Comscore Tracker

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!

Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya kelak

Perkembangan zaman seperti saat ini menuntut setiap orang untuk semakin memiliki kemampuan yang terus berkembang pula. Tidak terkecuali bagi para wanita yang cenderung sering dipandang sebelah mata. Sebagai seorang wanita juga seharusnya memiliki pemikiran yang tak kalah intelektual dari pria, karena sejatinya wanita memegang peranan yang sangat penting di setiap perkembangan zaman.

Berikut ini sederet alasan mengapa seorang wanita harus memiliki pendidikan setinggi-tingginya walaupun pada akhirnya tidak semua wanita memilih berkarier. Ada juga yang memilih menjadi seorang ibu rumah tangga.

1. Pendidikan adalah kunci dari perkembangan dan peningkatan kualitas diri

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!pixabay.com/StockSnap

Seorang wanita yang memiliki pendidikan bagus akan turut meningkatkan pola pikir dan kematangan diri. Pemikiran yang matang akan mampu menyaring terhadap setiap informasi yang didapat dengan seksama. Semakin banyak ilmu yang didapat akan mampu meningkatkan kualitas diri dan kecerdasan emosional mereka. Pemikiran yang berkembang akan mampu membentengi diri dari segala pengaruh buruk perkembangan zaman.

2. Wanita akan menjadi ibu yang merupakan ‘sekolah’ pertama bagi anaknya

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!pexels.com/pixabay

Apa jadinya jika seorang ibu mengajarkan sesuatu yang tidak baik pada anaknya? Atau malah membiarkan sang anak berkembang sendiri mengikuti arus perkembangan zaman begitu saja. Wanita yang cerdas akan mampu melahirkan generasi dan membangun landasan yang kuat pula bagi anaknya kelak.

Mereka akan mampu melindungi dan mengajarkan kepada anak dengan sebaik-baiknya. Ibu yang teredukasi dua kali lebih mampu untuk memiliki anak yang berhasil di masa depan. Mereka akan memberikan pemahaman terbaik kepada anaknya, menyaring informasi sebelum mengajarkan kepada anak dan memberikan pengajaran terbaik di rumah.

Baca Juga: 5 Fakta Pendidikan Indonesia Saat di Bawah Penjajahan Kolonial Belanda

3. Tempat bertukar pikiran yang menyenangkan bagi pasangan

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!pexels.com/rawpixel

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berbincang dengan seseorang kita butuh orang yang nyambung jika diajak ngobrol. Tidak terkecuali bagi pasangan, akan sangat menyenangkan jika pasangan kita mampu mengimbangi pembicaraan sekalipun itu random talks. Pastinya bertukar pikiran akan menjadi salah satu hal yang akan terus dilakukan dalam sehari-hari. Apa yang lebih menyenangkan dibanding dengan pasangan yang nyaman dengan kita dalam hal apapun? 

4. Memiliki keluarga kecil yang berkualitas

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!pexels.com/Emma Bauso

Ini bukan berarti bahwa kita tidak boleh memiliki anak yang banyak. Namun, pada dasarnya seorang ibu yang teredukasi akan mampu membina keluarga kecilnya dan memastikan setiap anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sehingga kualitas pendidikan dan perkembangan anaknya juga sangat baik. Seorang wanita yang telah menjadi ibu akan mampu membimbing anak-anaknya dengan sepenuh hati, dan memberikan hanya yang terbaik.

5. Mengurangi kemiskinan dan meningkatkan strata sosial

5 Alasan Wanita Harus Berpendidikan Tinggi, Penampilan Aja Gak Cukup!pixabay.com/Kaboompics

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemiskinan adalah salah satu dampak yang ditimbulkan dari kurangnya tingkat pendidikan. Oleh karenanya, seorang wanita yang memiliki pendidikan baik akan mampu meningkatkan taraf hidup dan starta sosialnya pula. Terbukti dari pasangan yang ia miliki setidaknya memiliki kualitas yang menyerupai kualitas dirinya atau bahkan lebih.

Jadi, jangan ragu untuk punya pendidikan setinggi-tingginya, karena tidak akan pernah rugi orang yang terus belajar di dalam hidupnya.

Baca Juga: 6 Artis Muda yang Membuatmu Sadar Pentingnya Pendidikan 

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You