Comscore Tracker

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawat

#IDNTimesLife Wajib dilakukan secara konsisten

Penanganan jerawat yang tidak tepat ternyata dapat membuat proses penyembuhannya menjadi lebih lama, bahkan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Apalagi, jika bekas yang muncul berupa tanda kehitaman atau biasa disebut bekas jerawat kehitaman.

Namun tenang saja, kamu bisa menggunakan beberapa produk perawatan sebagai morning skincare routine guna menyamarkan bekas jerawat tersebut. Berikut ini tahapan penggunaan morning skincare routine yang perlu kamu lakukan. 

1. Face wash

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas JerawatIDN Times/Rizka Yulita

Penggunaan face wash bukan berperan sebagai produk yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebab, tujuan dari face wash ialah untuk membersihkan kotoran pada kulit wajah agar mencegah jerawat datang kembali dan membantu kandungan aktif pada skincare meresap ke dalam kulit.

Untuk merawat bekas jerawat sendiri, kamu bisa menggunakan face wash yang berupa gel, krim, atau foam. Namun, pilih face wash bersifat gentle dan tidak mengandung scrub serta alkohol dan fragrance.

2. Toner

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawatuncommonchick.com

Toner dalam skincare routine bertujuan memberi kelembapan dan menyeimbangkan hidrasi kulit agar tetap sehat, serta menenangkan kulit yang inflamasi sesuai dengan kandungan tambahan yang ada di dalamnya.

Untuk penggunaan di pagi hari, disarankan menggunakan toner yang berjenis hydrating dan memiliki formula pH balance serta bersifat calming dan soothing. Kamu bisa gunakan toner dengan kandungan tambahan berupa Aloe vera atau vitamin E untuk kulit kering.

Untuk kulit berminyak, gunakan toner dengan kandungan green tea. Selain itu, untuk menghindari risiko iritasi pada kulit, sebaiknya hindari penggunaan toner yang memiliki kandungan alkohol dan fragrance.

3. Serum

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawatorogoldgiveaway.com

Serum merupakan produk yang penting karena dapat mengatasi masalah lebih spesifik, seperti bekas jerawat kemerahan, tergantung bahan aktif di dalamnya. Kamu bisa gunakan serum dengan alpha arbutin atau vitamin C untuk mempercepat pemudaran pigmentasi.

Namun, jika kamu memiliki masalah tekstur kulit yang rusak, cobalah untuk menggunakan serum dengan kandungan yang bersifat anti-inflamasi, seperti niacinamide!

Baca Juga: Cuma 3 Tahap, Ini Basic Skincare agar Kulit Makin Sehat dan Bercahaya

4. Moisturizer

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawatpexels.com/@burst

Selanjutnya, kamu membutuhkan moisturizer atau pelembap untuk mengunci kelembapan kulit serta nutrisi pada serum yang kamu gunakan sebelumnya. Tidak ada ketentuan khusus yang harus kamu lakukan untuk memakai moisturizer.

Sebab, semua jenis moisturizer pada dasarnya memiliki kandungan pelembap yang cukup efektif untuk menjaga kelembapan kulit. Jadi, sesuaikan saja moisturizer yang ingin kamu pakai dengan jenis kulit yang kamu miliki.

5. Sunscreen

5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawatpexels.com/MoosePhotos

Terakhir, kamu harus menggunakan sunscreen guna mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dari matahari. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan lakukan re-apply selama 3-4 jam sekali agar perlindungannya tetap terjaga meskipun sedang berada di dalam ruangan.

Itulah lima tahapan morning skincare routine yang wajib kamu lakukan untuk merawat bekas jerawat. Lakukan dengan konsisten, ya!

Baca Juga: Lawan Penuaan Dini, Deretan Skincare Lokal yang Mengandung Retinol 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya