Comscore Tracker

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!

Beberapa bahannya bahkan sudah sangat familiar buatmu

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, jika jerawat menimbulkan rasa gatal dan sangat sulit untuk dihilangkan, bisa jadi itu adalah fungal acne.

Fungal acne termasuk sebagai jerawat yang tumbuh akibat infeksi jamur pada bagian wajah yang berminyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa jenis skincare yang memiliki kandungan tertentu. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. BHA (Beta Hydroxy Acid)

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!somethinc.com

BHA merupakan salah satu kandungan yang terkenal ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati pada pori atau eskfoliasi. Fungsi ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan beragam masalah kulit lain, seperti komedo, jerawat, dan fungal acne

Selain dapat membersihkan pori-pori dari tumpukan sel kulit mati dan minyak, BHA juga bisa bekerja sebagai anti jamur. Hebat sekali, bukan?

2. Urea

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!unsplash.com/Jess @ Harper Sunday

Urea merupakan senyawa yang biasa dikenal sebagai humektan. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kandungan air agar tidak keluar dari bagian kulit terdalam.

Dengan begitu, kulit dapat mempertahankan kelembapannya dan mengurangi produksi minyak. Kondisi ini tentunya akan mengurangi risiko munculnya fungal acne pada wajah.

3. Sulfur

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!peterthomasroth.com

Kandungan sulfur dipercaya dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Oleh karena itu, produk yang mengandung unsur ini, biasanya cenderung digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus meredakan inflamasi pada kulit.

Baca Juga: 5 Jenis Kandungan Skincare yang Dapat Memicu Munculnya Fungal Acne

4. Madu atau propolis

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!Instagram.com/misobeau

Madu atau propolis dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah mikroorganisme penyebab jamur pada kulit. Madu juga kerap digunakan sebagai bahan anti peradangan yang berguna untuk meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit akibat fungal acne.

Akan tetapi, perlu diketahui jika efektivitas madu yang digunakan, tergantung dengan tipe madu itu sendiri. Dengan kata lain, jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya kamu menggunakan madu yang bersifat murni atau propolis.

5. Ketoconazole

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Mengatasi Fungal Acne, Ada Madu Juga!freepik.com/Freepik

Ketoconazole adalah jenis obat yang mampu menghentikan, mencegah, dan menyembuhkan kulit infeksi akibat pertumbuhan jamur. Namun, untuk penggunaannya sendiri, hanya disarankan dua persen dalam satu kali pakai saja.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis dan cara penggunaan yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Selain menggunakan skincare, untuk mengatasi fungal acne kamu juga bisa menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga, lho! Ayo jangan malas-malasan olahraga!

Baca Juga: 6 Skincare Ini Gak Pakai Alkohol, Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya