Comscore Tracker

Catherine Hindra, Dari Konsultan McKinsey Jadi Founder Zalora Indonesia

#AkuPerempuan Perempuan dibalik kesuksesan Zalora Indonesia

Siapa sih yang tidak pernah mendengar atau bahkan berbelanja di Zalora? Salah satu bisnis toko online terbesar di Asia Tenggara ini dibuka di Indonesia yang diusung oleh Catherine Hindra Sutjahyo. Berawal dari konsultan McKinsey & Company di tahun 2004, yang mana ia mulai belajar mengenai investasi pada bisnis.

Tidak hanya sampai disitu, setelah Zalora dibangun di tahun 2012, pekerjaan datang terus menerus pada wanita kelahiran Surabaya itu. Ia dipercaya Alfamart untuk menjadi CEO Alfacart.com yaitu bisnis online dari Alfamart sendiri. Keberaniannya untuk berkembang memecahkan kesalahpahaman peran perempuan yang hanya bekerja di rumah, melainkan ia menunjukkan bahwa perempuan juga mampu berkembang pesat bahkan menjadi founder dan CEO seperti laki-laki.

Berikut ini beberapa posisi penting yang pernah dicapai oleh Catherine, si Kartini masa kini.

1. Founder Zalora Indonesia di tahun 2012 yang Menjadi e-Commerce Terbesar di Asia Tenggara

Catherine Hindra, Dari Konsultan McKinsey Jadi Founder Zalora IndonesiaInstagram.com/catherinehindra

Catherine mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online karena seringkali orang ingin mencoba baju secara langsung. Namun, kini Zalora Indonesia bisa mencapai lebih dari 3000 transaksi per hari sejak Oktober 2013 seperti dilansir oleh Sindonews.

Kesuksesan Zalora ini menunjukkan bahwa perempuan tidak hanya bisa berbelanja namun juga mampu untuk mendirikan e-commerce dan Catherine menunjukkan hal tersebut pada masyarakat Indonesia.

2. CEO Alfacart.com yaitu Model Bisnis Online dari Alfamart

Catherine Hindra, Dari Konsultan McKinsey Jadi Founder Zalora IndonesiaInstagram.com/catherinehindra

Catherine kembali diberikan kepercayaan untuk menjadi CEO dari Alfacart.com setelah CEO dan beberapa karyawan sebelumnya dipecat dengan alasan perbedaan visi. Ia berusaha untuk melakukan rebranding Alfacart dan menjadikannya sebagai e-commerce terdepan di tahun tahun selanjutnya.

Catherine juga mengenalkan bahwa Alfacart kini mendukung UKM UKM di Indonesia untuk berkembang melalui belanja digital.

3. Chief Commercial Expansion Go-Jek mendukung UMKM kuliner melalui Festival Makanan

Catherine Hindra, Dari Konsultan McKinsey Jadi Founder Zalora IndonesiaInstagram.com/catherinehindra

Catherine memang mengaku sudah jatuh cinta dengan e-commerce dan start-up, wanita lulusan Nanyang Technological University itu ternyata dipercaya menjadi Chief Commercial Expansion di Go-Jek. Kini Go-Jek menjadi salah satu start-up paling sukses di Indonesia melalui berbagai fiturnya, salah satunya adalah Go-Food.

Catherine sendiri mengaku ingin memajukan UMKM Indonesia melalui Go-Food Festival yang mana memberikan segala kebutuhan bagi mereka untuk menjual makanannya.

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You