Comscore Tracker

Chloe Purnama, Pebisnis Cilik yang Sisihkan Uang untuk Anak Tak Mampu

#AkuPerempuan Berbisnis sejak umur 11 tahun!

Menjadi pebisnis di usia yang masih belia, 11 tahun, merupakan sesuatu yang cukup membanggakan. Mari kita berkenalan dulu dengan Gwendolyn Chloe Purnama, yang bisa dipanggil dengan nama Chloe. Ada kisah yang inspiratif di balik kesuksesannya berjualan online hingga meraih omzet jutaan rupiah.

Chloe mempunyai seorang adik yang terkena kanker otak di usianya yang masih berumur 2,5 tahun. Orangtua Chloe berjuang mati-matian untuk menyelamatkan nyawa si adik hingga membawanya pengobatan di Singapura. Namun, nyawa adik Chloe tidak tertolong dan meninggal di usianya yang ke 3 tahun pada bulan oktober 2009.

1. Chloe sangat terpukul dengan 'kepulangan' adiknya, hingga enggan keluar rumah

Chloe Purnama, Pebisnis Cilik yang Sisihkan Uang untuk Anak Tak Mampuwomenfortheworld.id

Chloe mengurung diri di kamar dan tenggelam dalam kesedihannya. Hingga suatu hari, teman-teman chloe mengajaknya untuk berkunjung ke salah satu panti asuhan yang ada di Jakarta. Teman-temannya membawa makanan untuk mereka dan sedikit mengajari mereka Bahasa Inggris.

Seketika itulah, hati Chloe mulai tergerak untuk berkeinginan membantu mereka secara finansial. Dan pada saat itu, berbisnis online merupakan salah satu hal yang sedang trend. Tidak mau melewatkan kesempatan itu, akhirnya Chloe pun ikut menjajal untuk berbisnis di online shop.

2. Chloe menjual sarung bantal dan tas anak kecil sebagai produk pertamanya

Chloe Purnama, Pebisnis Cilik yang Sisihkan Uang untuk Anak Tak Mampukompas.com

Produk pertama yang dijualnya adalah sarung bantal dan tas anak kecil. Chloe saat itu masih menjadi reseller, sehingga ia tidak perlu membeli terlebih dahulu. Temannya, Indy, menjadi supplier pertamanya. Di bulan pertama ia berjualan, cukup banyak konsumen yang membeli barang dagangannya.

Sayangnya, ketika Chloe telah mengirimkan barang tersebut, saldo Chloe sama sekali tidak bertambah. Ia pun menyadari bahwa telah terkena tipu konsumen. Chloe merugi hingga Rp 3 juta per bulannya. Chloe ingin menyerah. Namun, orangtuanya mendukung dan terus menyemangati Chloe.

3. Merasa Bosan, Chloe akhirnya beralih untuk menjual baju dan juga kosmetik

Chloe Purnama, Pebisnis Cilik yang Sisihkan Uang untuk Anak Tak Mampuchloepurnama.blogspot.co.id

Baju yang dijualnya adalah baju yang tidak memiliki merk, yang terkadang adalah baju lokal ataupun import. Sedangkan untuk kosmetiknya, Chloe berjualan hand sanitizer atau pencuci tangan asli Amerika. Mengingat beberapa tahun yang lalu, sedang tren cairan pembersih tangan beraroma wangi, yang memiliki bentuk yang lucu dan digantung di tas para cewek-cewek.

Selain itu, Chloe juga selalu mengikut perkembangan zaman sehingga barang yang dijualnya selalu up to date dan laris manis. Omzet yang diraihpun meningkat hingga Rp 600 juta lebih. Tetapi, dia tidak lupa akan janjinya, sehingga 70 persen dari keuntungannya, ia sumbangkan untuk mendanai anak kurang mampu.

4. Mau lebih mengenal Chloe?

https://www.youtube.com/embed/0LoH0CZg4U4

Menginspirasi banget ya, girls?

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya