Comscore Tracker

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!

#IDNTimesLife Pilih yang teksturnya ringan dan water based

Menemukan sunscreen yang tepat dan nyaman bagi kulit berminyak memang gak mudah. Sebab, ada saja masalah yang harus dialami ketika menggunakan sunscreen, seperti kulit menjadi kusam, semakin berminyak dan tampak mengilap, hingga terasa kurang nyaman ketika digunakan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Meski begitu, pemakaian sunscreen ini wajib digunakan dalam keadaan dan jenis apa pun. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak simak langsung ulasan mengenai informasi tips memilih sunscreen yang tepat berikut ini.

1. Gunakan sunscreen yang berbahan dasar air dan bebas minyak

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!freepik.com/javiindy

Sunscreen yang memiliki bahan dasar air (water based) dan bebas minyak (oil free) dinilai lebih baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Ini karena sunscreen tersebut dipercaya lebih mudah meresap ke dalam kulit tanpa membuat kulit terasa semakin berminyak. 

Selain itu, untuk pemilihan sunscreen lainnya disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan tekstur gel atau lotion dibandingkan dengan sunscreen yang bertekstur krim.

2. Pilih sunscreen yang berlabel non-comedogenic

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!Unsplash.com/Kalos Skincare

Jika suatu produk memberikan label non-comdeogenic, itu artinya produk tersebut mengandung bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit penyebab munculnya komedo. Maka dari itu, penting bagi pemilik kulit berminyak untuk menggunakan produk berlabel non-comedogenic untuk agar lebih aman dan tidak menimbulkan masalah kulit yang lain.

3. Kamu juga memilih sunscreen dengan label broad spectrum

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!Unsplash.com/Melissa Walker Horn

Selain berlabel non-comedogenic, kamu juga bisa memilih produk sunscreen yang memiliki label broad spectrum di kemasannya. Sebab, broad spectrum sendiri merupakan istilah yang menunjukkan bahwa produk sunscreen tersebut memiliki proteksi maksimal terhadap sinar UVA dan UVB.

Sehingga, penggunaan sunscreen berlabel broad spectrum ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan melindunginya dari berbagai masalah kulit akibat sinar UV.

Baca Juga: 7 Produk Physical Sunscreen, Ramah untuk Wajah Berminyak!

4. Gunakan sunscreen dengan formula yang memberikan finishing matte

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!Unsplash.com/Marcus Löfvenberg

Sunscreen yang memiliki formula dengan finishing matte terbilang sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak. Sebab, suncreen jenis ini bermanfaat untuk membantu mencegah tampilan pada kulit berminyak menjadi tampak mengilap.

5. Hindari sunscreen dengan kandungan yang bersifat iritatif

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Keliru!unsplash.com/BATCH by Wisconsin Hemp Scientific

Terdapat beberapa kandungan dalam produk sunscreen yang pada dasarnya bersifat iritatif dan dapat menjadi pemicu munculnya beragam masalah kulit. Beberapa di antaranya, seperti benzophenones, fragrance, etyl alcohol, SD alcohol, denat alcohol, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, untuk kulit berminyak sendiri pada dasarnya masih boleh menggunakan produk yang mengandung fragrance dan alkohol selama dalam dosis rendah dan aman untuk digunakan.

Itu dia beberapa tips memilih suncreen bagi kulit berminyak yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai salah pilih agar tidak menimbulkan masalah kulit lain yang lebih berbahaya, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunscreen dalam Bentuk Gel yang Ringan, SPF sampai 50!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya