Comscore Tracker

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Kering

Jadi kering kerontang!

Rambut kering itu memerlukan perawatan khusus untuk melembapkan dan menyehatkan rambut. Sayangnya, rambutmu tidak mengalami perubahan meskipun kamu telah melakukan perawatan rambut.

Sadarkah jika kamu mungkin telah memperlakukan rambutmu dengan tidak benar, sehingga membuatnya semakin kering dan rusak? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 dosa yang dilakukan oleh cewek pemilik rambut kering!

1. Terlalu sering keramas

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@thatguycraig000

Keramas bertujuan untuk membersihkan rambut dari debu, kotoran, dan minyak yang menempel. Setelah keramas, rambut akan kembali bersih, berkilau, dan harum. Sayangnya, keramas terlalu sering sangat tak dianjurkan untuk para pemilik rambut kering.

Rambut kering menandakan minimnya minyak dan kelembapan rambut. Keramas terlalu sering hanya akan semakin menghilangkan kelembapan alaminya. Disarankan untuk keramas seminggu dua kali. Selain itu, keramaslah menggunakan air dingin!

2. Lupa mengaplikasikan conditioner

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringunsplash/@charissek

Haram hukumnya jika setelah keramas, kamu tidak mengaplikasikan conditioner. Fungsi conditioner adalah melembapkan folikel rambut yang mungkin hilang setelah keramas. Pemakaian rutin akan membuat rambut berangsur-angsur lembut dan bebas kusut.

Kamu perlu memperhatikan cara pengaplikasian yang benar, yaitu dari tengah batang rambut hingga ke ujung. Jangan mengusapkannya dari pangkal karena akan menyebabkan rambut lepek atau malah berketombe.

3. Terlalu sering menggunakan hair dryer atau blow kering

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@gratisography

Hair dryer sangat membantu ketika kamu keramas, namun harus buru-buru pergi dengan rambut yang sudah kering. Panas dari alat tersebut akan mengeringkan rambut seketika.

Saran untuk pemilik rambut kering adalah jangan terlalu sering menggunakannya, apalagi jika tidak terburu-buru. Sebaiknya, bungkuslah rambut dengan handuk atau biarkan saja kering secara alami!

4. Tidak melindungi rambut dari paparan sinar matahari atau debu

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@thuong-hua

Pemilik rambut kering disarankan untuk menjaga rambut agar tetap lembap. Terlalu sering terpapar sinar matahari, akan membuat rambutmu kering. Selain sinar matahari, rambut yang terkena debu atau kotoran akan terlihat kering juga kusam.

Jangan malas untuk memakai topi ketika bepergian keluar rumah. Khususnya, saat matahari sedang bersinar terang. Jika tidak ingin memakai topi, bawalah payung untuk menghalangi sinar matahari yang menyengat rambutmu.

Baca Juga: Bingung Rawat Rambut? 9 Produk Rambut yang Akan Launching Tahun Ini 

5. Tidak merawat rambut secara ekstra setelah treatment kimiawi

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@maria-geller

Kamu mungkin tertarik untuk mengubah rambutmu dengan perawatan kimiawi. Contohnya, smoothing, bleaching, rebonding, atau coloring. Tahukah kamu bahwa produk yang digunakan untuk proses itu, mengandung bahan yang cukup keras untuk rambutmu?

Pemilik rambut kering boleh saja mencobanya. Namun, jangan malas untuk melakukan perawatan ekstra untuk rambutmu. Rutin memotong cabang rambut, mengoleskan conditioner, atau melakukan creambath adalah kewajiban.

6. Menggosok rambut terlalu keras dengan handuk

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@olly

Mungkin kamu tidak terlalu sabar untuk menunggu rambutmu kering, tanpa menggunakan hair dryer. Alhasil kamu menggosok rambutmu keras-keras dengan handuk.

Sekalipun menggunakan handuk, ternyata hal ini tidak disarankan lho! Gosokan keras pada rambut, akan membuat rambut kering semakin mudah patah dan rontok.

Tidak mau rambut makin tipis karena salah penanganan, kan? Sebaliknya, cobalah menepuk-nepuk rambutmu dengan perlahan! Cobalah bersabar untuk menunggunya kering dengan sendirinya!

7. Tidak mengaplikasikan vitamin rambut sebelum memakai alat styling

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringpexels/@enginakyurt

Alat pengeriting atau pelurus rambut hadir buatmu yang bosan dengan gaya rambut yang itu-itu saja. Buat pemilik rambut kering, boleh saja mencobanya. Asalkan, jangan lupa mengoleskan vitamin rambut untuk menjaga kelembapannya.

Panas dari alat pengering rambut akan semakin membuat rambutmu kering. Pakailah vitamin rambut sebelum dan sesudah kamu men-styling rambut!

8. Tidak selektif dalam memilih produk sampo

8 Dosa yang Dilakukan oleh Cewek Pemilik Rambut Keringunsplash/@gabriellehenderson

Sampo yang disarankan untuk pemilik rambut kering adalah yang mampu melembapkan dan menjadikan rambut makin halus. Jangan memilih sampo untuk menambah volume karena formulanya ditujukan untuk rambut tipis atau rambut berminyak.

Rambut kering yang terlalu bervolume, akan menjadi sangat mengembang. Justru ini membuat mahkotamu itu sulit diatur!

Mulai sekarang, jangan melakukan dosa-dosa itu lagi ya! Ingat! Rambut itu adalah mahkotamu. Rawatlah dengan baik supaya kamu bisa terlihat makin menawan!

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Potong Rambut Sendiri Saat #DiRumahAja untuk Pria

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya