Comscore Tracker

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagi

Siapapun berhak merasakannya!

Menjadi seorang ibu baru tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi seorang wanita. Sakit dan sulitnya mengandung hingga melahirkan seolah terhapus dengan keberadaan si kecil yang sudah ada di pelukan. Meski tetap harus berjuang mengasuh dan merawat hingga tumbuh dewasa, namun tak tak pernah ada kata menyerah untuk melakukannya.

Meski begitu, menjadi ibu baru bukan berarti tak boleh ada celah untuk merasa lelah. Bahkan seorang ibu baru pun tetap boleh melakukan berbagai kegiatan yang membuatnya senang dan bahagia. Tentu saja ini memberikan ruang baginya agar tetap bisa sehat baik secara fisik maupun mentalnya. 

Tak jarang seorang ibu baru dituntut untuk selalu punya stamina yang prima. Dituntut pula untuk bisa mengelola emosi yang ada. Sehingga tak mempengaruhi perkembangan si kecil. Tapi nyatanya tetap ada 5 hal yang wajar dilakukan ibu baru & tak ptak perlu merasa malu.

1. Meminta bantuan orang lain

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagimom365.com

Kamu memang ingin mengurus sendiri segala kebutuhan buah hatimu. Dari ia bangun tidur sampai ia tertidur kembali. Beberapa ibu baru bahkan rela tidak menyewa jasa nanny untuk membantunya mengurus sang buah hati. Bukan karena tak mampu, tapi karena lebih ingin memiliki waktu lebih banyak bersama anak.

Namun namanya manusia juga pasti membutuhkan bantuan orang lain. Bahkan seorang ibu baru yang sudah membekali diri berbagai ilmu parenting sejak hamil hingga melahirkan. Tapi tetap saja pada praktiknya mereka juga membutuhkan orang lain untuk membantunya dalam beberapa pekerjaan.

Tak perlu malu jika merasa tak tak tahu akan suatu hal. Tak perlu ragu meminta bantuan. Baik dari keluarga, teman ataupun ahlinya. Kamu memang ingin menjadi ibu yang baik. Tapi bukan berarti kamu menutup diri dari bantuan orang lain. Mereka justru akan meringankan bebanmu di beberapa tugasmu.

2. Merasa lelah & beristirahat

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagiromper.com

Tentu saja seorang ibu baru akan merasa sangat kelelahan. Bagaimana tidak, setelah melalui sakitnya persalinan, mereka pun harus tetap begadang di malam hari untuk mengurus buah hati. Sudah pasti raga pun merasa sangat lelah karena kekurangan waktu untuk beristirahat.

Padahal beristirahat sangat penting untuk menjaga stamina dan mengembalikan mood yang sempat memburuk karena kelelahan. Tak perlu ragu untuk mengaku jika diri sedang lelah. Kamu manusia biasa yang merasakan emosi serta perubahan fisik yang terkadang sulit dibendung.

Jika memang lelah, jangan paksakan diri mengerjakan banyak pekerjaan. Tidurlah saat si kecil sedang tidur. Meski hanya satu jam, asal tidurmu benar-benar lelap, maka staminamu pun akan kembali membaik. Jangan ragu juga minta bantuan orang lain untuk sejenak menggantikanmu, selagi kamu beristirahat.

3. Menggunakan me time di sela mengurus keluarga

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagihttps://www.twiniversity.com/2014/02/me-time-what-to-do-with-mommy-free-time/

Selain beristirahat dengan tidur, sudah pasti kamu merindukan waktu untuk me time bukan? Ya, saat di mana kamu bisa bersantai tanpa diganggu apapun dan siapapun. Tenang saja, ini bukan berarti kamu meninggalkan kewajibanmu sebagai seorang ibu. Kamu tetap bisa dan layak memiliki waktu untuk dirimu sendiri.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti ke salon, merawat tubuh, bahkan sekedar berendam di bak mandi dengan menggunakan aroma terapi yang menenangkan. Ini bukan membuang waktumu. Ini salah satu caramu membuat dirimu bahagia.

Tentu saja, seorang ibu baru harus tetap bisa menjaga kewarasan dirinya. Dengan membuat diri bahagia. Salah satunya yaitu dengan me time. Bicarakan hal ini dengan orang terdekatmu. Minta mereka mendukungmu dan minta bantuan untuk sejenak menemani si kecil selagi kamu me time.

Baca Juga: 4 Tantangan Orangtua Millennials dalam Parenting, Kamu Merasakan Juga?

4. Tidak mendengarkan semua omongan orang lain

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagiliveabout.com

Salah satu yang membuat ibu baru mudah terserang stres adalah mendengarkan berbagai ucapan orang lain di sekitarnya. Baik yang mendukungnya maupun yang jelas mengkritiknya. Tentu saja kita membutuhkan banyak wejangan, tapi bukan berarti kita tidak bisa menolak setiap perkataan yang menyakiti hati.

Sesekali kamu boleh mendengarkan mereka. Mengikuti saran yang kamu yakini kebenarannya. Tapi tentu saja semua akan kembali padamu. Mengikuti kata mereka bukan berarti kamu menyingkirkan kebahagiaanmu sendiri.

Sebab, beberapa kasus telah menunjukkan, selain ucapan orang lain yang menyakiti hati. Tidak adanya dukungan pun membuat seorang ibu baru semakin merasa tidak memiliki siapapun. Sedangkan pada kenyataannya, mereka tetap membutuhkan orang lain untuk sekadar mendukung setiap keputusannya.

5. Mengeluh tapi jangan menyerah

5 Hal yang Wajar Dilakukan Ibu Baru, Tak Perlu Malu Lagimedelabreastfeedingtips.ca

Yang terakhir adalah mengeluh. Jangankan seorang ibu baru yang memiliki banyak tantangan dan ujian. Orang lain yang juga sedang berjuang di jalannya masing-masing pun sudah pasti pernah mengeluh. Bahkan pernah ingin menyerah di tengah jalannya. Namun tidak semua berhasil melakukannya.

Kamu yang kini tengah berjuang menjalani profesi baru sebagai seorang ibu, jangan paksakan dirimu untuk menjadi sempurna. Kamu tetap berhak melakukan salah, kamu pun boleh mengeluh. Tapi satu yang tidak boleh kamu lakukan, yaitu menyerah.

Kamu tetap memiliki orang lain sebagai tempatmu berkeluh kesah. Ada suami, keluarga atau teman-temanmu. Sekalipun kamu tak mendapatkannya dari mereka, kamu boleh meminta bantuan profesional untuk sekadar mendengarkan keluh kesah dan memberikanmu bantuan. Jangan menutup diri, kamu tetap berhak mendapatkan kehidupan yang bahagia meski kini banyak tuntutan yang kamu terima.

Baca Juga: Penting, Ini 6 Ilmu Parenting yang Dibutuhkan Orangtua Millennial

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You