Comscore Tracker

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki Kapalan

Menjaga kesehatan kaki juga penting lho

Memiliki telapak kaki yang indah serta halus adalah impian setiap orang, terutama kaum wanita. Telapak kaki yang indah tentu akan menjadi nilai plus yang mampu menambah kepercayaan diri seseorang. Sayangnya, masih banyak orang yang cuek untuk menjaga kesehatan serta kebersihan kaki sehingga mereka merasakan penebalan pada kulit telapak kaki (callus) atau yang sering kita sebut dengan kapalan.

Meski terdengar sepele, kapalan bisa menjadi semakin parah apabila terjadi penebalan kulit yang tak biasa dan bisa mengakibatkan kulit mati rasa.

Yuk, lakukan 5 hal sederhana ini untuk mencegah kaki dari kapalan.

1. Gunakan sepatu sesuai ukuran

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki KapalanUnsplalsh.com/@videmusart

Pemicu utama dari kaki kapalan adalah penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki. Ketika membeli sepatu usahakan memilih yang nyaman, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Sepatu yang sempit akan membuat kaki lebih sering bergesekan dengan sepatu sehingga kulit mengalami tekanan yang lama kelamaan akan terjadi penebalan kulit. Saat akan membeli sepatu usahakan untuk menyisakan sedikit space pada sepatu agar kaki bisa bernapas.

2. Kurangi penggunaan high heels atau sepatu dengan ujung runcing

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki KapalanUnsplalsh.com/@krisatomic

High heels selalu berhasil dalam mencuri perhatian wanita, sebab sepatu berhak tinggi itu bisa membantu menunjang penampilan menjadi lebih cantik dan modis. Sayangnya, terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi juga bisa memicu kaki kapalan lho. Semakin tinggi hak sepatu maka semakin tinggi pula tekanan dan gesekan yang terjadi pada kaki dan semakin meningkatkan risiko kaki anda kapalan terutama di bagian tumit dan telapak kaki. Hal ini juga berlaku saat anda menggunakan sepatu dengan ujung yang runcing ya. Jika anda sudah melihat tanda-tanda kaki akan kapalan maka mulailah untuk mengurangi penggunaan high heels.

3. Gunakan pelembab

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki KapalanBeautyheaven.com.au

Mencegah kaki kapalan juga bisa dilakukan dengan penggunaan lotion atau krim pelembab kulit. Cukup oleskan pada telapak kaki yang mulai mengeras secara rutin. Jangan lupa untuk memilih lotion atau pelembab yang mengandung asam salisilat, amonium laktat atau urea. Bahan-bahan tersebut dapat menghaluskan kulit yang kasar dan melunakkan kulit yang mulai mengeras.

Baca Juga: 10 Tips Mix n Match OOTD Agar Kaki Terlihat Jenjang Ala Fanny Ghassani

4. Rendam kaki di air hangat

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki KapalanUnsplash.com/@runejohs

Selain tiga cara di atas, anda juga bisa mencegah kapalan pada kaki dengan cara merendamnya dengan air hangat. Air hangat dapat membersihkan kaki dari bakteri, mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel serta melembutkan kulit kaki yang mulai mengeras. Gosok secara perlahan saat direndam selama 10 menit dan lakukan 3 kali dalam seminggu.

5. Rutin memotong kuku

Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki KapalanOkaydoc.com

Kapalan pada kaki tidak hanya terjadi pada bagian telapak kaki saja ya, bisa juga terjadi di bagian tumit serta jempol kaki. Kuku kaki yang panjang akan mendorong kulit jari-jari kaki anda dan memicu tekanan pada ujung kulit. Kuku kaki yang jarang dipotong akan menyebabkan kulit jari kaki menjadi keras dan menebal seiring dorongan dari kuku yang memanjang. Maka dari itu rutin memotong kuku dapat mencegah kaki anda kapalan. Potonglah kuku kaki anda saat mulai memanjang.

Lakukan 5 hal sederhana di atas untuk mencegah kaki anda dari kapalan ya.

Baca Juga: 7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!

P. Wulandari Photo Community Writer P. Wulandari

Perempuan sederhana yang tertarik dengan kata-kata. Dari kata, masuk ke hati :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You