Comscore Tracker

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!

Terkadang gak semudah meminta maaf

Ketika kamu melakukan kesalahan, maka wajib untuk meminta maaf. Hal ini sudah diajarkan sejak masih anak-anak dan terus diwariskan kepada generasi berikutnya. Akan tetapi gak banyak yang tahu akan cara untuk memaafkan.

Akibatnya terkadang kita masih memiliki dendam, meski orang tersebut telah meminta maaf dengan tulus. Dilansir dari Reach Out dan Greater Good, inilah 5 cara untuk memaafkan orang lain. Langsung scroll!

1. Pahamilah apa itu memaafkan dan apa keuntungannya bagimu

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!ilustrasi meminta maaf (pexels.com/Liza Summer)

Pertama cobalah untuk memahami kebaikan dari memaafkan. Memaafkan akan membuat kita bebas dari rasa amarah, dendam, dan juga dengki. Ini adalah tentang berbelas kasih kepada orang yang telah menyakitimu, apalagi jika orang tersebut telah meminta maaf dengan tulus. 

Manfaat lainnya ini akan meningkatkan harga diri dan justru menambah kekuatan bagi diri sendiri. Dengan mengetahui manfaatnya, kamu akan memiliki pegangan untuk apa yang harus kamu lakukan selanjutnya

2. Tempatkan dirimu di persepsinya

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!Melihat dari perspekstif lain (unsplash.com/@karljkhedin)

Semua orang pernah melakukan kesalahan, termasuk kamu. Jika kamu bermaksud untuk memaafkan kesalahan seseorang, cobalah untuk menempatkan dirimu di posisi orang tersebut.

Pahamilah apa yang mereka rasakan, mengapa dia melakukan atau menyakitimu, dan sebagainya. Dari sini, mungkin kamu akan menemukan hal-hal yang sebelumnya gak kamu sadari, seperti dia yang terpaksa berbohong demi kebaikanmu di saat itu.

3. Luaskan pandanganmu dan memandang secara obyektif

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!melihat secara lebih obyektif (unsplash.com/@anthonytran)

Situasi yang gak menyenangkan tentu akan memicu sebuah emosi. Terkadang emosi ini pada akhirnya menutupi hal-hal obyektif yang seharusnya kamu perhatikan. Cobalah untuk memahami situasi atau peristiwa tersebut dengan sudut pandang netral.

Hal ini perlu dilakukan, terutama apabila kejadian tersebut ambigu atau terjadi karena kesalahpahaman. Ketika kamu berhasil untuk melihat di kedua sisinya, kamu biasanya akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang membuatmu marah.

Baca Juga: 5 Cara Kurang Tepat Meminta Maaf, Bikin Masalah Tambah Runyam

4. Coba untuk mengingat-ingat kebaikannya padamu

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!Manusia adalah tempatnya salah (unsplash.com/@christopher__burns)

Manusia adalah tempatnya berbuat kesalahan. Gak ada satu pun manusia yang gak pernah salah. Dengan berpikir seperti ini, maka ini akan bisa membuat emosimu sedikit mereda karena memang ada kemungkinan jika orang lain akan melakukan kesalahan.

Supaya lebih terbantu, kamu bisa coba untuk memikirkan atau mengingat kebaikan yang telah diperbuatnya kepadamu. Jika kamu gak bisa menemukan kebaikan orang tersebut, pikirkanlah kebaikan orang lain yang telah membuatmu senang dan bahagia di dunia ini.

5. Bagikan perasaanmu pada orang lain, atau cari bantuan profesional

5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!bicara dengan ahli (unsplash.com/@wocintechchat)

Jika kamu telah berupaya untuk memaafkan namun masih mengalami kesulitan, gak ada salahnya untuk berbincang pada orang lain. Orang tersebut mungkin akan memberikan sudut pandang baru yang gak kamu pikirkan sebelumnya. Carilah teman yang kamu percaya untuk saling berbagi.

Jika kamu ragu, kamu juga bisa mendatangi profesional seperti psikolog atau konselor. Mereka akan siap membantumu menguraikan masalah, memahami perasaan, dan cara menanganinya. 

Itulah 5 cara untuk memaafkan orang lain. Berhubung masih dalam suasana bulan lebaran, yuk saling memaafkan!

Baca Juga: 5 Tipe Permintaan Maaf yang Tidak Bisa Dipercaya

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya