Comscore Tracker

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat Wajah

Segera hentikan

Perawatan wajah merupakan hal penting yang sudah menjadi rutinitas saat ini. Namun, pemilihan skincare yang tepat pun, dibutuhkan agar kesehatan kulit wajah selalu terjaga dan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

Selain itu, terdapat pula beberapa orang, terutama remaja yang masih kerap melakukan kesalahan ketika menerapkan produk perawatan wajah. Nah, kira-kira kesalahan apa saja ya itu? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak melakukan double cleansing

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat Wajahpexels.com/cottonbro

Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama adalah menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari makeup.

Tahap kedua dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Teknik ini sangat penting untuk membersihkan kotoran pada kulit wajah terdalam sekaligus menghindari penyumbatan pori-pori wajah di lapisan pertama kulit akibat makeup yang dipakai seharian.

Sayangnya, masih ada yang tidak melakukan teknik ini. Padahal, double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah yang sangat penting dan lebih maksimal.

2. Menggunakan skincare dengan dosis terlalu banyak

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat Wajahpexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Selain mempertimbangkan kandungan dalam bahan produk perawatan, kamu juga perlu memperhatikan dosis atau takaran ketika menggunakannya kelak. Sebab, menggunakan produk perawatan wajah dengan dosis berlebihan juga sangat berbahaya bagi kulit, lho!

Kulit dapat menjadi alergi, muncul peradangan atau inflamasi, dan berakhir pada kerusakan yang fatal. Kalau sudah begitu, kamu pun akan lebih sulit memilih skincare yang cocok untuk kulit wajahmu nantinya.

3. Terlalu sering dan terlalu cepat mencuci wajah

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat WajahFreepik.com/jcomp

Beberapa orang memiliki kebiasaan mencuci wajah setiap kali kulitnya kotor atau berminyak. Padahal, mencuci wajah terlalu sering dengan face wash, akan menyebabkan minyak alami pada kulit habis sehingga membuat kulit semakin kering.

Selain itu, kamu juga tidak perlu terlalu terburu-buru mencuci muka karena hal tersebut tidak efektif dalam menyingkirkan minyak. Cobalah fokus pada pijatan di daerah sekitar hidung & dahi yang cenderung berminyak selama 30 - 60 detik. 

Baca Juga: Bedah Skincare: Mengenal Retinol, 'Pahlawan' untuk Cegah Penuaan Dini!

4. Tidak melakukan eksfoliasi

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat WajahUnsplash.com/Isabell Winter

Eksfoliasi merupakan salah satu jenis perawatan kulit wajah yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan, beberapa dermatolog atau ahli kulit dan kecantikan sangat menyarankan hal tersebut.

Ini karena eksfoliasi bertujuan untuk membuang sel kulit mati yang sewaktu-waktu dapat menumpuk dan menyebabkan masalah pada kulit, seperti jerawat atau komedo. Jadi, jangan sampai kamu melupakan step perawatan yang satu ini, ya!

5. Tidak menggunakan pelembap dan sunscreen

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat Wajahpexels.com/cottonbro

Jangan sampai kamu mengabaikan perawatan yang satu ini. Jika kamu melewatkannya, kulit dapat kekurangan nutrisi dan kelembapannya sehingga menjadi kusam dan kering.

Selain itu, penggunaan sunscreen sangat penting karena bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan penuaan hingga keriput pada kulit. 

6. Menggunakan face mask terlalu lama

6 Kesalahan yang Umum Dilakukan Remaja Ketika Merawat Wajahpexels.com/Anna Shvets

Kesalahan terakhir dalam merawat kulit adalah menggunakan face mask dengan durasi yang terlalu lama. Bahan face mask yang didiamkan terlalu lama hingga mengering, justru dapat menyerap nutrisi yang ada pada kulit serta menyumbat pori-pori.

Alhasil, penggunaan masker yang terlalu lama justru akan membuat kulit menjadi kering dan alergi. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan face mask dalam durasi 15-20 menit saja.

Itulah beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh remaja dalam merawat wajah. Jika salah satu kesalahan di atas pernah kamu lakukan, sebaiknya segera hentikan hal tersebut mulai dari sekarang.

Baca Juga: 12 Skincare Berbahan Dasar Green Tea, buat Para Pencinta Teh Hijau!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya