Comscore Tracker

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan Seksual

#IDNTimesLife Praktis dan aman diterapkan

Setelah diluncurkan pada Maret lalu di Indonesia, kampanye Stand Up Against Street Harassment terus digaungkan. L’Oréal menyadari dunia tengah menghadapi tantangan yang sangat besar di bidang lingkungan dan isu sosial serta melihat masih banyak tindakan pelecehan seksual di ruang publik saat pandemik.

Bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta, L’Oréal Paris kini menggandeng Alfamart sebagai salah satu partner strategis untuk turut serta mengintervensi pelecehan seksual di ruang publik dengan mengusung Pelatihan 5D, yakni Dialihkan, Dilaporkan, Dokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan. Berikut penjelasan mengenai pelatihan tersebut yang dilansir dari situs resmi dan rilis yang diterima IDN Times.

1. Pelatihan Stand Up fokus untuk membantu mencegah pelecehan di tempat umun

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan SeksualMaria Adina, Brand General Manager L'Oreal Paris (dok. L'Oreal Paris)

Masyarakat masih rentan jadi korban pelecehan seksual, termasuk para pekerja esensial seperti tenaga kesehatan dan tenaga kasir. L’Oréal Paris berkomitmen untuk terus memantapkan usaha dalam melawan aksi pelecehan seksual di ruang publik serta menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia untuk turut serta mendukung gerakan ini.

Menurut survei global yang dilakukan oleh L’Oréal Paris dengan IPSOS di bulan Januari 2021, ditemukan bahwa 1 dari 3 perempuan masih mengalami pelecehan seksual di ruang publik semasa pandemik. Di Indonesia, menurut data dari Komnas Perempuan, hingga 3 Juli 2021 terdapat 1.902 kasus.

Sejalan dengan tema perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76, yakni “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, L’Oréal Paris juga berkomitmen untuk membantu perempuan Indonesia menjadi lebih tangguh dalam melawan pelecehan seksual di ruang publik. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengusung program bernama Stand Up.

Stand Up sendiri merupakan program pelatihan yang dirancang untuk membantu mencegah pelecehan di tempat umum dan mendirikan ruang yang aman dan inklusif bagi semua orang. Program ini didukung oleh L'Oréal Paris dalam kemitraan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Hollaback!.

2. Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi 1 juta orang demi membangun penolakan atas tindakan pelecehan seksual

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan SeksualAdinia Wirasti, aktris & figur pemberdayaan wanita (dok. L'Oreal Paris)

Melalui kampanye Stand Up Against Street Harassment ini, L’Oréal Paris berambisi melatih 1.000.000 orang secara global dengan metode 5D. Dengan begitu, orang-orang bisa jadi Upstander (Pembela Korban) sehingga tercipta sebuah budaya di mana pelecehan di tempat umum dipandang sebagai perilaku yang ditolak.

Adinia Wirasti, aktris dan figur pemberdayaan perempuan Indonesia, mengungkapkan jika ia sangat mendukung program Stand Up. Bahkan, ia menegaskan bila saat ini sudah waktunya peduli dan berusaha menciptakan ruang publik yang aman bagi semua orang.

"Sudah saatnya #WeStandUp! untuk menghentikan aksi pelecehan seksual apalagi di ruang publik karena diam bukan pilihan. Kita semua harus peduli akan hal ini demi terciptanya ruang publik yang aman bagi semua orang, khususnya perempuan agar dapat terus melangkah dalam mengejar cita-cita dan mimpinya dengan rasa aman di mana pun, kapan pun," jelasnya. 

3. Pelatihan terbagi menjadi dua jenis, yakni ketika kamu sebagai pembela korban atau saat kamu menjadi korban

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan SeksualUmesh Phadke, President Director of L'Oreal Indonesia (dok. L'Oreal Paris)

Berdasarkan situs resmi program pelatihan Stand Up, diketahui bila terdapat dua jenis pelatihan yang ditawarkan. Program pertama merujuk pada tindakan yang harus kamu lakukan bila melihat pelecehan seksual di ranah publik.

Program kedua diperuntukkan bagi kamu yang menjadi korban pelecehan seksual. Tentunya, kedua hal tersebut sangat urgen diketahui oleh publik.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Kekerasan Seksual melalui Kampanye No! Go! Tell! 

4. Gak butuh waktu lama, pelatihan Stand Up bisa kamu ikuti secara online dengan waktu 10-15 menit

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan SeksualAnindya Restuviani, Co-Director Hollaback! Jakarta (dok. L'Oreal Paris)

Belajar cara melawan pelecehan di tempat umum melalui pelatihan Stand Up ternyata cukup mudah dan gak lama. Kamu bisa mengikuti program pelatihan tersebut melalui situs resminya di www.standup-indonesia.com/training dengan durasi 10-15 menit saja.

Selain itu, dalam kondisi tertentu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan bersama Hollaback! selaku mitra L’Oréal Paris. Untuk sesi webinar ini, pelatihan akan berjalan selama satu jam.

5. Hingga kini, sudah ada lebih dari 350 ribu orang yang telah mengikuti pelatihan tersebut

L’Oréal Paris Adakan Pelatihan 5D Daring untuk Cegah Pelecehan SeksualHans Prawira, President Director PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) (dok. L'Oreal Paris)

Hingga saat ini, lebih dari 350.000 orang yang sudah mendapatkan pelatihan, termasuk di Indonesia. Berbagai upaya pun akan terus dilakukan demi meningkatkan angka pelatihan tersebut sehingga bisa menurunkan insiden pelecehan seksual di ruang publik.

Demikian penjelasan singkat mengenai program pelatihan pencegahan pelecehan seksual yang diinisiasi oleh L’Oréal Paris dengan menggandeng Hollaback! Jakarta. Yuk, bergabung dalam gerakan #WeStandUp dan ambil pelatihannya di www.standup-indonesia.com/training.

Baca Juga: Lakukan 5D Saat Menjadi Saksi Pelecehan Seksual, Jangan Diam! 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya