Comscore Tracker

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!

#IDNTimesLife Cocok untuk kulit sensitif

Ekstrak buah kaktus sering kali dijadikan bahan aktif kandungan skincare berkat segudang manfaat di dalamnya. Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis Opuntia coccinellifera fruit extract.

Alasannya, Opuntia coccinellifera fruit extract dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis, dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga masalah kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat ekstrak buah kaktus bagi kulit yang perlu kamu ketahui dilansir dari rilis AYSI Skincare.

1. Membuat kulit lembap dan kenyal

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!ilustrasi kulit sehat (freepik.com/xmee)

Salah satu masalah umum yang kerap terjadi pada kulit wajah adalah rentan mengalami dehidrasi. Akibatnya, kulit menjadi kering dan mudah terserang peradangan hingga jerawat.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa coba menggunakan skincare dengan kandungan ekstrak buah kaktus. Menurut Dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada di dalam Opuntia coccinellifera fruit extract (ekstrak buah kaktus) mampu membuat kulit tampak lebih lembap dan kenyal.

2. Meredakan jerawat

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!ilustrasi orang berjerawat (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kulit yang kering dapat memicu munculnya jerawat dan peradangan. Oleh karena itu, ekstrak buah kaktus diyakini juga ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish.

Hal ini ditegaskan pula oleh dr. Ruri. “Berkat kandungan antiinflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7-10 hari,” katanya.

3. Antiaging

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!Ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Opuntia coccinellifera fruit extract mengandung vitamin E dan asam lemak baik. Kandungan ini dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum (lapisan kulit atas) untuk memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit.

Selain itu, kandungan yang ada pada ekstrak buah kaktus juga dapat menghambat proses aging meski manfaat antioksidan di dalamnya kadang gak terasa perubahannya. Oleh karenanya, untuk mendapat manfaat maksimal, disarankan untuk memakainya secara rutin.

Baca Juga: 7 Tips Pakai Serum yang Efektif ala Luna Maya, Kulit Jangan Kena Pipet

4. Antiinflamasi

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!ilustrasi peradangan di kulit (pexels.com/AnnaNekrashevich)

Ekstrak buah kaktus juga diperkaya kandungan antiinflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit akibat jerawat atau hal lain. Namun, bagi pemilik kulit hipersensitif, perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus.

Ini karena kandungan ekstrak buah kaktus juga dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus. “Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” jelas dr. Ruri.

5. Mengatasi hiperpigmentasi dan warna kulit gak merata

5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!Rangkaian perawatan AYSI Skincare (dok. AYSI Skincare)

Salah satu skincare yang mengandung Opuntia coccinellifera fruit extract adalah AYSI. Opuntia coccinellifera fruit extract yang digunakan AYSI sebagai key ingredientsnya ini berasal dari Kota Wolryungli, Pulau Jeju, Korea Selatan.

Ekstrak buah kaktus ini telah teruji klinis dapat memberikan hasil maksimal untuk wajah. Skincare yang diberi nama AYSI Hydra-Glow Series ini cocok untuk permasalahan kulit kering, kusam, berminyak, kombinasi, iritasi, kemerahan/blemish, hiperpigmentasi, bekas jerawat, garis halus dan kerutan, warna kulit tidak merata, serta acne prone and sensitive skin friendly.

Itu dia lima manfaat dari ekstrak buah kaktus yang baik bagi kulit. Nah, kamu bisa coba menggunakan skincare dengan kandungan ini untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah.

Baca Juga: 9 Ide Nude Lip Looks untuk Kulit Medium dan Gelap, Pasti Fresh

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya