Comscore Tracker

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya 

Beda masker, beda cara pakainya juga

Masker wajah kini semakin beragam jenisnya. Beberapa cewek mungkin bingung untuk memilihnya. Ada masker yang perlu dibilas, bahkan ada masker yang gak perlu dibilas.

Bentuk kemasan dan isi maskernya pun berbeda-beda, mulai dari bubuk hingga berupa lembaran. Jika diperhatikan, ada tujuh jenis masker yang kerap ditemui di pasaran. Ini dia perbedaannya!

1. Mud mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/luxcrime_id & instagram/pinklab.co_

Mud berarti lumpur, sehingga bahan dasar dari masker ini adalah lumpur, khususnya lumpur laut atau abu vulkanis. Lumpur mengandung beragam mineral.

Sekilas, teksturnya mirip seperti clay mask. Namun, mud mask memiliki lebih banyak kandungan air di dalamnya.

Ini membuatnya mampu menghidrasi wajah dengan lebih baik, sehingga akan sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Wajah akan terasa lebih lembap setelah menggunakan mud mask ini. Akan tetapi, masker jenis ini tetap boleh digunakan untuk semua jenis kulit.

2. Clay mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/saturdaylooks & instagram/geeca.id

Jika mud mask bermanfaat untuk menghidrasi kulit, maka clay mask berfungsi untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Tentu, masker ini cocok untuk wajah berminyak dan berjerawat. Tanah liat, kaolin, dan bentonite adalah bahan yang paling sering digunakan.

Masker ini boleh digunakan oleh pemilik wajah kering, namun penggunaannya adalah sekali dalam seminggu. Berbeda dengan masker lainnya, clay mask hanya digunakan selama 5-10 menit saja, ya!

3. Sheet mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/thefaceshopid & instagram/holikaholika_indonesia

Masker ini berupa lembaran seperti tisu, dengan bentuk seperti tampilan wajah. Sheet mask hanya boleh digunakan selama 15-20 menit.

Lembarannya akan selalu terasa basah, sehingga kamu gak perlu menunggunya kering. Masker ini mengandung serum di dalamnya, yang mampu melembapkan kulit wajah.

Kamu gak perlu membilas atau mencuci wajah setelah mengenakan masker ini. Cukup dengan menepuk-nepuk sisa serum di wajah, maka wajahmu akan mengering dengan sendirinya.

4. Peel off mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/pinklab.co_ & instagram/saturdaylooks

Peel off adalah masker yang dibersihkan dengan cara dikelupas atau dilepaskan dari wajah. Yup, awalnya masker ini adalah berupa cairan seperti gel atau krim.

Setelah dioleskan ke wajah, masker ini akan mengering dalam waktu beberapa menit. Ketika sudah kering, teksturnya akan berubah menjadi seperti karet elastis.

Masker jenis ini ampuh untuk mengangat komedo dan sel kulit mati di wajah. Sebaiknya untuk pemilik kulit sensitif, jangan menggunakan masker ini! Proses pengelupasan mungkin akan membuat kulitmu tertarik dan terasa perih.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Off

5. Wash off mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/secretluxofficial & instagram/eminacosmetics

Ini adalah jenis masker yang paling umum di pasaran. Bentuk produknya biasanya berupa bubuk atau cair seperti krim atau gel.

Jika bentuknya berupa bubuk, kamu perlu memberikan air dan melarutkannya. Sesuai namanya, masker ini perlu dibilas dengan air hangat setelah menggunakannya.

Ada berbagai macam kandungan di dalam masker wash off, di mana tiap kandungannya disesuaikan dengan jenis kulit tertentu. Contohnya adalah kandungan shea butter yang cocok untuk kulit kering dan kandungan sulfur untuk kulit berminyak.

6. Jelly mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/raeccaid & instagram/kaleyskincare

Masker ini merupakan jenis baru yang mungkin belum terlalu dikenal, yaitu jelly mask. Produknya cenderung bouncy dan ringan seperti layaknya jelly. Masker ini sangat mudah diaplikasikan dan mengandung glycerin di dalamnya.

Kandungan tersebut mampu menghidrasi kulit wajah dengan baik. Bahan utama lainnya biasanya menggunakan seaweed atau rumput laut.

7. Sleeping mask

7 Jenis Masker dan Manfaatnya, Beda Kulitnya Lain Juga Variannya instagram/harlettebeauty & instagram/haple.id

Sleeping mask adalah jawaban untuk kamu yang ingin pakai masker di malam hari, tapi malas membersihkannya. Masker ini bisa kamu biarkan semalaman di wajah dan baru esok paginya dibilas.

Biasanya, teksturnya berupa gel yang ringan dan mudah terserap di wajah. Dibandingkan krim malam, sleep mask dinilai lebih melembapkan wajah.

Itu dia 7 jenis masker dan perbedaannya. Jangan asal pakai, kamu harus tahu manfaat dan bedanya juga!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Bedak Anti Nempel di Masker, Kece Walau Wajah Ditutup

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya