Comscore Tracker

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padat

Perhatikan baik-baik ya ladies!

Bedak sudah menjadi item makeup yang hampir tidak pernah ditinggalkan oleh wanita. Meski beberapa masih terbagi menjadi dua kelompok antara yang memilih bedak padat dan bedak tabur, tapi tetap saja bedak seolah menjadi kosmetik wajib dalam rutinitas berdandan sehari-hari.

Khusus untuk bedak padat, sebagian besar wanita memilihnya karena hasil riasan yang nampak lebih halus dan tahan lama.

Akan tetapi meski telah menjadi makeup wajib, ternyata masih sering ditemui beberapa kesalahan yang dilakukan saat memakai bedak padat. Apa saja? Yuk, simak.

1. Salah memilih warna bedak

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padatunsplash.com/Raphael Lovaski

Kesalahan pertama yang masih sering terjadi adalah salah memilih warna bedak. Warna bedak yang kita pakai akan memberi pengaruh pada hasil riasan secara keseluruhan. Warna yang terlalu putih akan membuat riasan nampak tidak natural, sedangkan warna bedak yang terlalu gelap justru membuat wajah terlihat kusam.

Sebenarnya memilih warna bedak tidaklah sulit. Pilih saja warna bedak dengan shade yang natural, yaitu warna yang setingkat lebih cerah dengan warna asli kulit kita. Dengan memilih warna bedak yang sesuai, hasil makeup akan terlihat natural dan gak belang-belang.

2. Memakai bedak tanpa foundation

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padatunsplash.com/Freshh Connection

Beberapa wanita tidak jarang meninggalkan langkah pemakaian foundation saat akan mengaplikasikan bedak. Hal ini biasanya dilakukan dengan alasan tidak terbiasa, malas, atau terburu-buru.

Padahal pemakaian foundation sangatlah penting, salah satunya agar riasan jadi lebih tahan lama. Terlebih jika kulitmu masuk kategori kering, foundation akan menjaga agar riasanmu tidak mudah luntur atau malah jadi pecah-pecah.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Agar Wajahmu Tidak Terlihat Semakin Chubby

3. Touch up tanpa membersihkan wajah lebih dulu

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padatunsplash.com/Roberto Delgado Webb

Meski sudah memakai riasan, seringkali wanita tetap membawa alat makeup saat pergi keluar rumah. Salah satu alasannya adalah untuk touch up atau mengulangi riasan, terutama pemakaian bedak. Kesalahan berikutnya bukan pada touch up, tapi langkah sebelumnya.

Seringkali touch up dilakukan tanpa membersihkan wajah lebih dulu dari kotoran atau keringat yang menempel. Kebiasaan semacam ini dapat menjadi kesalahan yang fatal karena akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

4. Cara memakai bedak dengan digeser

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padatunsplash.com/Jose Martinez

Meski terkesan sepele, cara memakai bedak padat juga perlu mendapat perhatian lebih. Sebenarnya, cara memakai bedak padat yang tepat adalah dengan ditepuk dan bukan digeser. Akan tetapi, hampir sebagian besar wanita masih saja memakai bedak padat dengan cara digeser.
Kesalahan ini akan menimbulkan dampak negatif pada kulit wajah kita. Proses menggeser saat pengaplikasian bedak tadi akan meningkatkan risiko iritasi kulit, bahkan juga dapat menyumbat pori-pori.

5. Jarang mencuci atau mengganti sponge bedak secara berkala

Masih Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Bedak Padatunsplash.com/Raphael Lovaski

Sponge bedak juga perlu mendapat perhatian selanjutnya karena sering menjadi sumber kesalahan kita. Bagi beberapa orang memakai satu sponge terus menerus dalam jangka waktu yang lama seolah menjadi hal yang lumrah. Padahal sponge bisa saja menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat.

Menjaga kebersihan alat make up sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Bukan hanya sponge, brush juga wajib kita bersihkan dengan cara dicuci sampai bersih dan diganti tanpa menunggu rusak.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memakai bedak padat. Ada yang masih sering kamu lakukan gak nih?

Baca Juga: 5 Tips Agar Bedak Menempel di Wajah Lebih Lama dan Tidak Mudah Luntur

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You