Comscore Tracker

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!

#IDNTimesLife Akhiri dengan pemakaian night cream

Kulit kombinasi merupakan kondisi wajah dengan dua jenis tipe sekaligus, yakni berminyak dan kering. Dengan dua permasalahan tersebut, tentunya dibutuhkan skincare routine yang tepat agar masalah pada kulit kombinasi teratasi dan tak timbul masalah lainnya.

Nah, berikut ini tahapan night skincare routine yang bisa kamu coba untuk merawat kulit kombinasi. Yuk, simak!

1. Double cleansing

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!IDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Tahap pertama yang harus kamu lakukan dalam merawat kulit kombinasi adalah menerapkan metode double cleansing. Hal ini berguna untuk membersihkan makeup dan segala kotoran yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas di luar ruangan.

Awalnya, gunakan cleansing oil atau micellar water secara merata ke seluruh bagian wajah. Kemudian, gunakan cleanser yang biasa kamu gunakan untuk memastikan kotoran di wajah benar-benar bersih.

2. Toner eksfoliasi

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!eminenceorganics.com

Kamu bisa menggunakan toner eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA. Kedua kandungan tersebut dikenal baik untuk membersihkan kulit yang kering serta berminyak, namun tidak terlalu banyak menguras minyak alami yang ada di permukaan kulit.

Selain itu, kandungan BHA juga diyakini mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori wajah. Namun, kamu hanya boleh melakukan eksfoliasi sebanyak satu sampai tiga kali saja dalam seminggu.

3. Serum

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!freepik.com/Freepik

Pemakaian serum pada malam hari juga cukup penting bagi pemilik kulit kombinasi. Sebab, kandungan yang ada pada serum dapat dijadikan sebagai nutrisi tambahan dan membantu mengontrol pertumbuhan minyak pada kulit.

Namun, untuk penggunaannya sendiri, disarankan memilih serum dengan kandungan niacinamide, vitamin C, retinol, salicylic acid, atau alpha arbutin. Hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah kulit tertentu yang ada pada kulit wajahmu.

Baca Juga: 6 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Merawat Acne Scars, Awas Keliru!

4. Moisturizer

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!unsplash.com/@good_citizen

Setelah menggunakan serum, kamu bisa menambahkan pelembap atau moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit pada malam hari. Selain itu, penggunaan moisturizer juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Ketika bangun pada pagi hari, kamu pun bisa merasakan kulit wajah terasa lebih sehat dan kenyal. Jadi, jangan lupa menggunakan moisturizer, ya!

5. Night cream

5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!asiatatler.com

Terakhir, kamu bisa memakai night cream untuk mengunci semua kandungan yang telah digunakan selama tahapan berlangsung. Dengan begitu, manfaat dari kandungan yang ada, dapat kamu rasakan secara lebih maksimal.

Namun, sekadar informasi bahwa untuk pemakaian produk night cream ini, bersifat opsional saja. Jadi, boleh kamu gunakan jika memang sudah terbiasa dan boleh juga tidak.

Itu dia tahapan night skincare routine yang wajib dilakukan oleh pemilik kulit kombinasi. Mudah dan sangat sederhana, bukan?

Baca Juga: 5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawat

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya