berhenti dari semua kegiatannya, termasuk menjadi seorang idol

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus MultitaskingJinan JKT48 dan Anin JKT48 melakukan media visit ke kantor IDN Media. 05 Februari 2020. IDN Times/Klara Livia

Dengan seluruh kesibukan yang harus dilakukannya setiap hari, perempuan yang memiliki golongan darah A ini juga mengungkapkan bahwa dirinya sempat merasa terpuruk dan berpikir untuk berhenti melakukan semua kegiatannya, termasuk menjadi seorang idol. 

"Di saat itu latihan sedang nonstop, lalu ada teater, Ujian Akhir Semester, dan banyak tugas take home yang harus dikerjakan. Karena gak ada waktu untuk mengerjakan itu semua, jadi aku bingung gimana cara menyelesaikannya," kata perempuan yang tengah duduk di semester 6 tersebut.

Untuk melewati fase tersebut, Jinan berusaha untuk percaya diri dan melakukannya secara bertahap. "Aku kerjakan semuanya satu-satu. Bawa laptop pas latihan, dan mengerjakannya saat latihan," imbuhnya.

3. Namun, dari pengalaman tersebut ia belajar untuk menjadi perempuan yang kuat

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus MultitaskingJinan JKT48 dan Anin JKT48 melakukan media visit ke kantor IDN Media. 05 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

Berdasarkan perjuangannya tersebut, ada satu nilai penting yang ia dapatkan, yakni perempuan itu harus kuat. Baginya, nilai ini sangat berguna agar orang lain tidak bisa menemukan kelemahan yang kita miliki. 

Baca Juga: Nitchii: Perempuan Hebat Itu Tidak Menjatuhkan Perempuan Lain

4. Baginya, perempuan yang hebat adalah perempuan yang percaya diri

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus MultitaskingJinan JKT48 dan Anin JKT48 melakukan media visit ke kantor IDN Media. 05 Februari 2020. IDN Times/Klara Livia

Dalam kegiatan media visit tersebut, Jinan juga mengatakan bahwa perempuan yang hebat adalah perempuan yang percaya diri. Namun, bukan hanya percaya diri dengan bersikap pede saja, melainkan percaya dengan diri sendiri. 

"Percaya diri bukan hanya sebatas pede saja, akan tetapi lebih ke arah percaya dengan diri sendiri. Sebab, gimana orang lain mau percaya dengan kamu kalau kamu sendiri tidak percaya dengan diri sendiri," kata Jinan.

5. Setelah menjadi idol, Jinan mengaku jadi pribadi yang lebih baik

Jinan JKT48: Perempuan Hebat Itu Harus MultitaskingJinan JKT48 melakukan media visit ke kantor IDN Media. 05 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

Meski pada awalnya membutuhkan proses yang panjang dan sulit, namun setelah menjadi seorang idol ada banyak hal yang ia dapatkan. Bahkan, Jinan merasa bahwa dirinya kini telah menjadi pribadi yang lebih baik.

"Aku dapat pengalaman yang teman seumuranku gak dapat, seperti bagaimana caranya bersosialisasi, pengalaman berorganisasi, dan bagaimana sikap saat bertemu dengan orang yang baik. Selain itu, sekarang aku juga jadi lebih bisa membagi waktu," ungkap anggota JKT48 Tim KIII tersebut.

Nah, dari cerita Jinan di atas, kamu jadi tahu kan bagaimana perjuangan seseorang untuk bisa menjadi idol, kan? Oleh karena itu, mulai dari sekarang jangan meremehkan apa yang orang lain kerjakan. Sebab, belum tentu hal yang terlihat mudah itu benar-benar mudah lho!

Baca Juga: Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri Sendiri

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya