Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampang

Mudah didapat, harganya pun murah

Kulit yang bersih dan cerah tentu jadi dambaan setiap orang. Terlepas dari laki-laki atau perempuan, kulit jadi salah satu aset utama agar penampilan selalu menarik. Gak cuma kulit wajah saja yang perlu dirawat, tetapi juga kulit leher.

Kuit leher yang menghitam kerap mengganggu kepercayaan diri. Hal tersebut bisa disebabkan beberapa hal, seperti polusi udara, sel kulit mati, paparan sinar matahari, dan penggunakan bahan kimia berlebihan.

Nah, biar kulit lehermu bisa kembali cerah dan bersih, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini. Gak perlu lagi deh pergi ke klinik kecantikan yang mahal itu.

1. Cuka apel  

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampanghealthline.com

Dilansir NDTV Food, cuka apel cenderung dapat menyeimbangkan tingkat pH pada kulit. Tak hanya itu, asam malat di dalamnya juga bisa jadi faktor utama kulit lehermu cerah kembali, lho.

Cara menggunakannya pun cukup mudah: campurkan dua sendok makan cuka apel dan air secukupnya. Kemudian, oleskan secara merata ke area leher dengan kapas. Diamkan selama 15 menit hingga mengering dan meresap. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Lakukan cara tersebut setidaknya dua hari sekali. Kenapa gak setiap hari? Sebab, cuka apel dapat membuat kulitmu kering sehingga butuh jeda yang cukup.

2. Lidah buaya  

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampangamericanschoolofnaturalhealth.com

Lidah buaya gak cuma bisa menyehatkan dan membuat rambutmu bersinar, tetapi juga mencerahkan kulit leher. Tanaman ini mengandung senyawa bernama aloesin yang berguna untuk menghambat aktivitas pigmentasi pada kulit.

Kalau pengin menggunakan lidah buaya untuk kulit lehermu, caranya tinggal potong lidah buaya, lalu keluarkan gelnya. Gosok perlahan ke area kulit lehermu selama beberapa menit. Jika sudah, biarkan mengering dan bilas hingga bersih. Kamu bisa melakukannya setiap hari demi hasil yang memuaskan.

Baca Juga: Toner hingga Krim, 7 Rekomendasi Skincare Berbahan Centella Asiatica

3. Air perasan kentang  

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampangthecookful.com

Siapa bilang kentang hanya bisa diolah jadi makanan lezat? Sayuran berwarna kuning kecokelatan ini bisa jadi penyelamat kulit lehermu yang menghitam, lho. Dilansir StyleCraze, kentang memiliki sifat pemutih yang bisa menghilangkan bercak gelap pada kulit.

Parut terlebih dahulu kentang hingga habis, lalu peras perlahan hingga kandungan airnya keluar. Oleskan air perasan kentang tersebut ke lehermu secara merata. Diamkan selama 15-20 menit hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Kamu bisa melakukan cara ini hingga dua kali sehari, lho.

4. Campuran minyak zaitun dan lemon  

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampangsparkpeople.com

Minyak zaitun yang terkenal baik untuk tubuh nyatanya juga membawa dampak baik buat kulit. Dicampur dengan air lemon, kedua bahan alami ini bisa jadi pemutih alami dan juga mengecilkan pori-pori sehingga kulitmu jadi lebih lembap dan halus.

Nah, caranya sangat mudah. Peras lemon terlebih dahulu, lalu campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk sampai merata, lalu oleskan pada area leher hingga menyeluruh sebelum tidur, tak perlu terlalu tebal. Biarkan selama semalaman dan bersihkan saat pagi harinya.

5. Bubuk kunyit  

5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampangunsplash.com/prachipalwe

Bubuk kunyit dipercaya dapat mencerahkan kulit dengan baik. Tak hanya itu, senyawa antioksidannya bisa mengencangkan pori-pori dan membantu mengurangi pigmentasi sehingga kulit jadi lebih bercahaya.

Cukup campurkan dua sendok makan bubuk kunyit, air lemon, dan air secukupnya. Aduk seluruh bahan tersebut hingga larut merata. Oleskan dengan kapas ke seluruh area leher dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat agar tak ada noda yang tertinggal.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membebaskan kulit lehermu dari noda kehitaman. Perlu diingat, semua itu bakal terwujud jika kamu melakukannya secara rutin, lho. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 9 Skincare Berbahan Madu yang Kaya Manfaat, Tertarik untuk Mencoba?

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya