Comscore Tracker

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!

Penting banget nih

Mencuci muka merupakan salah satu tahapan perawatan kulit yang tak boleh dilupakan. "Wajah yang sehat adalah wajah yang bersih terbebas dari sisa makeupkotoran, dan minyak." Ujar dr. Eddy Karta SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dalam acara jumpa pers Inovasi Micro Dense Foam Senka di The Maj Senayan, Jakarta (18/2).

Dalam mencuci muka pun ada caranya lho, salah-salah bukannya merawat malah merusak. Nah, di bawah ini beberapa tips mencuci muka dari dr. Eddy agar kulit tetap sehat!

1. Pastikan tidak bergerak di satu titik terlalu lama

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!Dr. Eddy Karta, SpKK sama jumpa pers inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Memberi tekanan berlebih pada satu daerah akan membuat kulit tergesek lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan lapisan kulit yang tergerus sehingga kering dan iritasi. Usahakan ketika mencuci muka usap muka secara merata ya dan ingat jangan digosok, cukup pijat lembut!

2. Hindari menekan komedo

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!Sesi talkshow Inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Komedo merupakan minyak yang terperangkap di dalam kulit. Ketika mencuci muka, perhatikan daerah wajah yang memiliki komedo. Jika ditekan terlalu keras bisa-bisa komedo yang seharusnya keluar malah masuk kembali dan menghambat pori-pori.

3. Gunakan gerakan memutar keatas

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!(Kanan) Yuki Kato saat membuat Foam Senka Perfect Whip. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Gerakan saat mencuci muka pun penting lho. Hayo siapa yang masih mencuci muka dengan cara menggosoknya? Ternyata hal itu tidak dianjurkan lho. Cukup pijat lembut untuk mengaplikasikan pembersih wajah. Gerakan memutar ke atas pun sangat dianjurkan agar kulit tertarik secara lembut dan tidak kendur.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeri

4. Untuk membersihkan area mata gunakan jari manis

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!Dr. Eddy Karta SpKK dan MC saat Jupa Pers Inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Area mata memiliki lapisan kulit paling tipis sehingga saat membersihkannya harus lembut dan perlahan.  Gunakan jari manis saat membersihkan area mata, karena jari manis memiliki kekuatan yang cukup stabil dan paling lemah. 

Ketika membersihkan mata dengan cara menarik maka lapisan bawah mata akan tertarik sehingga dapat menyebabkan kendur, itu bisa menyebabkan kantung mata. Gak mau kan?

5. Perhatikan komposisi jika kamu suka ganti-ganti produk

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!Dok. Senka

Menurut dr. Eddy Karta, SpKK sah-sah saja jika kita kerap mengganti produk pembersih muka. Namun, yang harus diperhatikan adalah kompisisi dari pencuci muka yang digunakan apakah cocok atau tidak dengan rangkaian pembersih atau skincare yang kamu pakai.

"Misalkan dia menggunakan pembersih BHA terus setelahnya dia pakai makser mengandung iritan yang lain (seperi) clay, asam,  dia gak tahu itu bikin semakin kering dan iritasi. So, kalau mau gonta-ganti ya harus di teliti dulu biar kandungannya ga kontradik" Ujar dr Eddy Karta,SpKK.

Nah itu dia tips mencuci muka dari dr Eddy Karta SpKK, jangan salah dan asal-asalan lagi ya! Semoga membantu!

Baca Juga: Cewek Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencuci Wajah agar Lebih Bersih

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya