Comscore Tracker

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanita

Perlakukan dirimu secara istimewa lebih dulu

Banyak wanita yang ingin diakui keberadaannya oleh kaum laki-laki. Seolah menuntut apa yang dilakukan pahlawan wanita zaman dulu, di mana kini wanita pun sejajar dengan pria. Layak melakukan apapun dan berpenampilan seperti apapun sesuai kehendak hati. Rasanya emansipasi bukan lagi tentang pahlawan zaman dulu, namun di era yang sudah sangat maju setiap wanita pun menuntut untuk dihargai.

Namun ada kalanya, mereka pun lupa bahwa menghargai diri sendiri sebagai wanita sangatlah penting. Bukan sekedar menuntut dari orang lain, namun dari diri sendiri juga sudah harus mulai diperjuangkan. Setiap wanita tidak hanya berhak menuntut untuk dihargai, tapi juga berkewajiban menghargai diri mereka sendiri. Caranya?

1. Katakan "aku cantik hari ini"

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanitainstagram.com/kdrama.official

Kita mungkin sering mengharap orang lain memuji kecantikan kita, seperti mereka memuji kecantikan orang lain, teman kita misalnya. Tapi apakah kita sudah mengatakan hal yang sama kepada diri kita sendiri? Apakah kita sudah memuji diri kita cantik hari ini? Apakah kita sudah mengakui bahwa karunia Tuhan sangatlah indah, yaitu diri kita sendiri.

Tidak jarang manusia pun menuntut untuk dihargai oleh orang lain. Termasuk tentang penampilan mereka. Tapi kita lupa bahwa kita pun tidak hidup dari pujian mereka. Kita pun akan kesulitan jika terus menerus bergantung kepada mereka untuk memuji kita cantik. Lakukan saja jika kamu mau. Puji dirimu sendiri saat kamu bangun pagi. Berdirilah di depan cermin, dan katakan bahwa kamu cantik dan siap melangkah hari ini.

2. Lakukan apapun yang kamu inginkan

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanitainstagram.com/kdrama.official

Jika kamu menuntut orang lain menghargaimu dan memberikanmu kebebasan melakukan banyak hal, kenapa kamu tidak melakukannya sendiri lebih dulu? Salah satu bentukmu menghargai keberadaan diri sendiri sebagai wanita yang bahagia adalah dengan melakukan apapun yang kamu inginkan.

Tentu saja kamu memiliki mimpi yang ingin kamu gapai. jika kamu merasa tidak percaya diri karena beberapa hal, bukankah itu sudah menutup kemungkinanmu untuk sukses dengan segala mimpi-mimpimu? Orang lain saja tidak melarangmu, kenapa kamu menghambat untuk dirimu sendiri? Jika kamu ingin melakukan, maka lakukan saja. Selagi cara yang kamu lakukan benar dan tidak merugikan orang lain, maka jangan ragu melakukannya. Kamu berhak menggapai impianmu sekalipun kamu membutuhkan banyak usaha.

Baca Juga: Psst, Ini 8 Kebiasaan Wanita Sukses yang Sangat Perlu Kamu Contek

3. Jangan penuhi hatimu dengan rasa iri dan benci

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanitainstagram.com/kdrama.official

Ya, di era yang serba maju seperti saat ini, rasanya hidup kita dipenuhi pula oleh persaingan dengan orang lain. Tidak termasuk bermain secara hati. Memiliki rasa iri terhadap keberhasilan, kesuksesan bahkan kemudahan hidup yang orang lain miliki memang menjadi hal yang sangat wajar terjadi. Tapi jika terus dibiarkan, akan menganggu kita dan semua yang kita miliki.

Hati wanita memang terbuat dengan sangat sensitif. Mudah sekali tersinggung hingga terbawa perasaan. Namun apa jadinya jika kita pun menuruti perasaan buruk itu, hingga membuat kita membenci orang lain. Tentu saja itu akan merugikan kita dari banyak hal. Sulit rasanya bagi kita menghargai apa yang kita miliki, termasuk sulit bagi kita untuk bahagia.

4. Menjaga penampilan itu tetap penting

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanitainstagram.com/kdrama.official

Ya, dari sekian banyak yang harus dihargai dari diri sendiri sebagai seorang wanita. Penampilan mungkin akan diperhatikan lebih dulu. Cantik bukan hanya sekedar tentang kulit putih, wajah tirus, tubuh ideal, dan semua bagian tubuh sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh masyarakat. Tapi lebih dari itu.

Menjaga penampilan bisa dimulai dari menjaga kesehatan. Makan makanan bergizi, melakukan olahraga secara rutin, hingga berusaha untuk bahagia dengan apapun yang kita sukai. Penampilan memang menjadi faktor utama penilaian orang terhadap kita. Tapi tidak penting, jika kita pun tidak menjaga hati kita lebih dulu. Cantikmu akan semakin terpancar saat kamu memiliki hati yang bersih.

5. Jangan biarkan hatimu berlarut dalam luka

Harus Selalu Diingat! 5 Cara Menghargai Diri Sebagai Seorang Wanitainstagram.com/kdrama.official

Salah satu bentuk menghargai diri sendiri sebagai seorang wanita adalah dengan tidak berlarut-larut hidup dalam luka. Manusia wajar mengalami patah hati. Tapi tidak untuk berlarut dan membuat kita sulit untuk bangkit. Sebab bagaimanapun hidup kita akan terus berjalan.

Setiap luka yang muncul tidak akan bertahan dan merusak jiwa saat kita pun memiliki niat dan kemauan yang besar untuk bangkit. Tenang saja, move on dari luka bukan tentang memiliki pengganti dari kisah masa lalu. Tapi lebih pada rasa bahagia yang kita miliki meski sulit untuk dijalani.

Baca Juga: Bukan Make Up, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Wanita Terlihat Menawan

Nelsi Photo Community Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You