Comscore Tracker

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!

Tak hanya fashionable, tapi juga ramah lingkungan!

Muslim Fashion Festival akan kembali digelar. Momen ini bersamaan dengan usaha Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia pada tahun 2020 ini. MUFFEST tahun ini akan dilaksanakan pada 20-23 Februari 2020 di Jakarta Convention Center.

Kira-kira apa saja ya yang akan ada di MUFFEST 2020 nanti?

1. Mengusung konsep sustainable

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!Ali Charisma (National Chairman IFC) pada Press Conference MUFFEST 2020. 27 Januari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Pada tahun ini, MUFFEST mengajak partisipannya untuk mengusung produk daur ulang. Konsep produk yang upcycling, redesign, dan zero waste akan menjadi fokusnya. Hal ini dikarenakan fashion dianggap sebagai penyumbang sampah terbesar. 

"Menurut saya, kontribusi fashion terhadap pencemaran lingkungan itu besar. Fast fashion yang tidak memperhatikan kualitas, yang nantinya hanya sekali dua kali dipakai habis itu dibuang dan menjadi sampah," ujar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber pada Senin (27/1) lalu.

2. Tak hanya desainer ternama, desainer muda juga ikut ambil peran

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!Para model saat mini fashion show MUFFEST 2020. 27 Januari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

MUFFEST 2020 menjadi ajang bertemunya para desainer busana muslim Indonesia. MUFFEST tak hanya panggung bagi para desainer ternama, namun juga bagi para desainer muda berbakat yang baru terjun di industri fashion.

Tahun ini, desainer yang akan menampilkan karyanya antara lain Ria Miranda, NuNiek Mawardi, Monika Jufry, Barli Asmara, Ivan Gunawan, Raegitazoro, Deden Siswanto, dan masih banyak lagi.

3. Dimeriahkan oleh fashion influencer asal New York, Summer Albarcha

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!Sesi talkshow dengan para pendukung MUFFEST 2020. 27 Januari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Tak hanya fashion show saja, tahun ini MUFFEST menggelar juga talkshow, seminar, dan pameran retail. Untuk talkshow, MUFFEST 2020 mengundang Summer Albarcha, seorang muslim fashion influencer asal New York.

Selain itu, beberapa fashion influencer asal Indonesia juga turut diajak serta.

4. Menjadi ajang kompetisi desainer muda

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!Sesi foto model dan beberapa desainer MUFFEST 2020. 27 Januari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Salah satu program dalam MUFFEST 2020 adalah Modest Young Designer Competition (MYDC). Kompetisi ini dilaksanakan guna menjaring talenta muda di bidang fashion muslim.

Pada MUFFEST 2020 nanti, 15 finalis dari MYDC akan menampilkan karyanya untuk kemudian ditentukan pemenang MYDC 2020. 

5. Ada kompetisi untuk hijabers juga!

MUFFEST 2020: Sustainable Fashion Jadi Highlight Tahun Ini!Pemberian merchandise pada para pendukung MUFFEST 2020. 27 Januari 2020.IDNTimes/Nadin Azani

Tak hanya kompetisi untuk para desainer, ada juga kompetisi untuk para perempuan muslim lho! Pertama, ajang Wardah Next Face MUFFEST 2020 menjadi kompetisi untuk para perempuan muda muslim yang inspiratif.

Kedua, Wardah Make Up & Hijab Do Competition 2020. Kompetisi ini akan mengapresiasi para makeup enthusiast dan hijab stylist.

Nah, itu dia bocoran dari MUFFEST 2020 yang akan segera diadakan pada akhir bulan Februari esok. Apa kamu sudah siap untuk jadi bagian MUFFEST 2020? 

Topic:

  • Nadin Azani
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya