Comscore Tracker

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajah

Pilih sesuai kebutuhanmu

Complexion adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan warna, tekstur, atau tampilan kulit seseorang. Akan tetapi, complexion juga kerap digunakan untuk menyebutkan berbagai jenis alas bedak seperti foundation hingga EE cream.

Lantas, apa bedanya semua produk itu? Yuk, langsung baca artikelnya supaya gak salah pilih untuk kebutuhanmu!

1. Tinted moisturizer

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/sariayu_mt & instagram/narsissist

Biasanya, lotion memiliki warna putih susu dan bertujuan untuk melembabkan, sementara foundation atau BB Cream digunakan untuk memberikan kesan wajah yang halus tanpa noda. Maka, tinted moisturizer ini adalah gabungan keduanya. Produk ini adalah lotion namun memiliki efek tint atau warna di dalamnya.

Coverage-nya pun bisa dibilang lumayan, meski tak bisa sesempurna ketika menggunakan foundation. Dibandingkan foundation, tinted moisturizer jelas memiliki formula yang lebih ringan. Ini cocok buat kamu yang berkulit kering karena sekaligus melembapkan kulit.

2. Foundation

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/blpbeaut & instagram/makeoverid

Foundation biasanya jadi andalan cewek ketika menghadiri acara pesta atau kondangan. Hal ini karena kemampuannya untuk meratakan warna kulit, membuat wajah flawless, dan sukses menutupi berbagai kekurangan di wajah dengan sempurna.

Meski begitu, foundation juga memiliki tingkatan akan kemampuannya untuk menutupi noda di wajah, mulai dari sheer hingga full coverage. Produk foundation biasa dijual dalam kemasan tube atau botol pump.

3. Concealer

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/lagirlindonesia & instagram/mizzucosmetics

Produk ini berfungsi untuk menyamarkan kekurangan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, bintik hitam, bekas jerawat dan sebagainya. Cara penggunaannya hanya diaplikasikan di bagian yang ingin ditutupi saja.

Karena itu, produk ini tidak diaplikasikan ke seluruh wajah seperti halnya foundation. Berbeda dengan alas bedak lainnya, concealer memiliki warna lain selain warna kulit, yaitu merah atau hijau.

Perbedaan warna ini mengindikasikan perbedaan fungsi. Misalnya, concealer merah untuk menutupi warna hitam di area bawah mata.

Concealer digunakan sebelum menggunakan BB cream ataupun foundation. Formulanya pun lebih kental dan berpigmen dibandingkan alas bedak lain.

4. Cushion

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/fanbocosmetics & instagram/youmakeups_id

Beberapa waktu yang lalu, sedang tren makeup bernama cushion. Cushion memiliki kemasan mirip seperti compact powder, namun lebih bulky.

Di dalamnya, terdapat kaca dan spons sebagai alat pengaplikasian produk di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan tap-tap secara merata ke seluruh wajah.

Cushion bisa berisi foundation, BB cream, tinted moisturizer hingga CC cream. Kamu bisa menemukan beberapa cushion dengan hasil dewy ala makeup Korea atau matte seperti makeup ala barat.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lipstik Krayon Lokal, Mulai dari Rp19 Ribuan!

5. BB cream

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/mokomoko_id & instagram/pixycosmetics

BB cream adalah singkatan dari Blemish Balm Cream atau Beauty Balm. Produk ini menjadi alternatif jika foundation dirasa terlalu berat. Ini juga bisa jadi solusi buat kamu yang ingin menciptakan look yang natural dan gak kelihatan seperti 'berdandan'.

BB cream memiliki coverage yang lebih rendah dibandingkan foundation, sehingga terasa lebih cair. Hal inilah yang membuat BB cream cocok untuk digunakan sehari-hari. Biasanya, BB cream telah dilengkapi dengan SPF di dalamnya.

6. CC cream

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/lakmemakeup & instagram/mineralbotanica

Selain BB cream, ada juga produk bernama Color Correcting alias CC cream. Sesuai namanya, fungsi produk ini adalah meratakan warna kulit. Produk ini cocok buat kamu yang memiliki wajah belang, kemerahan, atau punya noda yang berwarna hitam.

Di dalam CC cream, terdapat N-acetyl glucosamine dan niacinamide yang berfungsi mengurangi hyperpigmentation. Berbeda dengan BB cream, tekstur krim pada CC cream lebih ringan lagi. Biasanya, produk ini digunakan sebelum menggunakan foundation.

7. DD Cream

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/wardahbeauty & instagram/ltpro_official

Tak cukup BB dan CC cream, ada juga DD cream. Produk ini adalah singkatan dari Daily Defense Cream, di mana krim ini merupakan gabungan antara BB cream dan CC cream. DD cream mampu memberi perlindungan bagi kulit dan meratakan warna kulit.

DD cream mengandung primer, pencerah, pelembap, serum, bahkan anti aging. Teksturnya terasa lebih berat dibandingkan BB cream atau CC cream. Produk ini bisa dipakai untuk menggantikan foundation. Sangat multifungsi!

8. EE Cream

Mulai Cushion hingga EE Cream, Ini Perbedaan 8 Jenis Complexion Wajahinstagram/clinelleid & instagram/delideabio

EE cream adalah singkatan dari extra exfoliating cream. Ini adalah krim yang bertujuan untuk exfoliate atau menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah.

Kamu gak disarankan menggunakan produk ini terlalu sering karena akan membuat kulit wajah menjadi menipis. Di dalamnya terdapat kandungan SPF yang akan melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV.

Itu dia beberapa perbedaan complexion yang harus kamu ketahui. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu gak salah pilih produk ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembap untuk Wajah Kering, Harganya dari Rp13 Ribuan!

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya