Comscore Tracker

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!

Jangan sampai kamu menyesal sih...

Menyiapkan segala sesuatu dalam acara resepsi pernikahan tentu bukanlah hal mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan secara detail sehingga persiapan pernikahan terbilang rumit.

Sebenarnya, segala sesuatu tidak akan menjadi rumit jika kamu dapat membagi waktu dan mengkoordinasikan semuanya dengan tepat. Akan lebih baik jika kamu juga melibatkan banyak orang dalam persiapan pernikahanmu, bisa keluarga maupun teman-teman terdekat. Hal ini tentunya akan sangat membantu agar dirimu tidak terlalu kerepotan.

Nah, salah satu yang paling utama dan terbilang sulit adalah menyiapkan gaun pernikahan. Seringkali, banyak perempuan melakukan kesalahan dalam memilih gaun pernikahan mereka. Hal ini biasanya disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

1. Membuat konsep yang salah 

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!unsplash.com/Charisse Kenion

Kesalahan dalam memilih gaun pernikahan bisa disebabkan karena kurangnya persiapan, seperti ketika membuat konsep. Langkah awal ini memang terbilang sangat fital. Jika sejak awal kamu sudah salah atau kurang matang dalam membuat konsep, maka kemungkinan kegagalan gaun pernikahanmu juga sudah di depan mata.

2. Tidak konsisten atau mengubah-ubah konsep 

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!unsplash.com/Adrianna Van Groningen

Kesalahan memilih gaun pernikahan juga disebabkan karena kamu tidak konsisten dalam menentukan konsep. Bahkan, keadaan akan semakin parah jika kamu malah mengubah-ubah konsep yang sudah kamu buat. Pasalnya, hal semacam ini tentu akan membingungkan bagi desainer atau penjahit yang menangani gaun pernikahanmu. Misalnya, jika kamu melakukan perubahan-perubahan warna atau model yang diinginkan.

3. Mengganti ukuran gaun pernikahan 

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!unsplash.com/Thomas AE

Ketika membuat gaun pernikahan, kamu nantinya akan sampai pada saat fitting. Saat fitting berarti saat dimana kamu bisa mencoba gaun pernikahan yang hampir selesai. Fitting sebaiknya dilakukan satu atau dua kali saja. Jangan sekali-kali memaksa melakukan fitting berkali-kali karena hal ini akan mengganggu kerja penjahit atau desainer.

Kamu sebagai pemesan juga dituntut untuk bisa konsisten mempertahankan ukuran tubuhmu. Jangan sampai ukuran tubuhmu menjadi lebih kurus atau bahkan menjadi lebih gemuk. Hal ini tentu akan merepotkan penjahit gaunmu. Jika kamu merasa takut tubuh akan berubah selama masa pembuatan gaun pernikahan yang memang memakan waktu lama, cobalah berkonsultasi dengan dokter atau terapis khusus.

Baca Juga: 9 Ide Gaun Pernikahan Ball Gown untuk Hijabers, Memesona bak Princess

4. Tidak akurat dalam menentukan anggaran 

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!unsplash.com/Celia Michon

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menyiapkan gaun pernikahan adalah bagaimana kamu menentukan anggaran. Sejak awal, pastikan anggaran untuk pembuatan gaun pernikahan sudah disusun secara detail. Hal ini sangat penting untuk menghindari kemungkinan pembengkakan biaya yang bisa saja terjadi jika kamu tidak melakukan perencanaan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa terjadinya pembengkakan biaya ini akan sangat fatal jika kamu tidak memiliki alokasi dana yang cukup sebagai cadangan. Nah, agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan di atas, simaklah tips memilih gaun pernikahan di bawah ini.

5. Tips memilih dan membuat gaun pernikahan

Hati-hati, Ini Kesalahan dalam Membuat Gaun Pernikahan Sendiri!unsplash.com/bantersnaps

Pertama, tentukan anggaran dan buatlah rincian secara detail. Siapkan dana ekstra yang bisa digunakan sebagai dana cadangan jika ternyata anggaran yang sudah kamu buat ternyata meleset.

Kedua, tentukan konsep secara rinci dan sematang mungkin. Akan lebih baik jika kamu melakukan riset yang cukup tentang konsep apa yang sebaiknya dipilih. Bisa juga dengan cara meminta pendapat kepada orang lain yang lebih ahli. Pastikan pula kamu sudah berdiskusi dengan pasanganmu.

Ketiga, dalam menentukan konsep, sesuaikan konsep gaun pernikahan dengan karakter kamu dan pasangan. Pasalnya, gaun pernikahan yang tepat sesuai karakter akan membuat kamu lebih percaya diri.

Keempat, pastikan bahwa semuanya sudah benar-benar matang ketika kamu melakukan fitting. Jangan sampai kamu tidak melakukan fitting dengan sungguh-sungguh sehingga akhirnya merasa menyesal saat mengenakan gaun pernikahan pada hari pernikahan.

Hari pernikahan merupakan hari penting dalam hidup yang harapannya hanya terjadi sekali saja. Maka, pastikan kamu mempersiapkan momen pernikahanmu dengan sempurna, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Referensi 12 Gaun Pernikahan Berdasarkan Zodiak, Bak Princess

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya