Comscore Tracker

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurna

Jangan keburu panik pas makeup mulai luntur

Adalah hal yang lumrah jika makeup yang kamu aplikasikan luntur setelah berjam-jam menempel di wajah. Tapi tetap saja, kondisi tersebut pasti jadi momen yang sangat menjengkelkan buat kamu. Apalagi bukan hanya luntur, wajah pun jadi terlihat berminyak. Pokoknya gak banget hingga kamu rasanya ingin buru-buru mengatasinya.

Biar riasan kembali sempurna seperti semula, kamu bisa akali dengan touch up atau retouch makeup. Namun hal ini gak bisa dilakukan sembarangan, lho. Kalau salah langkah, bukannya riasan terlihat bagus tapi malah terlihat berantakan dan super cakey.

Untuk dapat hasil touch up yang memuaskan, tentu ada langkah-langkah yang mesti diperhatikan. Ini dia 9 tips dari Kevin James Bennett, seorang makeup artist dan beauty journalist terkenal yang pernah jadi pemenang Emmy Award.

1. Hapus seluruh makeup di area bibir

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnasazan.me

Iya, kamu gak salah baca kok. Hal awal yang sebaiknya dilakukan saat touch up adalah hapus makeup bibir secara menyeluruh. Membersihkan keseluruhan bibir justru lebih baik daripada cuma memoles lipstik di atas riasan bibir sebelumnya. Kamu bisa manfaatkan lip conditioner atau lip remover untuk menghilangkan noda dengan bantuan tisu berbahan lembut.

2. Gunakan sedikit pelembap atau eye cream sebelum touch up bagian bawah mata

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnastraitstimes.com

Kalau bagian bawah mata terlihat berantakan hingga ganggu penampilan, gunakan sedikit pelembap atau krim mata. Produk ini dapat memudarkan riasan di area tersebut agar kamu bisa aplikasi ulang makeup bagian bawah mata. Bahkan, produk tersebut jauh lebih baik digunakan ketimbang makeup remover karena akan membuat makeup terlihat kacau ketika mau touch up. Pastikan kamu tunggu sampai pelembab atau krim mata meresap sebelum aplikasi ulang makeup.

3. Serap dulu minyak di sekitar mata ketika mau aplikasi ulang eyeshadow maupun eyeliner

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnamakeupandbeauty.com

Saat eyeshadow dan eyeliner mulai luntur, serap dulu minyak di daerah sekitar mata dengan blotting paper atau tisu wajah. Setelah itu, gunakan kuas atau spons untuk meratakan sisa eyeshadow. Barulah kemudian kamu bisa aplikasikan ulang eyeshadow dan eyeliner. Dengan begini, area sekitar mata akan terlihat fresh dan hasil touch up gak cakey serta berantakan.

Baca Juga: Selain Freckles, Ini 7 Tren Makeup yang Diminati Beauty Enthusiast! 

4. Jangan langsung bubuhkan bedak di wajah, gunakan tisu atau blotting paper untuk serap minyak

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnaskincare.com

Langsung bedakan di atas area wajah yang dipenuhi minyak bukanlah solusi tepat. Meski bisa menutup minyak, namun bikin tampilan wajah terlihat cakey. Hilangkan dulu kelebihan kadar minyak dengan tisu wajah atau blotting paper. Untuk hasil touch up yang maksimal, bungkus spons kecantikan dengan tisu wajah lalu tepuk pelan di bagian wajah yang oily agar minyaknya terserap. Hindari gerakan mengusap karena akan menggeser makeup yang sebelumnya menempel di wajah.

5. Ratakan riasan dengan bantuan spons atau kuas makeup

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnamelodyjacob.com

Sampai langkah ini pun kamu belum dianjurkan untuk aplikasikan bedak. Ratakan dulu foundation yang telah menempel di wajah dengan spons atau kuas makeup. Jika memang benar-benar dibutuhkan, sah-sah saja buat kamu tambah sedikit foundation di bagian yang rentan luntur seperti di sekitaran bibir, sudut hidung, atau daerah sekitar mata. Kalau imperfection pada wajah kurang tertutupi, manfaatkan sedikit concealer. Jangan lupa pastikan agar benar-benar terlihat rata.

6. Aplikasikan translucent powder di area wajah, tapi tipis-tipis saja

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnahuffingtonpost.ca

Foundation dan concealer sudah sepenuhnya merata? Sekarang waktunya buat aplikasi bedak di permukaan wajah. Penggunaan translucent powder sangat disarankan karena ringan di kulit wajah dan gak bikin penampilan jadi terlihat menor dan cakey. Perhatikan juga cara meratakan bedak. Sebaiknya kamu touch up bedak dengan bantuan puff atau kuas makeup tapi secara tipis-tipis saja, alias gak terlalu tebal.

7. Pakaikan blush on agar pipi tampak segar merona

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali Sempurnastyleguru.org

Saat makeup sudah melekat berjam-jam, warna blush on juga ikutan memudar. Nah supaya pipimu gak tampak pucat, aplikasikan ulang blush on milikmu biar wajah terlihat segar dan merona. Sama seperti aplikasi foundation, gunakan alat makeup seperti spons atau kuas biar tampilan blush on terlihat rata dan natural di pipi.

8. Kunci kembali riasan wajah dengan setting spray

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali SempurnaShutterstock/Ipag Collection

Manfaatkan kembali penggunaan setting spray pada touch up pertamamu. Hal ini bisa kamu lakukan supaya riasanmu lebih awet hingga kamu pun gak perlu touch up kedua atau ketiga kalinya. Beri jarak yang cukup antara wajah dan setting spray, kemudian semprotkan pada area wajah dengan hati-hati agar gak merusak riasan.

9. Bingkai bibir dengan lip liner dan poles kembali dengan lipstik

9 Tips Touch Up Makeup Biar Riasan yang Luntur Kembali SempurnaiStock/Persians

Pada langkah awal, bibir sudah terlebih dahulu dibersihkan. Sekarang saatnya untuk melembapkan bibir dengan lip balm. Kemudian setelah itu, tutup ritual touch up-mu dengan membingkai bibir pakai lip liner dan jangan lupa memoles seluruh area bibir dengan lipstik. Riasan bibir yang semula luntur pun terlihat berwarna kembali.

Kesembilan tips tadi bisa kamu praktikkan langsung saat riasan mulai luntur. Gak perlu keburu panik, girls. Mendingan kamu gercep ambil beauty pouch berisi makeup buat touch up biar penampilan kembali sempurna.

Baca Juga: Tanpa MUA, 5 Cara Makeup Ini Bikin Tampil Elegan di Hari Pernikahanmu

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya