Comscore Tracker

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!

#IDNTimesLife Aman juga untuk ibu hamil

Buah ciplukan termasuk sebagai jenis tanaman liar yang memiliki nama latin Physalis angulata L. Namun, siapa sangka jika tumbuhan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kecantikan?

Salah satu khasiatnya yang istimewa adalah dapat menjaga dan merawat kulit tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah ciplukan untuk kecantikan.

1. Menghaluskan kulit

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!freepik.com/valuavitaly

Gak semua orang cocok menggunakan skincare yang beredar di pasaran karena ada yang mengandung zat kimia bersifat iritatif. Jika kamu salah satunya, buah ciplukan bisa menjadi solusinya.

Buah ciplukan memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah sehingga mampu membantu meremajakan kulit agar tampak lebih sehat. Selain itu, mengonsumsi buah ciplukan secara rutin juga bisa membuat kulit wajah terlihat lebih halus.

2. Mencegah dan mengatasi kulit kering

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!ghs.org

Kandungan vitamin C yang ada pada buah ciplukan, ternyata juga bisa membantu mencegah sekaligus mengatasi kulit kering. Terlebih, buah ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga kulit yang awalnya tampak kusam dan kering selama kehamilan, terlihat lebih sehat.

3. Menghilangkan jerawat

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!freepik.com/user18526052

Jerawat merupakan masalah paling umum yang menghantui setiap orang di dunia. Namun, kamu bisa menggunakan buah ciplukan sebagai obat untuk mengatasi masalah tersebut.

Buah ciplukan memiliki kandungan antioksidan, air, mineral, dan vitamin yang ampuh untuk mengusir jerawat membandel.

4. Mencerahkan kulit

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!unsplash.com/Caroline Hernandez

Ada banyak sekali krim pemutih yang bisa didapatkan di pasar dengan mudah. Sayangnya, jika tidak teliti dan mudah tergiur harga murah, banyak pula krim dengan zat kimia berbahaya yang bisa memberikan dampak buruk bagi kulit.

Untuk itu, jika kamu ingin memiliki kulit putih dan cerah secara alami, cobalah mengonsumsi buah ciplukan secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan daunnya sebagai masker lho!

Baca Juga: Rupanya 8 Khasiat Ini yang Bikin Buah Ciplukan Kini Dijual Mahal

5. Mencegah penuaan dini

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!youtube.com/Green Life

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah ciplukan juga mampu membantu pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen inilah yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah terlihat lebih segar, kencang, dan gak kusam.

Maka dari itu, bisa diartikan jika buah ciplukan memiliki khasiat yang baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini serta membuat wajah tampak awet muda.

6. Mengobati beragam masalah kulit

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!freepik.com/valuavitaly

Gak hanya buahnya, daun ciplukan pun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Salah satu khasiatnya adalah mampu mengatasi beragam masalah kulit, mulai dari gatal, stretch mark, dan sebagainya. 

Caranya, lumatkan daun ciplukan hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Ramuan ini juga ampuh untuk mengatasi keluhan lain, seperti bisul dan kurap.

7. Membantu menjaga bentuk tubuh

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!pexels.com/Karolina Grabowska

Menjaga bentuk tubuh gak harus dilakukan dengan diet saja. Saat ini, kamu bisa memanfaatkan buah ciplukan sebagai makanan rendah kalori untuk menjaga berat badan gak melonjak tinggi.

Kalori yang terkandung di dalam buah ciplukan ini hanya 53 kalori per 1000 gram sehingga kamu gak perlu takut gemuk jika terlalu banyak mengonsumsinya. Manfaatnya luar biasa banget, kan?

8. Mengencangkan payudara

8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Bisa Mencerahkan Kulit!rockymountainwomenshealthcenter.com

Untuk mendapatkan payudara yang kencang, kamu gak perlu lagi membeli obat dengan unsur bahan kimia di dalamnya. Sebab, kamu bisa menggunakan ciplukan sebagai masker yang lebih alami guna mengencangkan payudara.

Caranya, ambil 13 lembar daun ciplukan muda, lalu campurkan dengan satu buah pinang muda dan satu sendok teh garam. Kemudian, tumbuk semua bahan hingga halus dan oleskan di kulit payudara.

Selain dapat mengencangkan, senyawa fisalin dan withanolid di dalam buah ciplukan juga dapat mencegah kanker payudara atau sel kanker lain di dalam tubuh. Gak hanya itu, bagi penderita kanker pun bisa menjadikan buah ciplukan sebagai pendamping kemoterapi.

Demikian beberapa manfaat buah ciplukan untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Ampuh Kontrol Gula Darah, Ini 13 Fakta Gooseberry si Buah Ciplukan

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya