Comscore Tracker

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya 

Kegunaannya beda-beda, lho

Lotion untuk perawatan tubuh memiliki banyak jenis, lho. Kalau mungkin sejauh ini yang kamu tahu adalah hand and body lotion, di pasaran masih banyak lagi jenis si pelembap tubuh. Mulai dari body butter hingga body cream, kenali fungsi dan bedanya!

1. Body lotion

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/The Honest Company

Body lotion adalah jenis lotion yang paling banyak digunakan orang. Dalam hal pemasaran, body lotion sendiri memang cukup populer di berbagai kalangan. Ciri yang paling mudah dikenali adalah teksturnya. Body lotion memang dari segi tekstur lebih cair sehingga mudah diserap kulit.

Oleh sebab itu, body lotion sangat cocok dipakai untuk kulit yang cenderung normal dan tidak terlalu kering. Gunakan pelembap jenis ini setidaknya dua kali sehari, pagi hari setelah mandi dan malah hari menjelang tidur untuk menjaga kelembapan kulit kita.

2. Body cream

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/Anastasiia Ostapovych

Tekstur body cream biasanya lebih kental dan pekat jika dibandingkan dengan body lotion. Dalam hal komposisi, body cream memang lebih berminyak sehingga cocok untuk kulit yang sangat kering.

Pemakaian body cream biasanya akan disarankan untuk mereka yang aktivitasnya sering berada dalam ruangan bersuhu dingin atau ber-AC. Bagian kulit di tangan dan kaki biasanya yang lebih sering dan cepat terasa kering dan membutuhkan kelembapan yang lebih banyak.

3. Body butter

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/Toa Heftiba

Dari segi komposisi, body butter-lah yang paling banyak mengandung minyak dan tekstur lebih kental mirip seperti margarin atau mentega. Body butter sangat cocok untuk bagian tubuh yang sangat kering seperti siku, lutut, dan tumit.

Maka tak heran jika memang sebagian besar bahan dalam body butter memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi seperti shea butter, coconut butter, atau cocoa butter. Berbeda dengan body lotion dan body cream, pemakaian body butter sendiri lebih dianjurkan untuk digunakan saat malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuh

4. Body milk

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/ian dooley

Sesuai dengan namanya, body milk memang terbuat dari susu sehingga baik untuk menjaga kelembapan kulit. Jika body lotion sudah dikatakan sebagai produk lotion yang cukup cair, secara tekstur body milk justru lebih cair lagi.

Bahkan saking cairnya, saat kita mencoba meletakkan body milk di tangan, maka dia akan meleleh atau mencair. Kelebihan inilah yang membuat body milk cenderung sangat mudah meresap di kulit selain karena teksturnya yang memang ringan. 

5. Hand cream

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/Anastasiia Ostapovych

Biasanya kulit di bagian tangan jadi lebih mudah kering karena paparan sinar matahari ataupun AC. Saat mengalami masalah semacam ini, mulailah menggunakan hand cream. Tekstur hand cream bisa dibilang lebih kental jika dibandingkan dengan body lotion. Hal ini dikarenakan kegunaan hand cream memang ditujukan untuk area tangan yang sering kali tidak tertutup hingga mudah kering.

6. Foot cream

6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya unsplash.com/Michał Parzuchowski

Masalah kulit kering juga akan terlihat dan dirasakan oleh kaki kita. Paparan sinar matahari dan sering terkena debu biasanya akan semakin memperparah kondisi kaki menjadi kasar dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, disarankan juga untuk memakai foot cream.

Sesuai namanya, penggunaan pelembap yang satu ini memang dikhususkan untuk kaki. Biasanya foot cream memiliki tekstur yang lebih kental dan berminyak jika dibanding hand cream. Dengan menggunakan foot cream kelembapan kaki akan terjaga dan kaki akan menjadi mulus kembali.

Meski sama-sama digunakan untuk menjaga kelembapan tubuh, tapi dengan mengenali perbedaan yang ada akan dapat lebih memaksimalkan pemakaiannya. Nah, kalau kamu lebih suka pakai yang mana?

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Bedanya: Body Lotion, Body Cream, Body Butter

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You