Comscore Tracker

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlens

Tampil on point tanpa bahayakan kesehatan mata

Bukan hanya untuk bergaya agar bisa tampil on point, softlens juga berguna buat kamu yang punya mata minus. Penggunaan softlens atau lensa kontak dapat bantu penglihatan sekaligus makin menunjang penampilanmu. Memilih buat pakai softlens ketimbang kacamata sah-sah aja kok, girls. Asal kamu tahu cara aman ketika pakai softlens agar gak membahayakan kesehatan mata.

Ini dia tips-tips makeup yang perlu diingat oleh kamu yang sering pakai softlens. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Pakaikan softlens ke mata dari sebelum kamu aplikasi makeup

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai SoftlensiStockphoto/KatarzynaBialasiewicz

Kamu termasuk yang sering pakai softlens tiap hari? Sebelum pakaikan softlens ke bola mata, kamu harus pastikan jemarimu sudah bersih dan terbebas dari bakteri. Pemakaian softlens juga mestinya dilakukan sebelum kamu aplikasi makeup. Softlens yang dipakai setelah merias wajah dikhawatirkan akan bercampur dengan makeup itu sendiri. Akibatnya mata jadi gak nyaman serta bisa sebabkan infeksi. 

2. Hindari pakai eyeliner pada bagian kelopak yang menyentuh langsung area bola mata

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlensmarieclaire.com

Pengguna softlens bebas-bebas saja untuk pakai produk eyeliner agar penampilan makin cantik. Tapi kamu tetap perlu perhatikan bagaimana aplikasi eyeliner supaya gak bahaya bagi mata. Hindari memakai eyeliner di dalam garis bulu mata atau di bagian yang menyentuh bola mata secara langsung. Kalau kamu abaikan hal ini, mata bisa super duper perih jadinya. Buat yang punya bentuk mata monolid (tanpa lipatan), kamu bisa terapkan gaya eyeliner mengambang alias floating eyeliner biar makin aman. 

3. Jangan pakai produk makeup yang oil-based atau berbahan dasar minyak

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlensleaf.tv

Sebaiknya kamu menghindari pemakaian produk oil-based makeup saat pakai softlens. Alasannya adalah karena kandungan oil dari produk makeup bisa sedikit banyak bercampur dengan softlens. Selain faktor kenyamanan jadi berkurang, kamu bisa alami resiko mata perih karena iritasi. Daripada memakai makeup yang berbahan dasar minyak, lebih baik pilih produk berbahan dasar air (water-based)

Baca Juga: 7 Tips Memilih Softlens yang Aman dan Nyaman Bagi Pemula

4. Daripada pakai powder eyeshadow, pilihlah yang punya tekstur krim

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlensindependent.co.uk

Walau eyeshadow tipe powder dan cream sama-sama bisa masuk ke mata secara gak disengaja, setidaknya kemungkinan produk bercampur dengan softlens bisa terminimalisasi kalau kamu pilih eyeshadow dengan tekstur krim. Namun kamu mesti tetap hati-hati ya, girls. Supaya penggunaan softlens jauh lebih aman, kamu bisa gunakan eyeshadow primer sebagai base agar tetap bertahan di suatu bagian tanpa menyebar kemana-mana. 

5. Pastikan produk eyeliner dan maskara yang kamu miliki berkualitas baik

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlensliveabout.com

Jangan asal beli, pakailah produk makeup mata seperti eyeliner dan maskara yang memang dikenal punya kualitas baik. Bayangin deh, kalau produk eye makeup kamu gampang flaking, gumpal, atau bahkan luntur. Pasti bakal merepotkan banget, kan? Bola matamu yang dibalut softlens juga akan jadi taruhannya kalau makeup sampai masuk ke area mata. Nah, ada baiknya kamu perhatikan lagi apakah produk makeup-mu sudah cukup baik dari segi keamanan serta awet ketika dipakai. 

6. Utamakan bedak padat ketimbang loose powder

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlensstylecraze.com

Bedak yang kamu pakai juga mestinya gak luput dari perhatian. Saat kamu pakai softlens, bola mata akan jadi lebih sensitif kalau ada partikel asing yang masuk. Maka dari itu, kamu mesti utamakan penggunaan bedak padat (pressed powder) daripada bedak tabur (loose powder). Hal itu dikarenakan bubuk bedak tabur lebih rentan masuk ke mata dan bikin kelilipan serta perih pada mata. 

7. Lepas softlens dengan hati-hati sebelum bersihkan makeup

Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlenshealth.usnews.com

Setelah seharian beraktivitas, jangan lupa untuk lebih dahulu lepas softlens dari mata sebelum membersihkan riasan dengan makeup remover. Usai melepaskan softlens dengan tangan yang sudah dicuci, usap secara lembut produk makeup remover dari bagian mata. Ganti kapas kalau sudah selesai bersihkan satu bagian. Cek lagi apakah area mata sudah benar-benar bebas dari sisa makeup, baru kemudian lanjutkan ke bagian lain.  

Keinginan untuk tampil cantik dengan softlens sebaiknya dibarengi dengan faktor aman atau tidaknya bagi area mata. Kalau sudah lakukan tips-tips tadi, berarti kamu telah meminimalisasi kemungkinan iritasi pada mata atau resiko lainnya yang lebih berbahaya. Well done, girls!

Baca Juga: 4 Cara Pilih Softlens Berdasarkan Warna Kulit, Awas Salah Pilih

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya