Comscore Tracker

Mungkin Selama Ini Kamu Merasa Tak Cantik, Tapi Tulisan Ini Membuatmu Berpikir Lain

Kamu cantik, apa adanya...

"Apa yang pertama kali ada di pikiranmu kala sedang berkaca? Banyakkah kekurangan yang kamu lihat di sana?"

Tidak sedikit perempuan, termasuk juga mungkin kamu seringkali merasa ada yang kurang dari dirinya. Entah itu kurang putih, rambut tak hitam, atau ukuran badan yang jauh dari ideal membuat kita berpikir bahwa kecantikan yang kita punya berada di bawah standar perempuan normal. Meski berkali-kali mendengar bahwa semua perempuan cantik, pada kenyataannya masih banyak yang berpikir bahwa kita sama sekali tak istimewa.

Walaupun tak setiap perempuan mementingkan kecantikan fisik namun pada dasarnya perempuan ingin terlihat cantik.

Mungkin Selama Ini Kamu Merasa Tak Cantik, Tapi Tulisan Ini Membuatmu Berpikir Lainpexels.com

Rasanya tidak adil jika menyebut bahwa setiap perempuan mengagungkan kecantikan. Di luar sana, ada banyak juga perempuan yang sadar bahwa kemolekan fisik bukanlah segalanya. Mereka tidak terlalu repot mengeluhkan ukuran tubuh yang kebesaran, tetap terlihat nyaman saat punya kulit yang hitam, serta tidak terlalu sibuk memikirkan bentuk wajah yang jauh dari ideal. Tapi meski begitu, sesungguhnya perempuan ingin terlihat cantik meski dalam kadar keinginan yang berbeda.

Mungkin di antara teman-teman kita yang terlihat cuek dengan penampilannya, ia dengan konsisten menggunakan krim untuk membuat kulitnya terlihat lebih terang. Walau sahabatmu tidak mengeluhkan berat badannya yang kelebihan, tapi saat melihat perempuan berbadan kecil, ia ingin juga. Tidak dapat dipungkiri bahwa terlihat cantik dan menarik adalah naluriah perempuan yang terhindarkan.

Besarnya keinginan seorang perempuan untuk terlihat cantik, membuat kamu berpikir bahwa dirimu jauh dari kata menarik.

Mungkin Selama Ini Kamu Merasa Tak Cantik, Tapi Tulisan Ini Membuatmu Berpikir Lainbabble.com

Kegundahan para kaum perempuan untuk terlihat menarik membuat mereka selalu berusaha melakukan perbaikan. Baik itu yang dilakukan hanya dengan menggunakan produk perawatan kelas swalayan sampai dengan memanfaatkan kecanggihan ilmu kedokteran. Semuanya dilakukan demi terlihat lebih cantik dan menarik. Perempuan selalu mengusahakan perawan tubuh yang terbaik.

Sayangnya meski telah melakukan banyak usaha, tak lantas membuat perempuan lantas puas begitu saja. Tetap selalu ada perasaan tidak terlihat menarik. Perasaan ini juga semakin kuat muncul tatkala melihat perempuan yang lebih menarik di mana hal ini membuat kita tak pernah merasa lebih baik. Berbeda dengan kaum lelaki yang biasanya cukup puas dengan penampilan fisiknya, kami kaum perempuan tak ayal selalu merasa ada yang kurang.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Cewek Cantik dan Pintar Memilih untuk Single

Maka dari itu tak mengherankan bila ditanya apa yang menarik dari dirinya, kebanyakan kaum perempuan akan kebingungan atau malah merasa tidak ada yang istimewa.

Mungkin Selama Ini Kamu Merasa Tak Cantik, Tapi Tulisan Ini Membuatmu Berpikir Laindylandsara.com

Salah satu bukti yang membingkai secara nyata bagaimana perempuan melihat dirinya "tak istimewa" adalah video buatan produk Dove yang keluar tahun 2013 lalu. Dalam video berdurasi enam menit ini ditunjukkan kecenderungan kaum perempuan dalam memandang kecantikan dirinya. Secara singkat video ini ingin menceritakan pada dunia bahwa perempuan sering terjebak dalam anggapan bahwa dirinya tak terlihat menarik.

Dengan melibatkan beberapa orang perempuan, seorang seniman menggambar wajah meminta para perempuan tersebut menceritakan tentang dirinya dan menggambar berdasarkan deskripsi yang diberikan. Gambaran itu dibuat tanpa melihat secara langsung dan hanya mendengar perempuan terkait menceritakan tentang dirinya. Lalu setelah masing-masing perempuan selesai, seniman tersebut juga meminta setiap peserta untuk menggambarkan peserta lainnya dan dia pun melukis ulang berdasarkan deskripsi tersebut.

Lalu apa yang terjadi?

Berdasarkan video tersebut terlihatlah bagaimana setiap perempuan selalu menganggap dirinya tak lebih cantik dari yang digambarkan. Hasil gambar pertama (yang dideskripsikan oleh orang terkait) dan gambar kedua (yang diceritakan orang lain) menghasilkan hasil yang signifikan. Pada intinya setiap perempuan di video tersebut selalu merasa tidak lebih cantik dari apa yang orang lain lihat.

Padahal tidak ada standar cantik yang mutlak dan perlu diingat bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan yang berbeda. Selalu yakinkan diri bahwa kamu istimewa.

Mungkin Selama Ini Kamu Merasa Tak Cantik, Tapi Tulisan Ini Membuatmu Berpikir Lainpixabay.com

Video tersebut menyentil sekaligus menyadarkan kita, termasuk saya dan kamu, bahwa sebagai perempuan kita sering merasa tak istimewa. Mungkin kamu tidak percaya diri karena rambut yang keriting, saya kecewa dengan tubuh yang kurus, sementara ada pula orang yang tak bersyukur karena bentuk hidungnya tak indah. Kita merasa tak punya banyak kelebihan dan jauh dari kata spesial.

Kita sibuk dengan standar kecantikan yang sebetulnya tidak pernah ditetapkan. Lupa bahwa setiap perempuan dititipkan pesona berbeda. Banyak perempuan sibuk memenuhi ketetapan "cantik" berdasarkan stigma yang berkembang sampai lupa bahwa dirinya sudah cantik sesuai dengan kelebihan yang Tuhan telah titipkan.

Coba lihat video berikut ini.

 

Percayalah, kamu cantik. Bahkan lebih dari yang kamu pikirkan.

Baca Juga: Pertama Dalam Sejarah, Wanita Berjilbab Ini Berhasil Ikut Kontes Kecantikan Amerika Serikat

Topic:

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:00:04

Progress: 768.027 dari 813.350 TPS (94.42761%)

Just For You