Comscore Tracker

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!

Cantik gak harus mahal

Skincare seolah sudah menjadi kebutuhan banyak wanita demi memenuhi keinginan untuk tampil cantik maksimal. Bahkan beberapa orang sampai rela merogoh kocek dalam-dalam demi sebuah perawatan paripurna.

Bagi mereka, gak masalah skincare mahal asal bisa selalu tampil cantik dan glowing. Padahal, bahan alami pun sebenarnya memiliki manfaat yang sebanding dengan skincare mahal di klinik kecantikan atau merk ternama lainnya.

Berikut ini beberapa bahan alami yang manfaatnya setara dengan skincare mahal atau perawatan di klinik kecantikan.

1. Bengkuang dan mentimun

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!womanclub.online

Sudah menjadi resep turun temurun bahwa bengkuang dan mentimun mampu merawat wajah agar tampil menawan. Bahkan sekelas para putri keraton pun tetap memanfaatkan resep tradisional ini untuk kecantikan kulit mereka. Gak hanya membuat kulit putih bersih, masker bengkuang dan mentimun juga mampu menghilangkan flek hitam di wajah. 

Cukup haluskan dan pakai masker ini di wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan basuh memakai air es dengan tepukan perlahan yang merata agar wajah menjadi lebih segar. Demi menghindari kemungkinan iritasi, jangan lupa untuk memilih buah yang segar, ya.

2. Jeruk nipis

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!gooddoctor.co.id

Peeling merupakan prosedur pengangkatan sel kulit mati untuk tujuan kecantikan dan kebersihan kulit. Namun, sebenarnya peeling bisa dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak uang, lho. Ambil saja jeruk nipis yang sering tersedia di rumah untuk dijadikan peeling alami.

Gak hanya mudah didapat, cara menggunakannya pun terbilang gampang. Cukup dengan mengoleskan irisan jeruk nipis ke wajah dan diamkan sampai mengering. Bilas wajah dengan air hangat supaya pori-pori wajah terbuka. Setelah itu, bilas kembali wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali merapat.

3. Air rendaman teh

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!Unsplash.com/Matt Seymour

Sudah menjadi keinginan setiap wanita untuk selalu tampil awet muda. Mereka bahkan sampai rela melakukan perawatan antiaging dengan biaya yang gak murah. Padahal, bahan alami seperti teh pun bisa menjadi krim antiaging, lho. Bukan hanya itu, teh juga mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat sering terbakar sinar matahari sekaligus menyegarkan mata yang lelah.

Pertama-tama, diamkan secangkir teh tawar yang kental selama satu malam. Oleskan air teh tadi ke seluruh kulit wajah sampai mengering sendiri. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, dan bilas ulang dengan air biasa untuk menutup pori.

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, 5 Cara Gratis Mengoptimalkan Fungsi Skincare

4. Minyak zaitun

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!Unsplash.com/Roberta Sorge

Buat wajah dengan kecenderungan kulit kering, pasti akan mudah terganggu dengan cuaca yang sering berubah-ubah. Alih-alih memakai skincare mahal, kita bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab alami, lho. Kandungan zat dalam minyak zaitun ternyata bersifat melembutkan, membersihkan, dan mengurangi stress pada kulit.

Jadi, gak heran kalau dengan pemakaian rutin akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan bersih, serta bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Pokoknya, gak kalah deh, kalau dibandingkan dengan krim racikan dokter dan skincare merk ternama yang notabene cukup mahal.

5. Tomat

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!Unsplash.com/Clay Banks

Sama seperti bengkuang dan mentimun, tomat juga sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah. Lebih spesifiknya, tomat dapat membantu menghilangkan komedo, jerawat, dan bekas jerawat di wajah. Pemakaian tomat ini jadi semacam facial alami yang tanpa efek samping.

Cukup dengan mengiris tomat menjadi beberapa bagian, haluskan dan oleskan pada wajah. Jangan lupa untuk mengoleskannya di bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil yang maksimal.

6. Madu  

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!Unsplash.com/Alexander Mils

Madu seringkali dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imunitas. Namun, ternyata madu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, lho. Madu cukup efektif untuk mengatasi jerawat, termasuk menghilangkan bekasnya yang membandel.

Caranya, siapkan madu dan putih telur lalu campur. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah dan tebalkan di bagian yang berjerawat selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat, lalu ikuti dengan bilasan ulang dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

7. Buah pepaya 

7 Bahan Alami yang Manfaatnya Setara dengan Skincare, Wajib Coba, Nih!Unsplash.com/Karina Vorozheeva

Buat kamu yang selalu mendambakan memiliki kulit cerah, kabar baik bisa didapatkan dari buah pepaya. Enzim papain yang terdapat dalam pepaya hijau ternyata cukup ideal untuk mencerahkan kulit. Semacam efek krim whitening, pepaya bisa menjadi pemutih alami minim efek samping.

Ambil saja satu sendok makan pepaya hijau yang masih mangkal dan pepaya masak. Campur dan haluskan. Campuran kedua pepaya ini bisa langsung dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Nah, itu tadi ketujuh bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai perawatan wajah dan kulit alami. Bahan alami yang fungsinya bak skincare mahal, bukan? Yuk, cobaik di rumah! 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak, Bantu Kurangi Jerawat

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya