Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tua

Tetap menawan meski sudah berumur

Bagi sebagian perempuan, kecantikan wajah merupakan aset penting yang harus selalu dijaga dan dirawat. Meski demikian, masih ada banyak sekali masalah yang menimpa bagian kulit wajah: jerawat, kulit berminyak atau kering, flek hitam, kantung mata, keriput, dan masih banyak lagi.

Nah, jika masalah-masalah kulit wajah saja tetap muncul di usia ini, gimana kalau kamu sudah tua nanti ya? Yup, kecantikan wajah pastinya bisa dipertahankan dan dijaga dengan melakukan berbagai perawatan baik sekarang maupun kelak saat usiamu menua. Tapi cara-cara apa sih yang harus kamu lakukan agar kecantikanmu bisa terus terpancar sejak sekarang hingga tua nanti? Eits, ternyata ada lho tips-tips sederhanannya! Apa aja sih? Yuk, simak!

1. Cara paling sederhana, kamu wajib selalu membersihkan muka

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tuathepeopleofasia.com/

Membersihkan muka atau wajahmu tak bisa hanya dicuci dengan air saja. Namun, gunakan sabun muka yang memang paling cocok dengan jenis kulitmu untuk menjaga kesehatannya.

Pastikan kamu selalu membersihkan make up terutama ketika hendak tidur; make up remover untuk waterproof make up, serta gunakan remover yang berbeda untuk daerah tertentu misalnya bibir dan daerah sekitar mata. Rajin atau tidaknya kamu membersihkan makeup dan wajahmu setiap akan tidur adalah yang menentukan awet dan tidaknya kecantikanmu.

2. Gak perlu konsumsi macam-macam, cukup biasakan makan buah dan sayur setiap harinya

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tuaunsplash.com/BrendaGodinez

Kandungan vitamin dan antioksidan terutama yang terdapat pada aneka buah dan sayur sangat bagus untuk dikonsumsi. Pasalnya, vitamin dan antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bersifat merusak kulit. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan segar, kecantikan wajah pun bisa terjaga.

Selain itu, beberapa jenis buah dan sayur bisa juga dijadikan bahan masker alami yang secara alami merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah lho. Beberapa di antaranya kamu bisa menggunakan tomat, alpukat, pepaya, pisang dan timun.

Baca Juga: 5 Rutinitas Kecantikan yang Harus Kamu Hindari untuk Menjaga Bumi!

3. Jangan malas bangun pagi, olahraga dan matahari pagi sangat dibutuhkan tubuhmu

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tuaunsplash.com/Fezbot2000

Ketahuilah bahwa bangun pagi sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh serta wajah. Sederhana banget 'kan? Pasalnya, udara di pagi hari masih sangat bersih sehingga baik untuk melakukan olahraga pada waktu ini. Selain itu, dengan bangun lebih pagi orang cenderung lebih siap menghadapi hari sehingga bisa terhindar dari rasa tergesa-gesa atau stres yang tertu berpengaruh pada kecantikan.

Di sisi lain bangun pagi memungkinkanmu bertemu matahari pagi. Tubuh pun bisa mendapat asupan vitamin D alami dari sinar matahari pagi. Gak perlu khawatir pakai sunblock atau perlengkapan lain, matahari pagi gak akan merusak kulitmu kok, justru akan membuatnya lebih sehat secara alami.

4. Cantik bisa jadi gak butuh modal sama sekali, asalkan pikiran dan emosimu tetap terkendali

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tuaunsplash.com/NataliaFigueredo

Rona wajah bisa memudar jika kamu sedang stres atau banyak pikiran. Selain itu, wajh pucat dan tidak segar bisa juga diakibatkan karena kamu sedang suntuk atau marah. Nah, jika kamu menginginkan wajahmu bisa awet cantik, mulailah dengan cara sederhana yaitu mengendalikan pikiran dan emosimu sendiri. Biasakan untuk selalu berpikir dengan tenang dan bersikap positif setiap saat.

Bila perlu, lakukan yoga dan meditasi untuk menjernihkan pikiran dan membuat diri menjadi lebih tenang. Selama kamu dapat menguasai pikiran dan mengendalikan emosimu sendiri, wajah segar dan cerah merona bisa tterpancar dengan sendirinya.

5. Gak boleh kurang tapi juga jangan kebanyakan. Cantik itu kalau kamu bisa mengatur jam tidur dengan seimbang

5 Tips Sederhana Bikin Cantikmu Awet Sampai Tuaunsplash.com/KingaCichewicz

Selain cara-cara di atas, ada satu lagi yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan kecantikan yang alami dan awet. Yup, mengatur pola tidurmu dengan benar. Ternyata, waktu tidur itu gak boleh berlebihan dan gak boleh kurang lho. Namun, kamu harus bisa mengaturnya dengan seimbang. Bagi kamu yang sudah dewasa, cukuplah tidur antara 6 - 7 jam per hari dengan jam tidur yang teratur. Selama kamu bisa disiplin mengatur waktu tidurmu, kecantikan wajahmu pun bisa terus terjaga.

Kunci dari memperhatikan dan mempertahankan kecantikan wajah adalah ketelatenan dan sikap disiplin. Jika kamu rajin membersihkan dan melakukan perawatan pada wajah, rajin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat, serta senantiasa berpikir positif dan selalu tersenyum - maka kecantikan wajah akan selalu berhasil terpancarkan.

Baca Juga: 6 Manfaat Dahsyat Berpuasa Bagi Kecantikan, Cewek Wajib Tahu!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You