Comscore Tracker

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!

Bikin penampilanmu lebih cetar

Memiliki bulu mata yang tebal dan lentik tentu jadi keinginan banyak wanita. Bulu mata yang tebal dan lentik ini membuat tampilan wajah terlihat lebih maksimal dan outstanding. Kamu pun jadi lebih percaya diri dengan tampilan mata dan wajah yang lebih maksimal bukan?

Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan lentik, bulu mata palsu dan maskara umumnya jadi solusi. Namun, seiring perkembangan tren kecantikan, kini sudah ada cara yang lebih praktis yaitu dengan tanam bulu mata atau dikenal dengan eyelash extension. Nah, penasaran dengan tren kecantikan yang satu ini? Yuk, simak terlebih dahulu penjelasannya!

1. Apa sih itu eyelash extension?

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!makeuponlineschool.com/

Eyelash extension atau teknologi menanam bulu mata sintetik yang dilakukan di salon oleh terapis khusus yang sudah terlatih. Kamu bisa memilih ukuran dan tipe bulu mata yang diinginkan.

Misalnya untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik dan tebal maksimal, kamu akan dipasangkan sekitar 80 - 100 helai bulu mata yang memakan waktu sekitar satu jam. Sementara untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lebih alami, kamu bisa menggunakan setengahnya saja atau sekitar 40 - 50 helai dengan lama waktu pemasangan sekitar 30 menit.

2. Apakah eyelash extension aman?

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!unsplash.com/Elza Shimpf

Saat terapis melakukan pekerjaannya, pastikan kamu sudah tahu betul apa yang akan mereka kerjakan. Industri ini tidak teregulasi jadi sangat bijaksana kalau kamu memilih terapis dari lembaga pelatihan kecantikan yang sudah dipercaya legalitasnya.

Charlie Zygmunt dari The British Association of Beauty Therapy and Cosmetology (BABTAC) menjelaskan “mereka yang sudah ditraining di lembaga terpercaya seperti BABTAC akan melakukan pekerjaannya dengan profesional dan dijamin keamanannya”. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu melakukan riset mandiri terlebih dahulu untuk menentukan salon dan terapis yang akan mengerjakan bulu matamu.

3. Berapa lama eyelash extension akan bertahan?

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!sbeyelash.com/

Eyelash extension dapat bertahan sekitar 8 - 12 minggu jika kamu merawatnya dengan baik. Bulu mata tambahan ini akan secara alami jatuh, jadi kamu akan kehilangan sekitar 12 - 15 bulu mata setiap 2 - 3 minggunya. Terapis kecantikan akan menganjurkan untuk kembali ditambahkan lagi atau retouch, di mana mereka akan memberikan biaya tambahan yang lebih rendah daripada biaya pemasangan di awal. Hal ini berdasarkan berapa lama bulu mata kamu akan benar-benar hilang atau habis.

4. Bagaimana perawatannya?

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!Pexels.com/Nika Akin

Untuk 24 jam pertama setelah melakukan eyelash extension, proses perekatan masih berlangsung. Makanya, kamu sebisa mungkin dilarang menyentuh bulu mata atau membuat bulu matamu basah. Setelah itu, baru kamu diperbolehkan menggunakan mascara secara perlahan dan secukupnya. Nah, apabila kamu ingin menggunakan produk skincare atau makeup di sekitar mata, kamu harus benar-benar berhati-hati dan memilih produk yang bebas minyak.

5. Berapa sih kisaran biaya eyelash extension?

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!rightasrain.uwmedicine.org/

Untuk satu set full tanam bulu mata, kamu dapat memperolehnya dengan harga yang berkisar antara Rp250.000,- hingga Rp2.000.000,-. Hal ini tergantung pada jenis bulu mata, salon dan terapis yang kamu pilih. Mungkin cukup mahal bagi kamu yang tidak menjadikan penampilan sebagai prioritas. Namun, bagi kamu yang menjadikan penampilan sebagai modal bekerja layaknya selebriti misalnya, nominal tersebut tentu terbilang kecil.

Nah, kamu yang ingin menjajal tren kecantikan ini tentu sah-sah saja. Namun, pastikan untuk memastikan eyelash extension yang kamu lakukan itu aman. Jangan sampai keinginan untuk terlihat cantik dengan tanam bulu mata malah jadi musibah. Berikut hal-hal penting yang harus kamu perhatikan:

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membuat Bulu Mata Lentik Alami, Tak Perlu Pakai Extension

6. Lakukan riset mandiri terlebih dahulu 

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!allurebychelsea.com/

Sebelum memutuskan untuk melakukan eyelash extension, pastikan untuk melakukan riset mandiri terlebih dahulu. Pertama, pilihlah salon yang memiliki reputasi baik. Salon artis biasanya sudah berlisensi dan untuk konsultasi biasanya juga gratis. Tanyalah jenis perekatnya dan jika mereka punya banyak jenis bulu mata, pastikan salah satu jenis yang paling cocok dengan tampilan yang kamu inginkan. Kedua, pastikan bahwa terapis yang menangani juga memiliki reputasi yang baik sehingga kamu bisa merasa tenang dan nyaman.

7. Jangan sampai bulu matamu basah setelah pemasangan

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!wellandgood.com/

Setelah melakukan pemasangan bulu mata, baiknya kamu menghindari melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat. Selain itu, hindari pula melakukan olahraga yang berat demi menghindari keringat berlebih di sekitar mata. Hal ini penting karena selama 1 - 2 hari setelah pemasangan, bulu mata barumu tidak boleh basah, baik karena air maupun keringat.

8. Jangan sampai ditarik 

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!drbishop.com/

Hal penting yang harus dihindari adalah mengucek mata. Pasalnya, bulu mata yang baru ditanam masih mengalami proses perekatan selama 1 - 2 hari setelah pemasangan. Apabila tidak sengaja kamu mengucek mata, tentu hal itu akan merusak bulu mata barumu. Gak mau 'kan bulu mata yang baru dipasang akhirnya berakhir rusak dan terpaksa harus segera dibawa ke salon untuk diperbaiki?

9. Jangan gunakan produk pelembap

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!selenaslashstudio.com/

Sangat penting untuk memperhatikan produk-produk apa saja yang kamu pakai setelah melakukan pemasangan bulu mata, khususnya untuk sekitar wajah dan mata. Sampo, kondisioner, atau krim yang berbahan dasar minyak sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena dapat mengendurkan rekatan pada bulu ekstensi.

10. Jangan biarkan bulu mata ekstensi terabaikan

Ingin Bulu Mata Lentik dengan Eyelash Extension? Cek 10 Faktanya!unsplash.com/Chelse Daniel

Merawat bulu mata tentu tidak hanya 1 - 2 hari setelah pemasangan saja. Perawatan bulu mata harus dilakukan terus-menerus agar bentuk dan keindahannya bisa terus terjaga. Caranya, kamu dapat menggunakan pelembap bulu mata khusus yang dapat membuat bulu mata ekstensi tetap lembut dan kuat. Semakin rajin kamu melakukan perawatan, maka bulu mata ekstensi akan bertahan lama.

Gimana nih? Makin penasaran dan segera ingin mencoba tren eyelash extension? Boleh-boleh aja kok, asalkan ikuti tips-tipsnya di atas ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Extension Bulu Mata yang Wajib Kamu Pahami

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya