Comscore Tracker

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Stres

Kamu mungkin nggak menyadarinya

Banyak orang memiliki masalah rambut, tetapi jika shampo, kondisioner, dan serum rambut kamu menjanjikan rambut tebal dan indah tidak berfungsi, masalah rambut kamu mungkin akan lebih dalam dari yang kamu kira.

Sementara masalah rambut dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari dan tidur dengan rambut basah bisa dengan mudah dikenali dan dicegah, sedangkan faktor internal jauh lebih sulit untuk diidentifikasi. Stres adalah penyebab intrinsik umum di balik rambut rusak kamu. Berikut adalah lima cara stres yang dapat merusak keindahan rambut kamu tanpa kamu sadari.

1. Rambut rontok

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Stresabcnews.go.com

Stres menginduksi penyempitan pembuluh darah, sehingga lebih banyak darah yang diarahkan ke oragan pusat. Vitamin dan nutrisi juga akan diarahkan ke jantung, paru-paru dan otak kamu daripada ke rambut kamu. Tanpa nutrisi yang dibutuhkan, rambut kamu akan lebih mudah rontok dan kerontokan rambut ini akan terjadi di seluruh kulit kepala kamu.

2. Beruban

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Stresbbc.com

Biasanya rambut berubah menjadi abu-abu karena faktor usia, tapi stres dapat mempercepat timbulnya uban. Ini terjadi karena hormon stres dapat berkontribusi terhadap penuaan dini karena kurangnya pigmen pada folikel rambut kamu, yang menyebabkan rambut kamu kehilangan warna lebih cepat.

3. Ketombe

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Stresquora.com

Stres mungkin bukan penyebab langsung ketombe, tapi melemahkan pertahan alami tubuh kamu terhadap mikroba yang ada secara alami di kulit kepala kamu. Ini akan menyebabkan kekeringan, kerapuhan dan gatal pada kulit kepala kamu.

Baca Juga: Di 7 Bagian Tubuh Inilah Stresmu Tertimbun, Akhirnya Sakit dan Pegal!

4. Berminyak

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Stresitsa10haircare.com

Peningkatan hormon stres akan menyebabkan kelenjar di kulit kepala kamu menjadi terlalu panas, sehingga kelenjar pada rambut akan lebih banyak mengeluarkan minyak untuk melumasi rambut kamu dan ini bisa menyebabkan penumpukan minyak. Hal ini akan menyebabkan akar rambut kamu menjadi berminyak.

5. Rambut jadi tidak teratur dan mudah patah

5 Masalah Rambut yang Mengintai Kalau Kamu Gampang Strespexels.com

Stres biasanya memicu pengerukan rambut atau menggaruk kulit kepala yang bisa menimbulkan kerusakan pada rambut yang berulang dan berlebihan. Kebiasaan buruk ini akan merusak rambut kamu dan mengurangi kualitas rambut kamu secara keseluruhan. Bahkan tindakan sederhana seperti memutar rambut kamu bisa menyebabkan rambut kamu patah.

Baca Juga: Di 7 Bagian Tubuh Inilah Stresmu Tertimbun, Akhirnya Sakit dan Pegal!

nathan adiel Photo Verified Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya