Comscore Tracker

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap Sehat

Coba deh kebiasaan sederhana ini! 

Menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya di musim hujan dapat kamu lakukan dengan menjaga kebiasaan sederhana. Meskipun terhindar dari terik matahari, efek cuaca dapat berdampak pada masalah kulit. Kulit yang lembap rawan terhadap jerawat dan kulit berminyak. Kamu perlu memulainya dengan cara sederhana. 

Kelembapan kulit akibat cuaca dingin perlu kamu lakukan dengan perawatan rutin. Jika kamu bisa berkomitmen untuk menerapkan cara alami ini, maka kulit yang terlihat bercahaya akan memancar di wajahmu. Mau tahu cara alami seperti apa?

1. Rutin membersihkan sel-sel kulit mati

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap Sehatbebeautiful.in

Wajah yang terlihat kusam dan kering disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati pada wajahmu. Secara rutin, bersihkan kulit wajah dari sel-sel kulit mati. Kamu bisa melakukannya setiap seminggu sekali.

Gunakan scrub alami berbahan kopi, teh hijau, soda kue, gula pasir hingga yogurt untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan-bahan ini membantumu mencerahkan kulit. Selain itu, bahan-bahan ini mudah ditemukan di rumah, lho! 

2. Gunakan toner dari bahan alami

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap SehatPexels.com/Breakingpic

Meskipun cuaca sedikit lembap, kulitmu tidak bebas dari polusi dan debu. Kamu perlu menggunakan toner alami agar kulit wajah terlihat lebih sehat. Sisa kotoran dan makeup yang menumpuk bisa dibersihkan dengan toner alami. 

Beberapa bahan seperti teh hijau, air mawar, potongan lemon, hingga mentimun dapat kamu gunakan untuk mencerahkan wajah. Selain itu, bahan alami ini membuat kulitmu terlihat lebih kencang. 

Baca Juga: Kesal Wajah Gampang Terluka? Intip Cara Merawat Kulit Sensitif di Sini

3. Aplikasikan cleansing ala rumahan

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap Sehatnykaa.com

Kamu perlu membersihkan wajahmu setidaknya dua kali sehari. Di musim penghujan, pori-pori wajah harus tetap terbuka dan bernapas. Cleansing berbahan alami bisa kamu pilih untuk menjaga kulit tetap sehat dan natural

Gunakan bahan rumahan seperti cuka sari apel, perasan lemon, gel lidah buaya, hingga madu untuk membantu menutrisi kulit dari dalam. 

4. Oleskan pelembap dari minyak alami

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap SehatPexels.com/Burst

Untuk menghidrasi kulit, kamu perlu sentuhan minyak bernutrisi yang mampu menjaga kekencangan kulitmu. Pelembap alami berbahan minyak dapat memberikan efek glowing pada wajahmu. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Gunakan minyak alami dari bahan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak biji rami untuk melembapkan kulit. Oleskan secara merata dan rutin, ya. 

5. Minumlah air yang cukup

Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap Sehatpro-belle.com

Kamu perlu menjaga tubuhmu tetap normal dengan minum air putih yang cukup. Saat musim hujan, kulitmu tetap butuh asupan cairan yang mengencangkan kulit. Hindari terlalu banyak minum air es saat cuaca dingin. Ini akan berpengaruh pada kesehatan kulitmu. 

Biasakan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal agar kulit sehat dan bugar. Kamu bisa mencukupinya dengan menambah menu buah dan sayuran yang mengandung banyak air. 

Nah, cara alami ini perlu kamu terapkan untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Saat musim penghujan, kulitmu tetap harus terawat kan?  

Baca Juga: 10 Rahasia Kulit Wajah Sehat dan Bebas Jerawat, Simpel Asal Gak Mager

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya