Comscore Tracker

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup 

Dari jerawat sampai kulit keriput

Saat ini makeup bagi kaum wanita mungkin merupakan kebutuhan utama. Gak percaya diri rasanya kalau melakukan aktivitas sehari-hari dengan wajah tanpa makeup. Dengan mengaplikasikan segala jenis makeup pada wajah dari foundation hingga blush on, make up memenuhi keinginan wanita untuk tampil cantik dan fresh.

Selain senang berias wajah, seharusnya senang juga untuk membersihkan makeup yang diaplikasikan seharian sebelum tidur untuk menjaga kesehatan kulit. Hati-hati loh tujuh masalah kulit ini bisa muncul kalau melewatkan tahap pembersihan makeup karena malas. Simak ulasannya ya biar kamu sadar pentingnya hal ini.

1. Munculnya jerawat

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup everyhealth.com

Saat proses pembersihan makeup terlewatkan, jangan heran kalau wajah mendadak berjerawat. Gimana nggak, foundation, powder, dan lainnya yang menempel pada wajah seharian bercampur dengan debu dan bakteri. Dari yang tadinya cuma satu atau dua jerawat, kalau malas terus-terusan bisa bikin seluruh wajah penuh dengan jerawat loh.

2. Penumpukan komedo sebab pori-pori membesar

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup stylecaster.com

Selain jerawat, karena bercampurnya makeup dan debu ini menyebabkan bagiannya hidung atau area pipi yang biasanya mengeluarkan keringat dan minyak tertutup, sehingga dengan sendirinya permukaan pori-pori wajah menjadi besar. Pembesaran pori-pori ini yang menimbulkan komedo atau bintik-bintik hitam yang menumpuk. 

3. Infeksi pada area mata

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup allaboutvision.com

Pengaplikasian eye shadow, maskara, atau eye liner pada area mata memang menyenangkan. Tapi kalau dari itu semua malas menghapus dan membersihkannya, malah bikin infeksi loh. Saat tidur, tanpa sadar kita mungkin mengucek mata sebab gatal dari sisa makeup, awalnya iritasi hingga akhirnya infeksi.

Gak cuma itu, penggunaan maskara, terutama yang waterpoof tanpa pembersihan itu malah bikin bulu mata jadi rontok. Duh, jangan sampai deh.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kosmetik Bibir Lokal Terbaru yang Nyaman & Awet

4. Bibir kering dan rusak

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup bouyhealth.com

Kondisi tidur dengan bibir yang masih berwarna alias pakai lipstik itu sangat gak sehat loh. Bisa bikin kulit bibir jadi kering, apalagi kalau yang dipakai adalah lipstik yang pigmented. Wah, bisa-bisa sampai mengelupas bibirnya. Selain itu, kalau sisa lipstik tidak dibersihkan juga menyebabkan bibir jadi hitam, karena kandungan yang ada di lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir. 

5. Pergantian sel kulit baru terhambat

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup unsplash.com/@brucemars

Malam hari saat kita tidur adalah waktunya sel-sel kulit bagian wajah atau tubuh untuk beregenerasi. Tapi apa jadinya kalau masih banyak menempel make up di wajah? Proses pengangkatan sel kulit mati serta pergantian sel kulit baru akan terhambat karena wajah masih penuh dengan bahan-bahan kimia. Sayang kan, kalau pergantian sel kulit ini tidak dimanfaatkan dengan baik. 

6. Kulit kusam saat bare face

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup stylecaster.com

Kulit wajah yang sehat akan terlihat saat tidak diberi aplikasi makeup sedikitpun tapi tetap terlihat cerah dan segar. Nah kalau yang gak sehat itu ya sebaliknya, wajah terlihat kusam tanpa makeup. Salah satu yang bikin wajah kusam adalah melewatkan proses pembersihan makeup. Seperti yang dijelaskan di atas, kalau proses pergantian kulit bisa terhambat, nah menyebabkan kulit jadi kusam.

7. Penuaan dini

Jangan Malas, 7 Masalah Kulit Hadir Saat Tidak Membersihkan Makeup stylecaster.com

Paparan sinar matahari langsung, polusi udara, dan merokok adalah faktor utama yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit. Sebab polusi udara debu yang menempel di wajah bergabung dengan makeup ini lah yang memicunya lebih cepat. Umur kulit bisa jadi lebih tua daripada umur kita sendiri loh. Serem banget kalo kita keriput di usia muda.

Nah, dari ketujuh masalah kulit itu, gak mau kan kamu mengalaminya? Yuk, mulai sekarang jangan malas untuk membersihkan sisa-sisa make up. Cuma butuh 15 menit untuk keseluruhan tahap pembersihan, dan itu bermanfaat buat kesehatan kulit kamu.

Baca Juga: 6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh!

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya