Comscore Tracker

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!

Gak perlu berlebihan untuk tampil dengan look natural

Complexion dalam makeup memiliki fungsi untuk meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, dan menutupi kekurangan yang ada di wajah kita. Gak heran bila complexion atau base makeup memiliki peranan penting dari kesuksesan riasan wajah.

Saat ini, ada beberapa jenis complexion yang bisa ditemukan dalam dunia makeup, mulai dari bedak tabur, compact powder, foundation, BB cream, dan cushion. Nah, berikut ini tips memilih complexion yang benar agar base makeup kamu sempurna.

1. Pilih yang sesuai dengan warna kulit

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!ilustrasi menggunakan cushion. 25 Juli 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Hal utama sekaligus terpenting yang patut kamu lakukan adalah memilih produk complexion sesuai dengan warna kulit. Aulia Fathy Andani selaku Marketing Support YSL Beauty memberikan saran untuk membeli tiga produk complexion dengan warna yang berbeda.

"Kalau mau beli, sebaiknya satu yang sesuai warna kulit, lalu satu dengan dua tingkat lebih tinggi untuk shading, dan satu lagi untuk dua tingkat yang lebih rendah sebagai contour," terangnya dalam Kunjungan Peluncuran Produk YSL All Hours di YSL Beauty Senayan City, Senin (25/7/22).

Aulia juga menambahkan bahwa YSL kini hadir dengan kode produk yang lebih ringkas agar memudahkan pemilihan dengan warna kulit. Contohnya MN1 di mana M artinya medium, N untuk udertone atau natural, dan 1 menunjukkan intensity

2. Gunakan jenis complexion berdasarkan kebutuhan

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!ilustrasi menggunakan foundation. 25 Juli 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Untuk pemilihan jenis produk, Aulia mengatakan bila foundation bisa dipakai di rumah saat pagi hari dengan kombinasi cushion. Namun, untuk produk terbaru dari YSL Beauty, yakni All Hours Foundation, gak perlu ditambah bedak apa pun karena mudah menyerap.

"YSL All Hours Foundation sudah aman tanpa harus diset dengan bedak. Mineral pigmen dalam skin technology membuatnya gampang menyerap dan menyatu dengan suhu kulit sehingga set dengan baik," tuturnya.

3. Sesuaikan dengan aktivitas yang ingin dilakukan

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!ilustrasi menggunakan cushion. 25 Juli 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Sebagai base makeup, penting juga mempertimbangkan aktivitas yang ingin dilakukan dalam acuan pemakaian produknya. Oleh karena itu, untuk aktivitas ringan, biasanya disarankan untuk memakai cushion saja ketimbang foundation.

Sebaliknya, jika ingin tahan lebih lama, kamu bisa menggunakan foundation dengan produk terbaru YSL atau mengombinasikan foundation yang kamu miliki dengan cushion. Kombinasi kedua produk ini dijamin tahan sepanjang hari.

"Cushion tujuannya lebih ke touch up karena dari segi coverage pun lebih ringan dibanding foundation. Namun, kamu bisa padukan keduanya untuk menjaga warna dan set makeup sepanjang hari," jelasnya. 

Baca Juga: Tips Bikin Flawless Makeup Look dengan Complexion

4. Pilih complexion dengan kandungan skincare untuk menjaga kesehatan kulit

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!ilustrasi foundation YSL All Hours yang resmi hadir di Indonesia. 25 Juli 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Saat ini, sudah banyak makeup yang menerangkan jika produknya menggunakan basic skincare sebagai kandungan guna menjaga kesehatan kulit. Salah satu produk tersebut adalah YSL All Hours Foundation, yang mengklaim bisa menghidrasi kulit dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya.

"Produk terbaru kita, YSL All Hours Foundation, memiliki kandungan hyaluronic acid dan bahan alami lain guna menghidrasi kulit dan menyamarkan raut kelelahan," tambahnya.

5. Pakai complexion yang transferproof

5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Sesuaikan dengan Aktivitas!ilustrasi menggunakan foundation. 25 Juli 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Selain itu, produk tersebut juga memiliki kemampuan transferproof yang cocok untuk kondisi Indonesia yang lembap. Terlebih, orang Indonesia juga cenderung memiliki kulit berminyak.

"Menghidrasi tapi gak menghilangkan kelebihan foundation yang dicari, yakni menahan minyak. Apalagi, kulit orang Indonesia agak berminyak, jadi transferproof cocok untuk humidity yang agak terik. Punya SPF 39+++ with no whitecast juga jadi gak ada flashback saat foto," pungkasnya.

Itu tadi tips memilih complexion yang benar. Kamu bisa pertimbangkan untuk membeli YSL All Hours Foundation yang baru hadir di Indonesia dengan 15 shade yang sesuai dengan kulit orang Asia, lho!

Baca Juga: 9 Brand Makeup Buatan Seleb, dari Riasan Mata sampai Complexion

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya