Comscore Tracker

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!

Jangan gunakan pengering rambut

Tidak seperti rambut lurus, rambut keriting cenderung lebih kering dan mudah pecah sehingga dapat terlihat sangat berantakan. Sayangnya, beberapa orang yang memiliki rambut ini lebih memilih meluruskan rambut agar mudah diatur dan tidak terlihat kusut.

Padahal, jika dirawat dengan tepat, rambut keriting bisa kok terlihat bagus dan mudah diatur. Lalu, bagaimana cara merawat rambut keriting yang benar dan baik? Berikut ini tipsnya!

1. Hindari penggunaan air panas untuk mencuci rambut

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!freepik.com/torwalphoto

Mencuci rambut adalah kegiatan wajib untuk membersihkan rambut beserta kulit kepala dari kotoran setelah menjalani aktivitas seharian. Perlu diketahui bahwa rambut keriting memiliki perawatan yang berbeda. Salah satunya, tak boleh terkena air yang terlalu panas.

Bila terkena panas, rambut keriting justru bisa menjadi kusut dan berantakan. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan air yang hangat atau bahkan dingin untuk mencuci rambut.

2. Cuci rambut tidak boleh dilakukan lebih dari dua kali dalam seminggu

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!Pixabay.com/socialbutterflymmg-5413276

Beberapa orang beranggapan, untuk mengurangi kekeringan pada rambut keriting, adalah dengan sering mencuci rambut. Padahal, pernyataan itu jelas salah.

Terlalu sering mencuci rambut justru dapat membuat kulit kepala rusak. Ini karena akan berkurangnya nutrisi dari minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar kulit kepala.

Jika ingin mencuci rambut, kamu bisa melakukannya dua kali dalam seminggu dan jangan berlebihan! Selain itu, jika ingin menggunakan sampo, usahakan pilih produk yang khusus untuk rambut keriting!

3. Gunakan kondisioner untuk membuat rambut tetap lembap

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!freepik.com/freepik

Cuaca yang terlalu panas dan lembap, ternyata adalah faktor yang merusak rambut keriting. Kamu perlu menjaga kelembapannya dengan krim pelembap atau kondisioner ketika keluar rumah atau bepergian. Bila perlu, gunakan topi atau syal untuk melindungi rambutmu dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi!

Baca Juga: 12 Style Rambut Dannia Salsabila, Cocok buat Penggemar Rambut Panjang

4. Jangan gunakan alat pengering rambut!

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!Pexels.com/gratisography

Dalam merawat rambut keriting, sebaiknya kamu menghindari penggunaan alat pengering rambut. Hal tersebut justru dapat mematikan nutrisi rambut dan membuatnya menjadi semakin kering dan rusak. Namun, bila kamu terpaksa harus mengeringkan rambut dengan cepat, cobalah gunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dan pasang pada suhu terendah.

5. Gunakan sisir bergigi lebar untuk merapikan rambut

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!pixabay.com/PublicDomainPictures

Untuk merapikan rambut, kamu bisa menggunakan sisir bergigi lebar atau cukup dengan jari saja. Sebab, menggunakan sisir bergigi rapat atau halus justru dapat membuat rambut menjadi kusut dan rusak.

6. Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dan sulfat

6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!pinterest.com/paisleyandsparrow.com

Dalam merawat rambut keriting, kamu perlu memastikan produk perawatan yang digunakan tidak mengandung alkohol atau zat lain yang dapat merusak rambut, seperti sodium lauryl sulfate. Sebab, kandungan zat-zat tersebut justru dapat merusak rambut dan menjadikannya kering.

Itu dia beberapa tips merawat rambut keriting agar jadi lebih sehat dan mudah diatur. Mudah banget, kan? Jadi, jangan lupa dipraktikkan, ya!

Baca Juga: Potong Rambut Sendiri, 10 Pilihan Gaya Rambut Ariel NOAH Jadi Tren  

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya