Comscore Tracker

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan Kinclong

Kaya manfaat banget deh!

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata kolagen. Apalagi dalam produk makanan dan kecantikan. Tapi sebenarnya apa sih kolagen itu dan apa manfaatnya?

Kolagen adalah salah satu protein yang melimpah dalam tubuh kita. 30 persen protein dalam tubuh kita adalah kolagen. Namun secara ilmiah faktanya kita mulai kehilangan kolagen saat usia 25 tahun, bahkan sedikitnya kita kehilangan 1 persen kolagen setiap tahunnya. Fungsi dari kolagen ini sebagai pembentuk struktur kulit, otot dan juga pembuluh darah. Kolagen memiliki peran penting bagi kulit kita. Itu sebabnya semakin tua usia kita, kulit akan menjadi kendur, berkerut, dan penuh dengan guratan akibat kolagen yang semakin menipis.

Kayaknya semua perempuan kalo denger kata kolagen ini langsung melek yah? Karena kolagen itu erat banget kaitannya sama kualitas kulit. Kalau kandungan kolagen di tubuh itu baik dan cukup maka kulitakan menjadi halus, terlihat sehat, dan bersih. Bahkan sebagian perempuan rela melakukan perawatan kulit yang mahal di klinik kecantikan hanya untuk mendapatkan kolagen yang baik untuk tubuh. Padahal sebenarnya kita bisa mengonsumsi buah-buahan yang kandungan kolagennya cukup tinggi. Lalu buah-buahan apa saja yang kandungan kolagennya tinggi?

Berikut 5 macam buah-buahan yang kandungan kolagennya tinggi :

1. Jambu biji

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan KinclongPixabay.com/ pashminu

Buah yang mengandung kolagen paling tinggi adalah jambu biji. Tidak hanya kaya akan dengan vitamin C dan vitamin A, jambu biji juga memiliki kandungan kolagen yang banyak loh, yaitu mencapai  228 mg dalam 100 gram buahnya. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus, karena sangat aman dan bagus untuk tubuh.

2. Kiwi

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan KinclongPexels.com/pixabay

Buah kiwi memiliki kolagen dan vitamin c yang banyak, yakni sekitar 92,7 mg dalam 100 gram buahnya. Kamu bisa mengkonsumsi buahnya setiap pagi dan sebelum tidur. Kalian bisa mengolahnya menjadi jus, toping caake, atau pancake smoothies, atau juga bisa dimakan langsung.

3. Leci

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan Kinclongbostonorganics.com

Dalam 100 gram buah leci mengandung 71.5 mg vitamin C, yang berguna sebagai kolagen. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C harian tubuh akan membuat tubuh kita kebal terhadap serangan-seranagn virus ataupun bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga: Bikin Segar, 7 Resep Membuat Es Pop dari Bahan Buah-buahan

4. Pepaya

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan Kinclongpexels.com

Buah pepaya merupakan jenis buah yang paling gampang ditemukan di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut menjadikan buah pepaya disukai masyarakat Indonesia. Kandungan nutrisinya pun tidak kalah jika dibandingkan dengan buah lainnya, yaitu mengandung kolagen sebanyak 61,8 mg di setiap 100 gram buahnya.

5. Buah-buahan citrus

5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan KinclongUnsplash/Elijahsad

Studi menunjukkan bahwa buah-buahan citrus seperti jeruk, limau, lemon dan jeruk bali yang kaya vitamin C memiliki kemampuan untuk membantu merubah asam amino menjadi kolagen. Vitamin antioksidan juga sangat penting dalam membantu menetralkan radikal bebas, yang menyerang dan memecah kolagen dan elastin di kulit

Tidak mahal kan untuk mendapatkan kolagen yang baik untuk kulit? kamu hanya perlu mengkonsumsi buah-buahan di atas. 

Baca Juga: Lagi Diet? Buah-buahan Ini Sebaiknya Gak Kamu Konsumsi Berlebihan

Pia Apriani Photo Community Writer Pia Apriani

I will never let some people controlling my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You