Comscore Tracker

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikan

Gak cuma enak tapi juga bikin cantik

Kurma selalu menjadi favorit semua orang saat Ramadan. Seringnya diburu untuk dijadikan menu buka puasa, membuat kurma jadi primadonanya takjil yang gak kenal kata bosan. Beberapa orang bahkan tidak hanya langsung memakannya, tapi juga diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti bolu, pancake, atau puding.

Namun sebenarnya, ditasbihkannya kurma sebagai primadona di bulan Ramadan bukan tanpa alasan. Selain karena memang enak, kurma juga kaya akan manfaat. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, ternyata kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat kurma untuk kecantikan yang perlu kita ketahui.

1. Melembutkan kulit

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikanunsplash.com/Coline Haslé

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam kurma ternyata sangat berguna untuk membuat kulit kita menjadi semakin lembut. Vitamin dalam kurma ini bekerja cukup baik dalam meregenerasi kulit kita. Selain langsung dikonsumsi, kurma juga bisa dijadikan masker wajah. Untuk dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari masker kurma, kita harus rutin menggunakannya paling tidak seminggu sekali.

2. Mengatasi kulit kusam

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikanunsplash.com/Ana-Maria Nichita

Salah satu masalah kulit yang sering dialami adalah kulit nampak kusam, terutama bagian wajah. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, seperti kesalahan pemakaian skincare, kebiasaan jarang membersihkan wajah, paparan sinar matahari, hingga pola tidur yang tidak teratur.

Jawaban untuk masalah ini tidak lain adalah kurma. Kandungan vitamin A, B5, dan asam pantotenat dalam kurma mampu mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki jaringan serta sel-sel kulit agar tidak terkesan kusam.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Didapat Tubuhmu saat Makan Tiga Butir Kurma Setiap Hari

3. Mencegah iritasi kulit

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikanunsplash.com/Amanda Dalbjörn

Bagi sebagian orang, kulit yang sensitif cenderung merepotkan sebab rentan terhadap iritasi. Biasanya iritasi kulit dapat terjadi sebagai akibat dari paparan sinar atau polusi, meski kosmetik juga mampu menjadi pemicunya. Tapi tidak perlu khawatir, nutrisi dalam buah kurma dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Dengan rutin mengonsumsi buah kurma, kita dapat mencegah timbulnya ruam-ruam merah pada kulit akibat iritasi.

4. Mencegah penuaan dini

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikanunsplash.com/Melan Cholia

Hampir setiap wanita menginginkan memiliki kulit sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan di beberapa titik wajah. Semua dapat dicegah lewat kurma yang memang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi hingga mampu mencegah kerusakan sel.

Selain itu, kandungan antioksidan juga dipercaya mampu menjadi penangkal radikal bebas yang bisa menyerang kulit. Rutin mengkonsumsi kurma dapat membuat kita terhindar dari radikal bebas dan kulit wajah jadi tampak kencang serta lebih awet muda.

5. Menjaga kesehatan rambut

Jadi Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Kurma bagi Kecantikanunsplash.com/Element5 Digital

Tidak hanya berkhasiat untuk kulit, ternyata kurma juga dapat menyehatkan rambut kita. Vitamin B5 dalam kurma dapat mencegah beberapa masalah rambut seperti rambut yang kering, rapuh dan bercabang. Selain dikonsumsi langsung, untuk merawat rambut, kurma juga dapat dijadikan masker rambut. Dengan rutin mengonsumsi kurma, akar rambut dan kulit kepala akan menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kurma bagi kecantikan. Sudah siap mengonsumsi kurma secara rutin? Yuk, biasakan mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Mengolah Kurma Agar Berbuka Makin Nikmat

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 06:00:04

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You