Comscore Tracker

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!

#IDNTimesLife Maksimalkan perawatan dengan kandungan tepat

Bagi pemilik kulit berminyak, kini sudah saatnya menggunakan skincare sebagai treatment untuk mencegah serta mengobati permasalahan kulit yang muncul. Salah satu skincare yang wajib digunakan oleh pemilik kulit berminyak tersebut adalah serum.

Namun, dalam penggunaannya, usahakan kamu memakai serum dengan kandungan yang dapat mengontrol produksi sebum agar terhindari dari sumbatan minyak berlebih pada pori-pori. Berikut ini beberapa kandungan serum yang sangat baik bagi kulit berminyak.

1. Salicylic acid

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!instagram.com/theinkeylist

Serum salicylic acid dapat mencegah terjadinya jerawat yang berada di lapisan kulit paling atas. Ini karena salicylic acid merupakan senyawa yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati di permukaan kulit sekaligus memecah sumbatan minyak di pori-pori.

Dengan begitu, produksi sebum pada kulit pun jadi lebih berkurang dan terkontrol dengan baik. Bermanfaat sekali, bukan?

2. Vitamin C

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!instagram.com/mariobasescu

Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Penggunaan vitamin C pada kulit berminyak juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan produksi sebum yang menyumbat pori-pori.

3. Niacinamide

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!blushandsage.co.uk

Ketika digunakan pada kulit berminyak, niacinamide bekerja aktif dalam memperbaiki kelenjar lipid sehingga produksi minyak terkontrol dengan baik. Dengan demikian, ini dapat mencegah munculnya jerawat serta menghindari kondisi jerawat jadi tambah buruk.

Hal tersebut dapat terjadi karena niacinamide merupakan kandungan yang dapat membantu produksi protein pada kulit, sehingga kulit dapat tetap sehat dan kencang.

Baca Juga: 5 Masker Wajah dengan Kandungan Mint yang Menyejukkan  

4. Retinol

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!idiva.com

Retinol bersifat sebagai eksfoliator sehingga dapat membersihkan pori-pori terdalam dan menghilangkan sumbatan akibat produksi minyak berlebih. Selain itu, retinol juga dapat menyeimbangkan tingkat hidrasi yang ada pada kulit.

Tentu hal tersebut sangat menguntungkan bagi kulit berminyak. Sebab, produksi sebum pada kulit pun akan terkontrol dengan lebih baik dan memperkecil risiko munculnya jerawat pada kulit.

5. Green tea

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!Pexels.com/Alena Koval

Green tea merupakan salah satu kandungan yang sangat kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, kandungan ini biasanya berfungsi untuk menangkal radikal bebas, meredakan kemerahan, dan mencegah munculnya jerawat akibat produksi minyak berlebih. 

Selain itu, terdapat pula zat polifenol yang dapat bekerja melawan infeksi dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

6. Lactid acid

6 Kandungan Serum yang Baik untuk Kulit Berminyak, Ada Niacinamide!littlebitesofbeauty.com

Sama seperti salicylic acid, kandungan lactid acid pada AHA juga dikenal sebagai eksfoliator yang bermanfaat untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Hanya saja, lactid acid ini juga mampu menjaga tekstur kulit agar tetap lebih kenyal dan sehat serta menghindari penyumbatan minyak di pori-pori kulit wajah.

Itulah beberapa kandungan pada serum yang sangat baik dan penuh dengan manfaat bagi kulit berminyak. Jangan lupa untuk mencobanya, ya!

Baca Juga: 9 Kandungan Skincare yang Bahaya untuk Ibu Hamil, Jangan Dipakai Dulu!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya