Comscore Tracker

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat

Harus konsisten dalam melakukannya

Menggunakan skincare tertentu, pada dasarnya belum cukup untuk memaksimalkan perawatan kulit untuk mencegah datangnya jerawat. Sebab, bisa jadi jerawat muncul akibat gaya hidup dan kebiasaan buruk yang kita lakukan.

Maka dari itu, untuk mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah, mulailah untuk melakukan beberapa kebiasaan tertentu secara rutin. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Konsisten menggunakan basic skincare yang sesuai dengan kulitmu

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/cottonbro

Basic skincare yang mencakup cleanser, moisturizer, dan sunscreen merupakan perawatan yang wajib kamu gunakan untuk mencegah jerawat. Penggunaan basic skincare dapat menjaga kebersihan serta kelembapan kulit, sehingga mengurangi risiko munculnya jerawat.

Namun, perlu diingat jika perawatan ini hanya berhasil jika kamu menggunakan skincare yang sesuai dengan kulitmu. Selain itu, perawatan tersebut harus dilakukan secara konsisten.

2. Hindari menggunakan makeup yang terlalu tebal

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/@cottonbro

Penggunaan makeup yang terlalu tebal, dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat. Penggunaan makeup yang tebal dapat menutupi, bahkan menyumbat pori-pori pada wajah sehingga meningkatkan beragam masalah kulit. Salah satunya, jerawat.

Selain itu, penggunaan makeup yang terlalu tebal juga patut kamu hindari jika kini kulit wajahmu berjerawat. Sebab, kalau dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini bisa memperparah kondisi jerawat yang kamu alami.

3. Pilih produk skincare dan makeup yang berlabel non-comedogenic

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/Linda Prebreza

Pastikan jika semua produk perawatan yang kamu gunakan, mulai dari pelembap, sunscreen, bahkan makeup yang kamu kenakan, memiliki kandungan non-comedogenic. Ini untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan masalah kulit lain pada wajahmu.

Sebab, kandungan non-comedogenic merupakan kandungan yang sangat halus dan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit. Jadi, lebih aman menggunakan produk dengan kandungan jenis ini, bukan?

4. Rutin mengganti sarung bantal dan seprai

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatunsplash.com/AgataCreate

Mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin, merupakan kebiasaan yang sering kali dilupakan. Walau terlihat masih bersih, terkadang dalam serat-serat kain seprai dan sarung bantal bisa jadi tempat berkembang biak jamur, bakteri, dan debu yang bersarang. 

Tentunya, kondisi ini berdampak sangat buruk jika bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Jadi, daripada mengambil risiko yang berbahaya, ada baiknya untuk menerapkan kebiasaan untuk mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Skincare yang Bantu Samarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

5. Pastikan tangan selalu bersih sebelum menyentuh wajah

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/Burst

Sebelum menyentuh wajah, pastikan tangan sudah bersih dan terbebas dari kuman atau bakteri. Ini penting untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan masalah kulit lain. Saat menyentuh wajah dengan tangan kotor, bakteri dan kuman dapat berpindah ke wajah.

Selain tangan, handphone yang kamu miliki juga harus selalu dijaga kebersihannya karena jadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri dan kerap kali bersentuhan langsung pada kulit wajah saat menerima telepon. Jangan lupa, ya!

6. Membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan manis

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatunsplash.com/Icons8 Team

Makanan manis, berminyak, dan olahan, terutama yang berbasis susu, seperti keju, butter, dan krim, ternyata bisa jadi pemicu jerawat. Kandungan pada makanan tersebut mendorong produksi sebum lebih banyak sehingga menimbulkan sumbatan pada pori-pori.

Akibatnya, beragam jenis masalah kulit, seperti jerawat dan komedo pun sudah pasti akan menghantuimu. Oleh karenanya, mulailah batasi kebiasaan makan-makanan tersebut dan mulai menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat!

7. Perbanyak minum air putih setiap harinya

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/Andrea Piacquadio

Meski terdengar sepele, akan tetapi mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Artinya, meminum air putih dapat memperlancar peredaran darah yang mungkin jadi penyebab munculnya jerawat.

Jadi, selain menjaga asupan cairan pada tubuh, meminum air putih dengan jumlah yang dianjurkan, yakni 8 gelas per hari, juga dapat menjaga kesehatan kulit serta menghindari dari munculnya jerawat. Sebenarnya, mudah kan untuk selalu minum air putih?

8. Mulai rutin olahraga secara teratur

8 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Mencegah Munculnya Jerawatpexels.com/Cliff Booth

Ketika berolahraga, keringat yang dikeluarkan oleh kulit akan sekaligus membuang sumbatan dan kotoran yang ada pada permukaan kulit. Olahraga rutin juga diyakini dapat mengurangi stres dan mengontrol produksi hormon agar lebih stabil di dalam tubuh.

Dengan beragam manfaat yang sangat luar biasa tersebut, cobalah untuk mulai melakukan olahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap harinya! Kemudian, rasakan manfaatnya pada kesehatan kulitmu.

Yuk, mulai terapkan kebiasaan-kebiasaan di atas dalam kehidupan sehari-hari kamu! Kalau sudah mulai merasakan efeknya, saling berbagi yuk di kolom komentar!

Baca Juga: 6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanya

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya