Comscore Tracker

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Ini

Jangan sampai jadi korban ya

Jerawat di wajah memang membuat seseorang tidak percaya diri bahkan cenderung tidak nyaman. Berbagai carapun ditempuh agar jerawat segera hilang. Mulai dari cara tradisional hingga modern menjadi pilihan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tak sedikit yang memilih bawang putih sebagai solusinya.

Hal itu dikarenakan, bawang putih merupakan bahan tradisional yang mudah didapatkan. Sejak dahulu, kandungan allicin pada bawang putih memang sudah dipercaya mampu menghilangkan jerawat.

Tapi siapa sangka, jika digunakan secara berlebihan atau pada jenis kulit yang tidak tepat, bawang putih akan membawa kamu ke dalam masalah yang lebih besar. Penasaran? Berikut info selengkapnya!

1. Jerawat semakin banyak

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Inihealthunlocked.com

Alih-alih menghilangkan jerawat di wajah, dengan masker bawang putih jerawatmu malah akan semakin bertambah. Hal itu terjadi karena reaksi kulit yang menolak masuknya zat asing yang terkandung pada bawang putih.

Penyebab lainnya adalah karena adanya gejala gatal pada kulit wajah dan membuatmu spontan ingin menggaruk. Karena spontanitas itulah yang membuat jerawat semakin bertambah. Garukan dari tangan menyebabkan berpindahnya bakteri penyebab jerawat dari satu titik ke titik yang lain.

2. Iritasi

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Inimymilk.com

Iritasi kulit adalah gangguan pada kulit yang terjadi karena adanya kontak langsung dengan benda-benda tertentu. Iritasi karena masker bawang putih terjadi karena sifat panas pada bawang putih.

Pada kondisi ini, sebaiknya kamu tidak melakukan kontak langsung dengan kulit agar kondisi tidak semakin memburuk. Kamu bisa gunakan tisu atau kapas kecantikan untuk menyentuh kulit wajahmu.

3. Peradangan atau dermatitis kontak

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Iniaccess-legal.co.uk

Punya kulit merah merona itu keren ya. Namun, bagaimana jika merah itu disebabkan karena peradangan alias dermatitis kontak? Dermatitis kontak adalah suatu peradangan kulit dimana kulit terasa perih dan memerah.

Hal itu dipicu karena kulit alergi pada zat tertentu, semisal bawang putih. Ciri-cirinya adalah kulit terasa gatal, perih, panas dan memerah.

Oleh karena itu, sebelum mencoba mengapplikasikan bawang putih pada wajah, alangkah lebih baiknya amati dulu tingkat sensitifitas kulitmu.

Baca Juga: 5 Resep Masker DIY dari Bahan Alami yang Ampuh Cerahkan Kulit Wajah

4. Kulit wajah melepuh

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Inimalangvoice.com/anjaarowana

Bawang putih memang sudah terkenal dengan aneka manfaatnya. Namun hal tersebut dibenarkan jika digunakan pada takaran yang tepat atau tidak berlebihan.

Dalam penggunaannya, bawang putih hendaknya hanya dioleskan sebentar saja pada kulit yang berjerawat. Caranya cukup dengan mengiris bawang putih dan oleskan tipis-tipis pada jerawat di wajahmu. Penggunaan lebih dari itu, sudah dipastikan akan menimbulkan reaksi dimana kulit wajah akan terasa panas dan melepuh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa sulfur pada bawang putih.

Bukan hanya melepuh, kulit juga akan berair seketika dan nantinya akan menyisakan bekas lubang yang sulit untuk dihilangkan.

5. Timbul flek hitam

Salah Kaprah, Ternyata Masker Bawang Putih Punya 5 Kerugian Inistylecraze.com

Tidak hanya berhenti sampai peradangan dan kulit melepuh, penggunaan masker bawang putih juga akan meninggalkan flek hitam. Flek hitam terbentuk dari bekas peradangan atau kulit melepuh yang sudah mengering.

Untuk kasus ini, kamu harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar kulit kamu kembali membaik.

Nah, itulah bahaya masker bawang putih yang wajib kamu ketahui. Ngeri juga ya? Maka dari itu, pastikan kamu cukup referensi dalam mencoba sesuatu. Jangan sampai usahamu untuk mempercantik diri berujung dengan penyesalan.

Baca Juga: Ini Lho 8 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya