Comscore Tracker

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!

Jangan asal jemur bra, ya!

Bra merupakan pakaian yang dipakai oleh perempuan untuk melindungi dan menopang payudara saat beraktivitas. Selain memilih jenis bra yang sesuai denganmu, ada hal yang gak kalah penting juga, lho!

Cara merawat bra menjadi satu hal yang gak boleh kamu anggap sepele, nih. Asalkan kamu tahu cara merawatnya dengan baik dan benar mereka akan awet. Nah, kamu wajib tahu tujuh cara merawat bra agar tetap tahan lama, berikut ini.

1. Sebaiknya cuci bra menggunakan tangan

https://www.youtube.com/embed/OiezcyBjKFo

Sangat disarankan agar kamu mencuci bra dengan tangan, ya! Hal ini untuk mencegah kerusakan bra jika sembarangan dicuci dengan mesin cuci. Mencuci bra menggunakan tangan juga gak menghabiskan waktu banyak, kok! Pertama pisahkan bra dengan warna berbeda, setelah itu cukup rendam bra dengan air yang sudah ditambahkan detergen selama 10- 15 menit. Lalu bersihkan bra secara perlahan menggunakan  tangan, kemudian bilas menggunakan air mengalir agar noda dan kotoran hilang.

2. Hindari pemakaian bra yang sama setiap hari

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!pexels.com/Sora Shimazaki

Untuk membuat bra mu awet dan tahan lama, hindarilah memakai satu bra yang sama setiap harinya. Satu bra yang terus dipakai setelah dicuci akan membuat bra cepat rusak dan talinya melonggar.

Sebaiknya gantilah bra dalam sehari jika saat itu keringatmu memang sedang berlebih atau paling lambat ganti bra setelah 2-3 hari pemakaian, hal ini juga tentunya untuk menjaga kesehatanmu. Maka dari itu minimal miliki 5 hingga 7 bra agar kamu dapat memakainya secara bergilir.

3. Tips mencuci bra dengan mesin cuci agar tak mudah rusak

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!m.id.aliexpress.com

Bagi kamu yang sangat sibuk, sehingga harus memakai mesin cuci untuk membersihkan bra juga bisa dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, nih. Pertama, gunakan mode gentle atau mode yang paling lembut untuk mencuci bra. Hal ini dilakukan karena bra dibuat dengan bahan yang sangat lembut, berbeda dengan jenis pakaian lainnya. 

Selain itu, gunakanlah laundry ball (kantong seperti bola) atau laundry net (kantong jaring) untuk melindungi bra sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, caranya kamu tinggal memasukkan bra ke dalam kantung tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Bra

4. Gunakan deterjen tanpa kandungan pemutih dan alkohol

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!dontmesswithmama.com

Selain cara mencuci bra yang benar, kamu juga perlu memerhatikan penggunaan detergen, lho! Sebaiknya pilih detergen tanpa kandungan pemutih dan alkohol. Sebab bahan pembersih seperti pemutih dan alkohol dapat merusak elastisitas bra sehingga membuat bra cepat sobek dan kendur. Pilihlah detergen dengan bahan yang lembut agar bra mu tetap awet.

5. Jangan menggantung tali bra di gantungan baju saat menjemur

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!Ilustrasi BH. Pexels.com/Artem Bali

Nah, cara yang satu ini gak jarang dilakukan para perempuan untuk menjemur bra setelah dicuci. Cara menjemur bra dengan menggantung talinya di gantungan baju alias hanger ini sebenarnya kurang tepat, lho! Cara tersebut malah dapat membuat tali bra mu cepat longgar. 
Cara efektif menjemur bra agar tetap awet adalah dengan menggantung bra pada bagian tengahnya saja. Selain itu jemur bra di area yang teduh dan jangan langsung terkena sinar matahari, ya!

6. Hindari menyimpan bra dengan melipat cup bra ke bagian dalam

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!pexels.com/Castorly Stock

Cara menyimpan bra juga menjadi faktor lain penyebab bra tetap awet atau tidak. Siapa nih yang sering menyimpan bra dengan melipat cup bra ke bagian dalam? Ternyata cara itu dapat merusak bentuk dari bra itu sendiri, lho! Tekstur busa pada cup bra pun tidak akan bagus lagi jika disimpan dengan cara seperti itu.

Sebaiknya kamu menyimpan bra dalam rak khusus, kamu cukup melipat talinya saja sedangkan untuk cup bra dibiarkan sejajar. Selain itu, dalam kondisi bra yang kering, kamu juga boleh menggantung bra menggunakan hanger. 

7. Bra tidak perlu disetrika

7 Cara Merawat Bra Agar Tetap Awet, Cuci dengan Tangan Ya!laundryhome.in

Selanjutnya, untuk menjaga tekstur bra agar tetap awet adalah dengan tidak menyetrika bra. Apakah di antara kamu ada yang sering melakukannya? Jika iya, lebih baik hentikan dari sekarang. Panas dari setrika itu dapat membuat tekstur atau karet bra menjadi longgar. Ingat, cukup keringkan bra dengan cara alami saja tanpa perlu di setrika lagi, ya!

Akhirnya, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara merawat bra agar tetap awet dan tahan lama. Selain jadi lebih menghemat pengeluaranmu, kesehatan payudaramu juga akan terjaga, sehingga secara tidak langsung kamu pun jadi percaya diri menggunakan bra yang bersih, nyaman dan terawat. Selamat mencoba, ladies!

Baca Juga: Ini Dampak Gak Pakai Bra selama WFH pada Payudaramu, Yakin Mau Lanjut?

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya